Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partai AKP Turki Kembali Memimpin Kemenangan

 
ANKARA, ISLAMICGEO-Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang memiliki afiliasi dengan gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir, kembali memimpin kemenangan dalam pemilu kepala daerah (Belediye Baskanlik) dan DPR (Genel Meclisi) di Turki.
Kantor Berita Anatoli melansir jumlah perhitungan hingga saat ini telah mencapai 14%, sementara partai Incumbent AKP mengungguli partai-partai lain dengan meraih 49,02%, kemudian disusul oleh Partai Rakyat Sekuler (CHP) yang meraih 23,7%.
Jumlah pemilih dalam pemilu lokal di Turki mencapai 52 juta 695 ribu 831 pemilih, 26 juta 704 ribu 757 jiwa di antaranya adalah pemilih perempuan, 25 juta, 991 ribu, 75 jiwa adalah pemilih laki-laki, mereka menggunakan hak pilih mereka di 194, 310 TPS di seluruh daerah Turki.
Menanggapi kemenangan sementara, Perdana Menteri Turki, Recep Thayib Erdogan mengatakan bahwa pemilu yang berlangsung hari Ahad dengan persaingan ketat, menegaskan bahwa legitimasi dirinya dalam menghadapi dan menepis tuduhan korupsi yang dialamatkan kepada diri dan orang terdekatnya. (Anas)
 
Indeks kemenangan AKP juga bisa dilihat disini, http://www.hurriyetdailynews.com/election2014/election.html