Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Besok Kontingen MQK dari Aceh Berangkat ke Jambi, Target Pertahankan Juara V

Banda Aceh – Kontingen Aceh pada even nasional Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) yang tahun ini diselenggarakan di Jambi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia akan berangkat besok pagi, Senin 1 September 2014. 

Proses pelepasan kontingen Aceh dilakukan oleh Drs. Muhammad Nasir, Kepala Bidang Pemberdaayaan Santri Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) Aceh yang mewakili kepala di aula LPTQ Dinas Syari’at Islam Prov, Aceh, Minggu sore (31/8) dan dihadiri oleh jajaran Kementerian Agama Prov. Aceh, Badan Dayah dan seluruh undangan lainnya.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Aceh, Drs.H. Ibnu Sa’dan, M.Pd dalam sambutan saat pembukaan menaruh harapan besar agar para peserta mampu menoreh prestasi gemilang di even yang diselenggarakan tiga tahun sekali oleh Kementerian Agama RI ini. 

“Minimal, Aceh bisa mempertahankan peringkat juara V seperti tiga tahun lalu saat even yang sama diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat(NTB)”, ujar Ibnu Sa’dan.

Muhammad Nasir mengatakan, walaupun berlangsung secara singkat, proses pembekalan para peserta telah berlangsung secara maksimal.

Oleh sebab itu, Muhammad Nasir mengharapkan agar para peserta, pelatih dan official akan mampu menjaga persatuan, kekompakan dan kesungguhan sehingga nantinya bisa meraih hasil yang menggembirakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Abrar Zym, S.Ag mengatakan, Musabaqah ini akan berlangsung dari 1 September sampai dengan 9 September 2014. Dan kontingen Aceh ini terdiri dari peserta, pelatih dan official yang berjumlah 73 orang. Para peserta dari Aceh akan bertarung dalam sembilan jenis perlombaan  seperti baca dan memahami kitab-kitab kuning (kutubut turas), seperti kitab tafsir, kitab tarikh, kitab fikh, debat bahasa Arab dan sebagainya. 

“Melihat kemampuan dan kesungguhan peserta, Kami optimis akan mampu mempertahankan peringkat sebagai juara V di Jambi. Kendati demikian, berbekal kejujuran dan keikhlasan, kami sangat berharap do’a dari masyarakat Aceh agar kontingen Aceh mampu meraih hasil yang maksimal”, ujar Abrar Zym.  [Zulkhairi]