Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tasawwuf Nama Baru Untuk Musamma Qadim



Oleh Tgk. H. Muhammad Iqbal Jalil

Dalam pengajian Hikam perdananya di Mesjid Agung Al-Falah Sigli, Abi MUDI menjelaskan bahwa tidak seharusnya seorang Muslim phobia terhadap nama tasawwuf. Abi MUDI mengutip kalam Syekh Ramadhan Al-Buthi bahwa tasawwuf adalah ismun hadis li musamma qadim; tasawwuf adalah nama baru sementara substansinya sudah sangat lama.

Inti dari tasawwuf adalah tazkiyatun nafsi (pembersihan jiwa). Tentu saja hal ini merupakan suatu perkara yang diperintahkan sebagaimana firman Allah dalam Alquran ;

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا ۝ وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا [سورة الشمس:9، 10]

Sungguh mendapatkan kemenangan bagi orang-orang yang membersihkan jiwanya. Dan sungguh merugi orang-orang yang mengotori jiwanya. (QS. As-Syams : 9-10)

Jadi substansi tasawwuf adalah sesuatu yang bersumber dari Rasulullah Saw dan berlandaskan kepada nas Alquran. Hanya namanya saja yang hadis (baru) yang baru populer di masa mutaakhkhirin. Dulunya nama tasawwuf lebih dikenal dengan istilah ilmu tentang zuhud. Abu Hanifah dan juga beberapa ulama semasa dengannya pernah menulis kitab yang substansinya tentang tazkiyatun nafsi dengan nama kitab zuhud.

Sebenarnya bukan hanya tasawwuf. Ilmu fikih juga demikian. Istilah fikih baru dikenal di kemudian hari. Di masa Sahabat, ilmu fikih lebih dikenal dengan istilah ilmu halal dan haram.

Menurut Abi, Para Ulama membagi pemikiran tasawwuf kepada 3 kategori ;

1. Tasawwuf Salafi, yaitu metode tasawwuf Imam As-Syafi'i, Imam Malik dan Fudhail bin 'Iyadh

2. Tasawwuf Sunni, yaitu metode tasawwuf yang dibangun oleh Abu Thalib Al-Makki, Imam Qusyairi, Al-Ghazali, dll

3. Tasawwuf falsafi, seperti corak tasawwufnya Ibnu 'Arabi, Al-Jili, dll. (tasawwuf ini yang banyak menimbulkan kontroversi).

[Penulis status sekedar naqil... Kalau mau lebih jelas uraian 3 corak pemikiran tasawwuf ini harus kita tanyakan langsung ke Abi,, saya belum paham]

Ada banyak hal yang dijelaskan oleh Abi MUDI dalam pengajian perdana kitab Al-Hikam, semuanya menarik dan umumnya wawasan baru yang belum kami dengar sebelumnya. InsyaAllah jumat akhir bulan depan, bagi teman-teman yang ada di seputaran Sigli dan Kabupaten Pidie, mari luangkan waktu kita hadir bersama mengikuti pengajian ini. Semoga Allah berikan kemudahan bagi kita semua untuk mengikuti kajian ilmu bersama para ulama.

Keterangan Foto ; Abi Zahrul Mubarrak, Mudir Ma'had Aly MUDI, bersama Ust. Dr. Amri Fatmi,Lc, MA, Doktor Aqidah Filsafat Al-Azhar yang juga mengikuti pengajian ini

Posting Komentar untuk " Tasawwuf Nama Baru Untuk Musamma Qadim"