Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wakil Rektor UIN Jadi Pembicara pada Symposium Ulama Nusantara di Malaysia

SUARA DARUSSALAM, Banda Aceh – Wakil Rektor III Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Prof. Dr Syamsul Rijal, MA menjadi salah satu pembicara pada acara Nadwah Ulama Nusantara VII yang merupakan Syimposium ke tujuh ulama Melayu. Nadwah yang diselenggarakan Fakulti Pengajian Islam Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) ini berlangsung pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2017 dan mengambil tema “Ulama dan Pemikiran Wasatiyah Nusantara”.

Prof Syamsul Rijal dalam symposium ini menyampaikan bahasan tentang “Ulama dan Isu Keislaman Kontemporer di Indonesia”. Sementara pembicara lainnya yaitu Prof Dato’ Muhammad Abubakar dari UM yang berbicara tentang “ Wasatiyah dan Wajah Negara: Warisan Melayu, Warisan Islam, dan Wadah Malaysia”.

Pemateri lainnya yaitu Tan Sri Dato’ Dr Abdullah MD Zin yang merupakan Penasehat Agama PM Malaysia dimana beliau berbicara mengenai “Pemikiran Wasatiyah Ulama Nusantara”. Pembicara lainnya yaitu Prof Dr Kamal Wan Mujani dari UKM yang berbicara mengenai “Dimanakah Wasatiyahnya ulama penentang British?”.

Informasi tentang ini diperoleh dari Fanspage Facebook Jabatan Pengajian Arab dan Tamaddun Islam UKM. Dalam status Facebook Prof Syamsul Rijal, beliau menulis bahwa kegiatan ini bagi beliau merupakan rihlah akademik.

“Pergilah dan carilah serta berbagilah disana ada hikmah. Alhamdulillah UCAPTAMA dalam event Nadwah Ulama Nusantara Vll telah dipenuhi banyak pengalaman yang digeluti bersama akademisi nusantara, “tulis beliau. Adapun jadwal acara nadwah, dalam status Facebook Prof Syamsul Rijal tertulis yaitu pemaparan materi, penyerahan cendera hati dan dialog silaturrahim. []

Sumber foto: Fanspage: Jabatan Pengajian Arab dan Tamaddun Islam UKM. Sumber berita: Website UIN Ar-Raniry

Posting Komentar untuk "Wakil Rektor UIN Jadi Pembicara pada Symposium Ulama Nusantara di Malaysia"