Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Training Kader Dakwah HUDA di Jeunieb, Secercah Harapan Kebangkitan Gerakan Dakwah Pemuda Aceh


Pemuda Jeunieb, alumnus Training Kader Dakwah di acara takziyah meninggalnya Abu Paloh Gadeng. Foto: Tgk Bahri


Suara Darussalam |

Beberapa hari lalu, sebanyak 40 mobil yang membawa empat ratusan orang bergerak dari Kecamatan Jeunieb, Bireuen menuju kediaman almarhum Abu Paloh Gadeng untuk melakukan takziyah. Rombongan ini dipimpin oleh ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk. H. Muhammad atau yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb.

Mereka semua adalah para pemuda yang merupakan alumnus Training Kader Dakwah (TKD) dan para erangkat Gampong dari  10 gampong Kecamatan Jeunieb. Gampong-gampong tersebut yaitu Blang Me Barat, Teupin Kupula, Blang Me Timu, Tufah, Matang Nibong , Matang Teungoh, Matang Bangka, Lueng Teungoh, Meunasah Kota Jeunieb dan Meunasah. Informasi ini disampaikan oleh Tgk. Bahri Al Rani, murid Tu Sop.

Ratusan pemuda Jeunieb yang melakukan takziah ke kediaman almarhum Abu Paloh Gadeng  ini, selain telah mengikuti Training Kader Dakwah (TKD)  yang diselenggarakan oleh HUDA, mereka juga menggelar pengajian dua Minggu sekali dengan menggilirkan gampong tuan rumah pelaksana pengajian.

Ayahanda Tu Sop sangat bersemangat menyukseskan kegiatan-kegiatan TKD di berbagai daerah di Aceh. Dalam suatu diskusi dengan kami, Tu Sop mengatakan bahwa TKD ini diharapkan menjadi instrumen untuk mengarahkan kaum muda agar tegak istiqamah berjalan di jalan Islam.

Dalam suatu materi TKD yang kami peroleh, disebutkan bahwa tujuan Training Kader Dakwah  (TKD) HUDA yang dirumuskan Tu Sop ini adalah supaya tidak ada ruang kosong dari dakwah. Sebab, membiarkan ada ruang yang kosong dari dakwah ini menurut Tu Sop adalah maksiat.

Training Kader Dakwah ini, kata Tu Sop, juga untuk melahirkan Kader-kader pemuda dakwah di setiap gampong.  Disebutkan juga, bahwa makna dakwah itu adalah mengajak ke jalan Allah Swt.

Kalau satu orang yang berdakwah maka pasti tidak akan Kuat. Dua orang berdakwah juga kita tidak akan kuat. Tapi bila semua kita mau berdakwah maka orang pasti mau mendengar, kata Tu Sop yang tertulis dalam materi TKD.

Indonesia butuh pemuda yang berani dakwah didepan. Bukan pemuda yang berani ghibah dibelakang, “ ujar Tu Sop. 

Dimulai dar Jeunieb, kita berharap dari Training Kader Dakwah (TKD) HUDA ini lahirlah gerakan dakwah pemuda di berbagai gampong di seluruh Aceh, sehingga kembalilah kejayaan dan peradaban Islam di Aceh. Jika pemuda sudah istiqamah di jalan Allah Swt, kita tidak akan ragu bahwa kebangkitan itu insya Allah pasti akan terjadi. Amiin ya Allah

[Teuku Zulkhairi]

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Training Kader Dakwah HUDA di Jeunieb, Secercah Harapan Kebangkitan Gerakan Dakwah Pemuda Aceh"