Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fachry Ali: Kalau di Jakarta, Tu Sop Sudah Menjadi Seperti Jusuf Kalla


Oleh Teuku Zulkhairi

Suara Darussalam - Inilah kalimat yang pertama kali dilontarkan Fahcry Aly ketika tiba saatnya beliau memegang microphon. Ya Fahcry Aly seorang pengamat senior LIPI berbicara seusai sesi Tu Sop berbicara pada seminar Hari Santri yang dimoderatori oleh Dr. Mukhlisuddin Ilyas Sabtu kemaren di Hotel Oasis, (19/10/2019.

"Kalau di Jakarta Tu Sop ini sudah menjadi seperti Jusuf Kalla, " ucap Fahcry Aly menunjuk ke arah Tu Sop merespon materi yang disampaikan Tu Sop sebelumnya.

Saya tidak tahu alasan persis Fahcry Aly mengucapkan kalimat ini. Tapi tentang figur Jusuf Kalla, kita semua tahu bahwa beliau seorang tokoh perekat bangsa.

Lalu Tu Sop? "Salahnya Tu Sop tinggal di Aceh, kalau di Jakarta sudah menjadi tokoh nasional layaknya Jusuf Kalla, atau bahkan melebihi", mungkin ini pesan yang bisa saya tangkap dari ungkapan Fachry Ali tersebut.

Dengan ungkapan di atas, saya menangkap bahwa Fachry Ali menaruh respek kepada Tu Sop seusai ia mendengar materi dari beliau.

Paparan materi Tu Sop dalam seminar yang diselenggarakan Dinas Dayah Aceh ini senantiasa menghadirkan tepuk tangan dari para hadirin. Sebagaimana halnya juga materi dari Prof. Farid Wajdi Ibrahim yang dengan gaya khasnya juga senantiasa mengundang perhatian pendengar.

Saya pribadi sudah sering mendengar dan mencatat banyak pemikiran Tu Sop sejak beberapa tahun terakhir sehingga tidak heran bahwa siapapun yang berkesempatan mendengar taujih Tu Sop dia besar kemungkinan akan terpesona.

Tu Sop adalah figur ulama dengan pemikiran Islam yang Wasathiyah, sebuah cara beragama yang tawazun, adil, bijak, professional, proporsional dan mendamaikan.

Menurut Antropolog Aceh, Dr Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad tempo hari, figur Tu Sop ini layaknya Abul A'la Al-Maududi di Pakistan, seorang ulama reformis dan aktivis pergerakan Islam yang pikiran-pikirannya mempengaruhi banyak orang.

Saya yakin, pada saatnya Tu Sop insya Allah akan menjadi tokoh nasional kebanggaan umat.

Untuk mendengar ulasan Tu Sop dalam acara ini, bagi yang tertarik silahkan langsung ke fanspage beliau di link berikut ini: https://web.facebook.com/tusopjeunieb/videos/vb.360958217445651/699461390465102/?type=2&theater

Posting Komentar untuk "Fachry Ali: Kalau di Jakarta, Tu Sop Sudah Menjadi Seperti Jusuf Kalla"