Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

China membela kamp-kamp kejam memperbudak minoritas Muslim

Foto Foto: Surya Fachrizal Aprianus. Dikutip dari Yeni Safak

Suara Darussalam, - China tidak akan mundur pada apa yang dilihatnya sebagai program deradikalisasi yang sangat sukses di Xinjiang yang telah menarik perhatian global, tetapi lebih sedikit orang akan dikirim, kata para pejabat pekan lalu dalam memberikan akses media yang langka di sana.

Beijing telah menghadapi protes dari para aktivis, cendekiawan, pemerintah asing, dan pakar hak-hak PBB atas apa yang mereka sebut penahanan massal dan pengawasan ketat terhadap minoritas Muslim Uighur yang sebagian besar Muslim dan kelompok Muslim lainnya yang menyebut Xinjiang sebagai rumah.

Pada bulan Agustus, sebuah panel hak asasi manusia PBB mengatakan telah menerima laporan yang dapat dipercaya bahwa satu juta atau lebih warga Uighur dan minoritas lain di wilayah paling barat ditahan di tempat yang menyerupai "kamp interniran besar-besaran".

Pekan lalu, pemerintah mengadakan kunjungan ke tiga fasilitas semacam itu, yang disebutnya pusat pelatihan pendidikan kejuruan, untuk sekelompok kecil wartawan asing, termasuk Reuters.

Dalam beberapa hari terakhir, kunjungan serupa diatur untuk diplomat dari 12 negara non-Barat, termasuk Rusia, Indonesia, India, Thailand, Kazakhstan, menurut pejabat Xinjiang dan diplomat asing.

Para pejabat senior, termasuk Shohrat Zakir, gubernur Xinjiang dan Uighur yang paling senior di kawasan itu, menolak apa yang mereka sebut "kebohongan fitnah" tentang fasilitas itu.

Berbicara di ibukota Xinjiang, Urumqi, Shohrat Zakir mengatakan pusat-pusat itu "sangat efektif" dalam mengurangi ekstremisme dengan mengajar penduduk tentang hukum dan membantu mereka belajar bahasa Mandarin.

"Seiring berjalannya waktu, orang-orang dalam mekanisme pelatihan pendidikan akan semakin sedikit," katanya.


Shohrat Zakir mengatakan dia tidak bisa mengatakan dengan tepat berapa banyak orang di fasilitas itu.

"Satu juta orang, jumlah ini agak menakutkan. Satu juta orang dalam mekanisme pendidikan - itu tidak realistis. Itu murni rumor," katanya, menekankan bahwa mereka adalah fasilitas pendidikan sementara.

Dilxat Raxit, juru bicara kelompok pengasingan yang berbasis di Munich, World Uyghur Congress, mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah Cina menggunakan ekstremisme sebagai alasan untuk mengunci orang.

"Apa yang mereka coba lakukan adalah menghancurkan identitas Uighur," katanya.


DI DALAM PUSAT

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan mantan tahanan mengatakan bahwa kondisi di kamp-kamp itu buruk, dengan narapidana menjadi korban pelecehan. Mereka mengatakan tahanan tidak menerima pelatihan kejuruan.

Berusaha untuk melawan narasi itu, pemerintah membawa wartawan ke tiga pusat, di Kashgar, Hotan dan Karakax, semuanya di bagian selatan Xinjiang yang padat penduduk Uighur, tempat banyak kekerasan terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam satu kelas, para wartawan diizinkan untuk berkunjung sebentar, seorang guru menjelaskan dalam bahasa Mandarin bahwa tidak mengizinkan bernyanyi atau menari di pesta pernikahan atau menangis di pemakaman adalah tanda-tanda pemikiran ekstremis.

Para siswa mencatat, berhenti untuk melihat ke atas ketika wartawan dan pejabat memasuki ruangan. Beberapa tersenyum canggung. Yang lain hanya melihat ke bawah ke buku-buku mereka. Semuanya adalah Uighur. Tampaknya tidak ada yang dianiaya.

Di kelas lain, warga membaca pelajaran bahasa Cina di buku pelajaran mereka yang berjudul "Tanah air kita sangat luas."

Ada banyak nyanyian dan tarian di ruangan lain yang dikunjungi wartawan, termasuk membawakan lagu "If You're Happy and You Know It, Clap Your Hands" dalam bahasa Inggris, yang sepertinya dipakai khusus untuk kunjungan itu.

Beberapa warga sepakat untuk berbicara singkat kepada wartawan, meski semuanya di hadapan pejabat pemerintah. Para wartawan selalu didampingi secara ketat setiap saat.

Semua yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka ada di sana atas kemauan sendiri setelah mengetahui pusat-pusat tersebut dari pejabat setempat.


Banyak jawaban menggunakan bahasa yang sangat mirip tentang "terinfeksi pikiran ekstremis."

Pazalaibutuyi, 26, mengatakan kepada wartawan di pusat Hotan bahwa lima tahun lalu dia menghadiri pertemuan keagamaan ilegal di rumah tetangga, di mana mereka diajari bahwa perempuan harus menutupi wajah mereka.

"Pada waktu itu saya terinfeksi pemikiran ekstremis, jadi saya memakai kerudung," katanya, berbicara bahasa Mandarin dengan jelas setelah setahun di pusat.

Pejabat pemerintah datang ke desanya untuk berbicara dengan penduduk desa dan setelah itu, dia berkata, "Saya menemukan kesalahan saya."

Di pusat Kashgar, Osmanjan, yang menolak untuk memberikan umurnya, mengatakan bahwa dia telah menghasut kebencian etnis, sehingga polisi desa menyarankan dia pergi untuk pendidikan ulang.


"Di bawah pengaruh pemikiran ekstremis, ketika non-Muslim datang ke toko saya, saya tidak mau melayani mereka," katanya dalam bahasa Mandarin yang tidak stabil.

Tidak mungkin memverifikasi cerita mereka secara independen. Semua yang diwawancarai mengatakan mereka belum diperingatkan tentang kunjungan tersebut.

Warga mengatakan bahwa mereka dapat "lulus" ketika mereka dinilai telah mencapai tingkat tertentu dengan bahasa Mandarin, deradikalisasi, dan pengetahuan hukum mereka. Mereka diizinkan menelepon dengan anggota keluarga, tetapi tidak ada ponsel. Mereka disediakan makanan halal.

Hanya keamanan minimal yang terlihat di salah satu dari tiga pusat.

Reuters tahun lalu melaporkan kondisi di dalam kamp dan mengambil gambar menara penjaga dan kawat berduri yang mengelilingi beberapa. (https://tinyurl.com/y9zzouss)


'HIDUP YANG BAIK'

Situasi di Xinjiang telah menimbulkan kekhawatiran di ibukota-ibukota Barat.

Paling tidak 15 duta besar Barat menulis surat kepada pejabat tinggi Xinjiang, ketua Partai Komunis Chen Quanguo, akhir tahun lalu mencari pertemuan untuk membahas keprihatinan mereka. Chen tidak bertemu wartawan di perjalanan.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan kepada Reuters bahwa para duta besar tidak mendapat tanggapan.


Amerika Serikat mengatakan sedang mempertimbangkan sanksi terhadap Chen, pejabat lain, dan perusahaan China yang terkait dengan tuduhan pelanggaran hak asasi di Xinjiang.

Maya Wang, seorang peneliti Human Rights Watch yang berbasis di Hong Kong, mengatakan tekanan internasional perlu ditingkatkan.

"Fakta bahwa mereka merasa perlu mengadakan tur pertunjukan adalah tanda bahwa tekanan ini berhasil," katanya kepada Reuters.

Baik Wang maupun Dilxat Raxit mencatat bahwa kontrol ketat atas kunjungan dan wawancara menunjukkan kekhawatiran China tentang sifat asli mereka.

Saat makan siang kebab domba, daging kuda, dan naan, bos partai Urumqi, Xu Hairong mengatakan kepada Reuters bahwa "semua laporan itu palsu" ketika menyangkut liputan luar negeri Xinjiang. Dia menepis kekhawatiran tentang sanksi AS.


"Kami, termasuk Sekretaris Partai Chen, bekerja keras agar rakyat Xinjiang memiliki kehidupan yang baik," kata Xu. "Jika AS tidak mengizinkan saya pergi, maka saya tidak ingin pergi ke sana. Itu yang sebenarnya."

Pemerintah mengatakan tujuannya adalah agar warga Uighur menjadi bagian dari masyarakat Cina arus utama. Shohrat Zakir mengatakan di bagian selatan Xinjiang orang bahkan tidak bisa menyapa dalam bahasa Mandarin.

Pejabat menunjuk pada kurangnya kekerasan dalam dua tahun terakhir sebagai bukti keberhasilan program.

Pameran Urumqi tentang Kasus-kasus Serangan Teroris Besar di Xinjiang, biasanya tertutup untuk umum, menampilkan gambar-gambar grafik dan cuplikan dari apa yang dikatakan pemerintah adalah serangan.

"Hanya dengan pemahaman yang lebih dalam tentang masa lalu Anda dapat memahami tindakan yang telah kami ambil hari ini," Shi Lei, wakil kepala propaganda komite Partai Komunis Xinjiang, mengatakan kepada wartawan.


Salah satu anggota angkatan bersenjata Tiongkok, yang telah bertugas di Kashgar, mengatakan situasi keamanan telah membaik secara dramatis.

"Anda tidak dapat membayangkan bagaimana rasanya di sana pada tahun 2014 dan 2015. Ada serangan sepanjang waktu, pemboman, penikaman. Itu adalah kekacauan," katanya, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media. .

Di Kashgar, Hotan dan Karakax, pompa bensin masih dikelilingi oleh kawat berduri dan hambatan keamanan yang berat. Area perumahan dipenuhi dengan kantor polisi kecil.

Stasiun-stasiun itu memiliki layanan publik yang lebih luas dalam pikiran, kata Zhang Yi, komandan salah satu stasiun, kepada wartawan. Satu wartawan yang dikunjungi menyediakan pamflet tentang berbagai subjek, termasuk cara mengubah jenis kelamin Anda secara hukum.


Wakil kepala partai Kashgar Zark Zurdun, seorang Uighur dari Ghulja di Xinjiang utara, tempat banyak etnis etnik tinggal, mengatakan kepada Reuters bahwa "stabilitas adalah hak asasi manusia terbaik."

"Barat harus belajar dari kita" tentang bagaimana cara mengalahkan ekstremisme, katanya, menepis kekhawatiran budaya Uighur diserang.


"Apakah Kazakh menghilang di Uni Soviet ketika mereka semua harus belajar bahasa Rusia?" dia berkata. "Tidak. Jadi, Uighur tidak akan lenyap di sini." [Yeni Safak/zulkhairi]

Posting Komentar untuk "China membela kamp-kamp kejam memperbudak minoritas Muslim"