Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Muslimah Bercadar di Aceh, Mengajak Kaum Perempuan Perbaiki Akhlak



Komunitas Muslimah Bercadar [KMB] Aceh melakukan penggalangan dana untuk Palestina. Foto: istimewa

Suara Darussalam, Banda Aceh – Di antara berkembangan Aceh beberapa tahun terakhir adalah munculnya gelombang kaum muslimah yang menggunakan cadar. Hampir di berbagai tempat kita temukan muslimah yang bercadar. Baik di dayah-pesantren, perguruan tinggi, organisasi-organisasi, komunitas maupun masyarakat biasa.

Di antara komunitas tempat berhimpunnya muslimah bercadar yaitu Komunitas Muslimah Bercadar yang disingkat KMB.  Suara Darussalam pada Selasa, (13/2) mencoba mewawancarai Sarah Ibnu Abbas, Koordinator KMB Wilayah Aceh via pesan Whatsapp.
KMB Jawa Timur. Foto: Istimewa

Namun, Sarah menjelaskan bahwa jawaban yang disampaikannya ke Suara Darussalam merupakan jawaban yang telah dimusyawarahkannya dengan Koordinator Wilayah lainnya dari seluruh Indonesia via Group Whatsapp komunitas tersebut. Jadi, penjelasan Sarah ini juga penjelasan seluruh Koordinator Wilayah KMB lainnya di seluruh Indonesia. 

Sarah menjelaskan, di level nasional, sejak didirikan pada 20 November 2014 lalu, KMB yang dipimpin Ibu Laila Al Qadrie terus bergerak menjalankan misi dakwah Islam di kalangan kaum perempuan di Indonesia. Dan pada awal tahun 2017, KMB resmi hadir di Aceh yang dipercayakan kepada Sarah Ibnu Abbas sebagai koordinator wilayahnya. 

Meskipun baru berdiri di Aceh, kata Sarah, KMB Aceh telah memiliki lebih dari 200 anggota komunitas. Di antara misi KMB, visi lain dari komunitas ini yaitu menjadi tempat silaturahmi muslimah serta  membumikan kembali hijab syar'i sesuai syariat dengan hati hingga sampai pada hati. Selain itu, tambah Sarah, yaitu menjadi wadah bagi kaum muslimah yang ingin hijrah.
 
Di samping jalan melakukan penggalangan dana untuk Palestina, karena cadar bukan penghalang untuk lakukan gerakan sosial. Foto: Istimewa
Sementara misi KMB, kata Sarah, yaitu  meningkatkan kembali keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, membantu muslimah menghadirkan semangat hijrah, menambah berbagai ilmu dan pengetahuan seputar Islam baik tentang akhlaq maupun lainnya.

“Kita juga ingin meningkatkan dan mempererat ikatan silaturahmi antara kaum muslimah serta senantiasa mengajak muslimah untuk menata akhlaq agar senantiasa istiqamah dalam hijrah dan semangat dakwah, “ tulis Sarah yang juga alumni Bahasa Arab UIN Ar-Raniry ini.
KMB Pandeglang. Foto: Istimewa

Kegiatan-kegiatan KMB selama menunjukkan komunitas ini sangat progressif dan terbuka. Sarah menerangkan, selain memperkuat soliditas internal komunitas, seperti ta'lim offline dan Kopdar, mereka juga melakukan aksi-aksi sosial seperti penggalangan dana, kunjungan ke yayasan yatim piatu dan sebagainya.

Sarah juga menjelaskan, bahwa cadar bukanlah penghalang bagi muslimah dalam berativitas sosial kemasyarakatan. Bagi komunitas ini, mereka tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Dan hal ini, tambah Sarah, sudah dibuktikan banyak muslimah bercadar dimana mereka mampu berprestasi, berpendidikan tinggi dan bisa menjadi inspirator.
 
KMB Aceh Menghitung donasi yang terkumpul untuk Palestina. Foto: Istimewa
“Wanita bercadar bukan wanita pengangkat senjata tapi wanita yang sedang belajar menjaga diri dan berusaha dekat dengan Sang Pencipta. Muslimah bercadar bukan muslimah yang sudah baik tapi sedang berusaha baik, baik dihadapan Allah maupun sesama manusia, “ katanya lagi menjelaskan.

Yang luar biasa, selain memiliki jaringan di seluruh Indonesia, dalam gerakannya, komunitas ini bukan hanya wadah bagi muslimah yang sudah bercadar, tetapi juga yang tidak bercadar. Sebab, kata Sarah, ini sesuai visi komunitas tersebut, menjadi wadah muslimah hijrah.
KMB Kalimantan Selatan menggalang dana untuk Palestina. Foto: Istimewa

“Jadi siapa saja wanita muslimah yang ingin atau bisa disebut butuh teman hijrah bisa bergabung bersama kita baik yang baru niat berhijab, sudah berhijab, berniat bercadar atau sudah bercadar. Mari bergabung karena tujuan kita untuk menata akhlaq agar senantiasa istiqamah, “ ajak Sarah. []



Posting Komentar untuk "Komunitas Muslimah Bercadar di Aceh, Mengajak Kaum Perempuan Perbaiki Akhlak"