Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tastafi Banda Aceh hadirkan Aba Nisam dari IAI Al-Aziziyah isi pengajian membahas persoalan gadai

Suara Darussalam |

Banda Aceh- Majelis Pengajian Tastafi kembali  menggelar pengajian rutin bulanan dengan tema yang diangkat yaitu “Gadai” (Polemik dan Solusi dalam Islam) . Kali ini pengajian rutin ini akan diisi oleh  Tgk. H. Helmi Imran, MA atau dikenal juga dengan panggilan Aba Nisam. 

Aba Nisam yang merupakan ulama muda Aceh ini merupakan kepala Litbang Tastafi & Warek III Institute Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga.

Dalam undangan yang disebarkan Sekretaris Tastafi Banda Aceh, Tgk Mustafa  Husen, disebutkan bahwa pengajian ini akan berlangsung pada Jum'at, 18 Des 2020 Pukul 20.00 s/d selesai bertempat di Kyriad Muraya Hotel Aceh.

Disebutkan dalam undangan ini, bahwa dasar penyelenggaraan kegiatan pengajian ini adalah karena bahwa sesungguhnya syariat Islam tidak hanya mengatur masalah ukhrawi semata. Namun juga mengatur transaksi manusia yang berhubungan dengan uang & jasa, Karena prinsip ekonomi islam tidak boleh menindas. Laba halal, laba haram (red.Kapitalisme).

Di antara yang tidak bisa pungkiri dalam memenuhi hajat manusia adalah utang - piutang. Dan banyak orang bermasalah dengan perkara yang satu ini.

Islam hadir meluruskan dengan akad Utang berjaminan (rahn/gadee) agar tidak ada pihak yang dirugikan dan ditekankan pada nilai ta'awun bukan pada nominal untung duniawi namun balasan ukharawi berupa pahala.

Untuk membahas masalah dimaksud, Majelis Tastafi Banda Aceh & Aliansi Ormas Islam Aceh menyelenggarakan pengajian yang akan dimoderatori oleh Dosi Elfian, Presenter Kawakan Aceh. Disebutkan juga, bagi yang berminat menghadiri dapat mendaftarkan ke WA  Tgk Muhammad Batee +62852-7723-1299. [Teuku Zulkhairi]

Posting Komentar untuk "Tastafi Banda Aceh hadirkan Aba Nisam dari IAI Al-Aziziyah isi pengajian membahas persoalan gadai"