Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Tahun Baru Masehi Merujuk kepada Kristus dan Para Dewa Kaum Pagan


Foto ilustrasi. Sumber; internet


Artikel asli berjudul

السنة الميلادية : نظرة شرعية وتاريخية

Oleh Muhammad Salih Al-Munajjid

Kalender Masehi adalah kalender yang digunakan secara sipil di sebagian besar negara di dunia, dan dinamai dengan nama ini karena jumlah tahun di dalamnya dimulai dari tahun kelahiran Kristus, seperti yang diyakini.

Pencetusnnya adalah biarawan Armenia Denisius the Younger. Ini disebut Kalender Masehi setelah Paus Gregorius XIII. Paus Roma, yang mengubah kalender Julian menjadi sistem yang sekarang.

Tahun Masehi adalah tahun matahari, yang mewakili siklus lengkap matahari di tempatnya.

Nama Romawi (Januari) Dengan nama ini dikaitkan dengan Janus, dewa matahari untuk mereka, yang menjaga gerbang surga, dewa permulaan dan akhir, dewa perang dan perdamaian, dan mereka menggambarkannya dalam bentuk seorang pria dengan dua wajah yang berlawanan.

Memiliki dua belas bab sesuai dengan jumlah bulan dalam setahun, dan pada hari pertama mereka biasa merayakannya dan memberinya madu, kurma dan manisan.Pesta pagan ini kemudian menjadi Hari Tahun Baru.

Dan mereka berasal (Februari) dari kata kerja (februar) yang berarti pemurnian, dan orang Romawi mengadakan pesta di mana mereka secara rohani disucikan dari dosa pada hari kelima belas bulan ini. Karena hujan lebat.

Nama saya (Maret)Dinamai menurut Maritius, dewa perang Romawi, yang merupakan pelindung dan pendukung mereka, dan diyakini bahwa dia akan membawa keberuntungan jika perang dimulai dalam dirinya.

Dan (April) disebut nama ini sehubungan dengan dewi mereka (April), dan dia mengklaim bahwa dia membuka bunga dan membuka gerbang langit untuk menerangi matahari setelah kerudungnya di musim dingin, dan dikatakan dalam hubungannya dengan Venus atau Aphrodite, dewi cinta dan kecantikan di Yunani, dan mereka memiliki awal musim semi, musim tanaman hijau dan angin sepoi-sepoi.

May dinamai dengan nama ini dalam kaitannya dengan (Maya), dewi kesuburan, pertumbuhan dan reproduksi bagi orang Romawi, yang merupakan putri dewa Atlas, pembawa bumi, dan ibu dari dewa Merkurius, hamba para dewa bagi mereka.

(Juni) dinamai dewi bulan Juno dan istri Jupiter dalam mitologi Romawi, (dan Juli) diambil dari Julius Caesar, Kaisar Romawi karena ia lahir di dalamnya.

(Agustus)Dia dinamai Oktavius, dan gelarnya adalah Augustus, Kaisar Romawi, dan dia adalah anak angkat Julius Caesar, karena dia mencapai kemenangan terbesarnya dalam dirinya, dan mereka membuat hari-harinya 31 hari dengan mengorbankan bulan Februari agar tidak berkurang dari hari-hari di bulan Juli yang menyandang nama Julius Caesar, kemudian mereka mengubah hari-hari bulan setelah Agustus sehingga tidak akan ada tiga hari berturut-turut.

Bulan dengan durasi yang sama (Juli-Agustus-September) mereka membalikkan aturan, sehingga menjadi 30 September 31 Oktober 30 November 31 Desember.

Gregorius XIII Paus Roma memperhatikan bahwa hari titik balik musim semi terjadi pada 11 Maret, bukan 21 Maret dengan selisih sepuluh hari, sehingga biarawan Lilius menugaskan Lilius untuk mengubah kalender Julian, sehingga disepakati untuk menghapus tiga hari setiap 400 tahun, dan mereka setuju bahwa tahun (yang berasal dari Kelipatan 100) tahun sederhana, kecuali pembagian diterima oleh (400) tanpa sisa, sehingga orang-orang tidur pada hari Kamis 4 Oktober 1582 dan bangun pada hari Jumat tanggal 15 Oktober 1582!

Oleh karena itu, negara-negara non-Katolik menolak penanggalan ini sampai masalah tersebut diselesaikan pada abad kedua puluh. Semua negara menerimanya secara sipil, tetapi banyak pemimpin agama yang tidak menerimanya. 

Umat ​​Kristen Timur merayakannya pada 7 Januari, meskipun setiap orang merayakan 25 Desember, tetapi masing-masing menurut kalendernya.

Dengan demikian, para paus dan kaisar memanipulasi angka-angka hari dalam sebulan sesuai dengan keinginan mereka.

Adapun kami, perhitungan kami adalah berdasarkan dengan Kitab Allah Swt (Alquran) surah al-Baqarah ayat 189:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ ۖ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ ۗ 

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: “Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji;

Dan juga ayat Allah Swt dalam Alquran surah at-Taubah ayat 36:


إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu

Kalimat ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ dalam ayat di atas, makanya yaitu: Inilah yang saya ceritakan kepada kalian bahwa jumlah bulan bersama Tuhan adalah dua belas bulan dalam Kitab Tuhan dan ada empat bulan yang terlarang, yang merupakan agama yang lurus. (Tafsir Tabari)

Rasulullah Saw bersabda tentang keadaan hari ini, dimana akan terdapat kaum muslimin yang akan mengikuti mereka sejengkal demi sejengkal. Rasullah Saw bersabda:

لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ قَبْلَكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ سَلَكُوا جُحْرَ ضَبٍّ لَسَلَكْتُمُوهُ قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللهِ، الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى؟ قَالَ فَمَنْ؟

Sungguh, kalian akan mengikuti langkah orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, dan sehasta demi sehasta. Kalaupun mereka menempuh jalur lubang dhabb (binatang sejenis biawak), niscaya kalian akan menempuhnya.” Kami mengatakan, “Ya Rasulullah, apakah jalan orang-orang Yahudi dan Nasrani?” Beliau menjawab, “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Sumber

Jadi, semoga kita semua dijauhkan oleh Allah Swt dari mengikuti jejak-jejak orang-orang kafir dalam merayakan tahun baru Masehi.

Posting Komentar untuk "Sejarah Tahun Baru Masehi Merujuk kepada Kristus dan Para Dewa Kaum Pagan"