Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rakyat Azerbaijan sangat senang dengan kehadiran Erdogan di parade kemenangan Nagorno-Karabakh

Suara Darussalam |

Rakyat Azerbaijan menantikan kehadiran Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan di parade kemenangan militer yang akan datang untuk merayakan pembebasan Nagorno-Karabakh dari tiga dekade pendudukan Armenia.

Erdogan akan melakukan perjalanan ke Baku Rabu untuk kunjungan resmi dua hari. Dia diperkirakan menghadiri parade kemenangan pada 10 Desember, mengunjungi makam mantan Presiden Haydar Aliyev dan memberikan penghormatan di pemakaman para martir di Baku.

Erdogan juga akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Ilham Aliyev untuk membahas situasi terbaru di Nagorno-Karabakh, perjanjian Turki-Rusia untuk pusat pengamatan guna memantau gencatan senjata, hubungan bilateral, hubungan ekonomi, dan kerja sama di sektor energi dan pertahanan.

Menurut Anadolu Agency (AA), orang Azerbaijan melihat partisipasi Erdoğan sebagai tampilan yang jelas dari persaudaraan dan solidaritas antara kedua negara.

Jalan-jalan di Baku telah dihiasi dengan bendera Turki dan Azerbaijan untuk merayakan kemenangan tersebut, sementara persiapan lain sedang dilakukan untuk pawai.

Warga negara Azerbaijan, Abulfet Guliyev, memberi tahu AA bahwa ia bangga pada Erdogan dan kunjungannya akan menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa orang Turki saling mendukung.

Penduduk Baku Haji Babayev juga mengatakan dukungan Erdogan selama perang 44 hari itu membuktikan bahwa kedua negara memang bersaudara.

“Kami bangga dengan Erdoğan. Tindakan pendukungnya tak ternilai harganya, ”katanya.

Penduduk Baku lainnya, Sevinç Jaferova, menyoroti bahwa Turki telah mendukung Azerbaijan secara politik dan militer, dan mereka berterima kasih atas dukungan tersebut.

“Erdogan lebih dari diterima. Tentara Turki juga harus datang ke Karabakh sehingga segalanya bisa pulih lebih cepat, ”kata Nermine Müslümova.

Warga Azerbaijan lainnya juga menyatakan penghargaan mereka atas dukungan Turki, karena mereka memuji persaudaraan kedua negara.

Sementara itu, Akif Aşırlı, pemimpin redaksi harian Şark Azerbaijan, mengatakan Turki telah berkontribusi pada kemenangan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh dengan selalu berdiri di samping Baku dalam upayanya untuk membebaskan wilayah pendudukan.

“Erdogan akan mengunjungi tanah airnya sendiri. Kunjungannya merupakan pesta bagi Azerbaijan, ”katanya.

Pemimpin redaksi harian Turkistan Azerbaijan juga mengatakan kehadiran Erdogan dan pemerintah Turki dalam perayaan tersebut adalah "sumber kebanggaan."

Ankara telah menjanjikan dukungan penuhnya kepada Baku dalam upayanya untuk membebaskan tanahnya dari pendudukan Armenia.

Sekitar 20% wilayah Azerbaijan telah diduduki secara ilegal selama hampir tiga dekade. Dalam konflik terbaru yang dimulai pada 27 September, Azerbaijan merebut kembali sebagian besar tanah di dan sekitar kantong Nagorno-Karabakh yang hilang dalam perang tahun 1991-1994 yang menewaskan sekitar 30.000 orang dan memaksa lebih banyak lagi dari rumah mereka.

Selama konflik 44 hari, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia.

Aliyev telah menyatakan beberapa kali selama konflik baru-baru ini bahwa jika ingin perdamaian, Baku ingin melihat Ankara di meja perundingan juga. Menyusul penandatanganan 10 November perjanjian yang ditengahi Rusia untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja menuju resolusi komprehensif, Turki setuju dengan Rusia bahwa pasukannya juga akan memantau gencatan senjata. Pada hari Selasa, Ankara dan Moskow menandatangani kesepakatan untuk mendirikan pusat observasi bersama di Nagorno-Karabakh secepat mungkin.

Gencatan senjata dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dan kekalahan Armenia, yang angkatan bersenjatanya telah ditarik sesuai kesepakatan. [Dailysabah]

Posting Komentar untuk "Rakyat Azerbaijan sangat senang dengan kehadiran Erdogan di parade kemenangan Nagorno-Karabakh"