Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Siapkan Enam Jenis Beasiswa

Mulyadi Nurdin
Langsa - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa tahun ini memberikan enam jenis beasiswa kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan pada lembaga tersebut. Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. H. Basri Ibrahim, MA, melalui Humas IAIN, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Rabu (22/4/2015).

Basri Ibrahim yang didampingi Kepala Biro AUAK IAIN Langsa, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd menjelaskan bahwa beasiswa tersebut berasal dari berbagai sumber, seperti Kampus IAIN, Bank, Baitul Mal, serta APBN.

Menurut Basri katagori beasiswa yang tersedia adalah, pertama, beasiswa Bidikmisi yang sudah berjalan selama 3 tahun. Basri menjelaskan bahwa proses penjaringan beasiswa bidikmisi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus pada kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

“Calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi adalah mereka yang telah mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah SMA/MA melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), besaran beasiswa yang diterima oleh mahasiswa Rp 6 juta per semester selama 4 tahun,” ujar Basri yang dibenarkan Kepala Biro AUAK Ibnu Sa’dan.

Selanjutnya beasiswa bagi mahasiswa miskin yang memiliki prestasi akademik yang baik, beasiswa yang bersumber dari APBN ini akan dialokasikan kepada 1.200 orang mahasiswa dengan besaran yang diperoleh Rp 1,2 juta per mahasiswa, beasiswa ini akan diberikan bagi mereka yang telah memiliki Kartu Hasil Studi (KHS).

Selanjutnya ada beasiswa yang bersumber dari mitra kerja kampus tersebut, seperti dari Bank dan Baitul Mal.“Beasiswa dari Bank yang menjadi mitra kerja, diberikan untuk 10 orang, sedangkan dari Baitul Mal, baik dari Kota Langsa maupun Provinsi diberikan kepada 20 orang,” jelas Basri sebagaimana dikutip Humas IAIN, Mulyadi Nurdin.

Selanjutnya ada beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki prestasi ekstra di kampus, seperti berhasil memenangkan aneka kompetisi yang membawa harum nama IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, bagi mereka diberikan beasiswa berupa pembebasan uang kuliah.

Bagi mahasiswa yang dapat mengharumkan almamater di tingkat regional dan nasional akan dibebaskan uang kuliah,” jelas Basri.

Selanjutnya Basri menjelaskan bahwa IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa menggratiskan uang kuliah kepada mahasiswa tiga bersaudara, “Jika ada mahasiswa tiga bersaudara yang kuliah, maka satu orang akan digratiskan, kalau ada empat orang, berarti dua orang akan digratiskan, ucapnya.

Beasiswa Tahfidh Al-Quran juga tersedia di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, bagi mahasiswa yang hafal Al-Quran 20 juz digratiskan uang kuliah selama 8 semester, yang hafal 15 Juz gratis uang kuliah 6 semester dan 10 Juz gratis 4 semester, dan mereka akan diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa lainnya. Beasiswa Tahfidh ini ada yang bersumber dari Kampus IAIN sendiri, Kementerian Agama, dan juga Pemerintah Kota Langsa.

Pemerintah Kota Langsa juga akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang selama kuliah dapat menghafal Al-quran, “Jika ada mahasiswa yang selama kuliah dapat menghafal Al-Quran minimal 5 juz, Pemko Langsa akan memberikan beasiswa kepada mahasiwa tersebut, jelas Basri.

Sementara itu Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd menambahkan bahwa proses seleksi semua katagori beasiswa tersebut akan dilakukan secara profesional, proporsional, dan transparan. “Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, semua calon mahasiswa memiliki hak yang sama untuk memperoleh beasiswa asal mencukupi syarat yang ditetapkan,” imbuh Ibnu Sa’dan sebagaimana dikutip Humas IAIN, Mulyadi Nurdin. [Zul/***]