Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Keunggulan Pendidikan Dayah

 


11 Keunggulan Pendidikan Dayah

1.    Pengakuan beberapa guru besar di perguruan tinggi, dayah adalah benteng terakhir penerapan syari'at Islam di Aceh.

2.    Fakta, Guru-Teungku pengajar di dayah senantiasa mengajar dengan ikhlas sepanjang masa. Tidak pernah mengeluh tidak ada gaji dari pemerintah. Mereka mengajar dengan ikhlas. Dan itu telah berlangsung selama ratusan tahun lalu, sampai saat ini.

3.    Ulama dayah tidak pernah berhenti melayani masyarakat, baik siang maupun malam. Ulama dayah bukan hanya mengurus soal pendidikan agama, tapi juga sosial kemasyarakatan masyarakat Aceh. Masyarakat selalu mengadu kepada ulama, dan ulama tidak pernah menutupi pintu rumahnya untuk masyarakat.

4.    Dayah adalah satu-satunya lembaga pendidikan yang berhasil mendidik murid untuk menghormati gurunya, seperti harapan Islam.

5.    Dayah adalah lembaga pendidikan yang mengatur secara ketat rutinitas ibadah para santri, akan dihukum jika santri tidak shalat berjamaah.

6.    Dayah adalah satu-satunya lembaga pendidikan yang pro masyarakat miskin. Semiskin apapun seseorang tetap bisa belajar di dayah. Tidak ada biaya kecuali sedikit saja untuk minyak lampu.

7.    Dengan system belajar “Talaqqi”, sanad keilmuan dayah tersambung hingga ke Rasulullah Saw.

8.    Dayah berhasil mendidik setiap santrinya untuk hidup sederhana, sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh lembaga pendidikan manapun lainnya.

9.    Dayah adalah lembaga pendidikan yang berhasil membentuk karakter santrinya, disaat negara kita sekalipun belum mampu melakukannya.

10.  Dayah berhasil memandirikan para alumninya. Tidak ada alumni dayah yang menganggur.

11.  Dayah adalah lembaga pendidikan yang masih steril dari segala bentuk pemikiran yang menyimpang. Mari kita jaga lembaga pendidikan warisan masa lalu kejayaan Aceh ini.[Teuku Zulkhairi]

 

Posting Komentar untuk "11 Keunggulan Pendidikan Dayah"