Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subhanallah, Habib Muhamad bin Ahmad Alatas Wafat Setelah Tercapai Cita-Citanya Membangun Masjid di Aceh Timur


Habib Muhammad bin Ahmad Alattas  
SuaraDarussalam.id -  Seorang Habib keturunan Rasulullah Saw di Aceh, Habib Muhammad bin Ahmad Alattas  kembali kehadhirat Allah Swt Sekitar Jam 00.05 Tgl 18 Januari 2021 di Gampong Pucok Alue Dua  Simpang Ulim - Aceh Timur. 

Sejumlah ulama Aceh menujukkan belasungkawa dan rasa kehilangan atas meninggalnya Habib Muhammad bin Ahmad Alattas. Seretaris Majelis Syuriah Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tu Bulqaini Tanjungan menulis ucapan belasungkaawa di Fasnpage Facebook miliknya

"Innalillahi wa inna ilaihi Raji'un.. telah berpulang ke Rahmatullah orng tua kita tercinta.. Habib Muhammad bin Ahmad Alattas Simpang Ulim.. semoga Allah lapangkan kuburnya memberikan kita keberkahannya..." tulis Tu Bulqaini.

Siang hari sebelum wafat, Habib Muhammad bin Ahmad Alattas baru saja meresmikan masjid yang beliau dirikan di Simpang Ulim yang diberi nama "Masjid Al-Ba'lawi". Subhanallah. Sebuah hal yang amat dan teramat mulia. Menunjukkan betapa mulianya keturunan Rasulullah Saw. 

Mengutip tulisan Habib Maksin Bin Achmad Alatas tentang sosok Habib Muhammad bin Ahmad Alattas yang dipublish di berbagai website seperti lintasatjeh.com, disebutkan bahwa Habib Muhammad bin Ahmad Alattas dilahirkan pada hari Minggu malam Senin 18 Rabiul akhir 1361 Hijriyah/ 03 Mai 1942 di Dusun Jeruk, Desa Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Alhabib Muhamad Bin Ahmad Alatas dilahirkan dari orang tua yang alim dan tawadhu, yaitu dari pasangan Alhabib Achmad bin Husin Alatas dan Syarifah Asyura binti Hasan Alkaff, serta mempunyai 5 orang saudara yang mana semua saudara beliau wafat sebelum Habib Muhamad mencapai usia dewasa.

Di kehidupannya, Alhabib Muhamad bin Achmad Alatas, sangatlah memprihatinkan. Beliau di tinggal Ayahanda tercinta Al Alhabib Achmad bin Husin Alatas, sejak usia 6 tahun, dan sudah menjadi anak yatim. Dibesarkan serta di didik oleh kakek beliau, Alhabib Husin Alatas di Idi Aceh Timur sampai remaja. Masa remajanya dijalani dengan menempuh pendidikan dari Ibtidaiyah sampai Tsanawiyah di Aceh Timur.
Masjid Al Ba'lawi yang didirikan oleh Habib Muhamad Bin Ahmad Alatas. Foto: Fanspage Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab 

Selepas masa pendidikan, Alhabib Muhamad Bin Achmad Alatas bekerja di satu toko di Medan bernama Toko Cairo, yang mana beliau diamanatkan untuk menjadi pimpinan di toko tersebut. Kejujuran dan amanat serta istiqomah beliau dalan menjalankan perintah perlu kita tiru. Tidak satupun amanat yang beliau khianiati apabila beliau diberikan mandat & amanat.
Menurut

Alhabib Muhamad Bin Achmad Al Atas belajar ilmu agama di Hadromut Yaman Selatan, di Singapura dengan Syech Chotib, di Malaysia, di Jakarta dengan Habib Ali bin Husin Alatas, Hb Ali Alhabsyi Kwitang, Hb. Anis Solo, para Habaib Seantero Jawa, dan para Alim Ulama lainnya. Alhabib Muhamad bin Achmad Alatas juga pernah menetap di Mekah Almukaromah selama 13 tahun lamanya. Beliau tidak pernah lepas sholat 5 waktu di Masjidil Haram dan menunaikan ibadah haji lebih dari 20 kali dalam hidupnya.

AlHabib Muhamad Bin Achmad Alatas juga mengajar dan tidak pernah memungut biaya, hanya berharap kepada Allah SWT yang memberikan beliau rezeki. Alhabib Muhamad bin Ahmad Alatas tidak pernah lepas membaca ratib yaitu Ratibul Alatas dan Alhadad serta zikir tidak pernah terlepas dari mulut beliau setiap harinya dan dimanapun beliau berada. 

Karomah-karomah Alhabib Muhamad bin Achmad Alatas, salah satunya apabila beliau mau mencapai suatu tempat, walaupun waktunya tidak memungkin, pastilah tercapai dan sampai tujuan dengan tepat waktunya. Apabila ada yang bermaksud jahat terhadap beliau pastilah mental dan tersingkir (Masya Allah tabarakallah).

Disebutkan juga bahwa Habib Muhamad bin Ahmad Alatas sudah lama bercita-cita membangun sebuah masjid di kampung halamannya di Simpang Ulim Aceh Timur. Subhanallah, dan Allah pun mengabulkan cita-cita Habib Muhamad bin Ahmad Alatas. Peresmian Masjid Al-Ba'lawi pada siang hari Minggu, tanggal 17 Januari 2021 dihadiri ribuan umat Islam di Aceh dan luar Aceh. 

Termasuk juga dihadiri oleh para ulama Aceh seperti Abu Mudi dan Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb. Tu Sop Jeunieb bahkan ikut memberikan sambutan atas peresmian masjid ini.

Menurut tulisan Habib Maksin Bin Achmad Alatas, bahwa Masjid Ba'laawi pertama di Hadromut Tarim, yang kedua di Singapura dan yang ke 3 di Aceh Timur. Masya Allah... Betapa mulianya almarhum Habib Muhamad bin Ahmad Alatas.Semoga Allah tempatkan beliau dalam syurgaNya yang abadi. Dan kita semuanya menjadi hamba-hamba Allah yang senantiasa mencintai para zurriat Rasulullah Saw. Amiin ya Allah.
إنا لله وإنا إليه راجعون 

Selamat jalan Habib Muhamad bin Ahmad Alatas. Kami bersaksi bahwa engkau adalah di antara hambaNya yang mulia. 

Posting Komentar untuk "Subhanallah, Habib Muhamad bin Ahmad Alatas Wafat Setelah Tercapai Cita-Citanya Membangun Masjid di Aceh Timur"