Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Erdogan: Turki tidak akan menyerah pada tekanan dari raksasa media sosial

Erdogan menuduh perusahaan media sosial tidak mematuhi putusan pengadilan di Turki terhadap akun yang terbukti mendukung terorisme, 13 Januari 2021. Gambar: aplikasi media sosial di layar. (Chesnot / Getty Images / Getty Images)

SuaraDarussalam.id - Turki tidak akan tunduk pada "tekanan" oleh perusahaan media sosial yang melihat diri mereka berada di atas undang-undang hak individu, kata presiden negara itu.

"Kami tidak akan tunduk pada tekanan perusahaan media sosial yang menganggap diri mereka di atas hukum di depan hak-hak rakyat kami," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu pada upacara penghargaan media yang diadakan di kompleks kepresidenan di ibu kota Ankara.

Ribuan pendukung Presiden AS Donald Trump menyerbu gedung Capitol AS pada 6 Januari, upaya untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020 yang merenggut nyawa lima orang.

Menyusul kerusuhan di Capitol Hill, platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram melarang akun Trump, dengan tuduhan "menghasut kekerasan" di negara tersebut. 

Trump menyebut pelarangan akunnya terhadap kebebasan berbicara.

"Kami pasti tidak dapat mentolerir peristiwa kekerasan yang menargetkan demokrasi dan institusi demokrasi; namun, kami juga tidak dapat menerima penutupan saluran komunikasi rakyat tanpa dasar hukum," kata Erdogan, menekankan bahwa pemilu AS menunjukkan sejauh mana "fasisme digital" bisa berjalan.

"Kami tidak akan membiarkan Anda menghasilkan uang dari iklan di negara ini tanpa memiliki kantor. Kami tidak akan membiarkan Anda merampok Turki. Ketika kami mulai mendenda mereka, mereka menempatkan diri mereka di jalur yang benar. Anda akan membayar [di sini] saat Anda membayar Barat, "tambah Erdogan. 

'Platform media sosial harus mengikuti putusan pengadilan'

Erdogan menuduh perusahaan media sosial tidak mematuhi putusan pengadilan di Turki terhadap akun yang terbukti mendukung terorisme.

"Kami tidak dapat membiarkan terorisme, propagandanya mendapatkan tempat di dunia maya seperti halnya kami tidak mengizinkan terorisme di dalam perbatasan kami," katanya.

Erdogan menambahkan bahwa perkembangan terakhir di seluruh dunia menunjukkan pentingnya perjuangan hukum Turki melawan "kediktatoran digital dan penindasan maya".

Presiden Erdogan juga berpidato dalam protes duduk lama keluarga di Diyarbakir, Turki tenggara, terhadap kelompok teror YPG / PKK.

Dia menyambut upaya Radio, Asosiasi Jurnalis Televisi untuk menjadi suara keluarga yang memprotes kelompok teror yang menewaskan puluhan ribu orang di Turki, termasuk polisi, guru dan penceramah, bersama dengan warga sipil yang tak terhitung jumlahnya termasuk sejumlah orang Kurdi.

Protes di luar kantor Partai Demokrasi Rakyat (HDP) yang pro-PKK dimulai pada 3 September 2019, ketika tiga ibu mengatakan bahwa anak-anak mereka telah direkrut secara paksa oleh partai tersebut ke kelompok teror. 

Protes tersebut telah berkembang pesat sejak itu dengan sejumlah besar keluarga di seluruh Turki bergabung.

Presiden mengatakan inisiatif para ibu untuk membawa kembali anak-anak mereka menghancurkan dinding horor dan mengungkap wajah berdarah kelompok teror tersebut, dan menambahkan: "Atas nama saya, istri dan bangsa saya, saya dengan hormat memberi hormat kepada ibu-ibu pemberani yang memprotes untuk bersatu kembali dengan mereka. anak-anak selama lebih dari 500 hari meskipun ada beberapa serangan menjijikkan dari simpatisan kelompok teror. "

Merujuk pada mereka yang berafiliasi dengan kelompok teror tanpa menyebut siapa pun, Erdogan mengatakan bahwa mereka mengirim anak-anak mereka sendiri ke Eropa untuk berlibur tetapi mengirim anak-anak Kurdi ke Suriah dan Irak untuk membuat mereka bergabung dengan barisan kelompok teror.

Presiden Turki juga mengkritik organisasi hak asasi manusia Barat karena tidak menunjukkan solidaritas dengan keluarga yang menangis dan mempermainkan tiga monyet, menambahkan bahwa upaya keluarga menunjukkan kefanatikan ideologis di negara itu.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang termasuk wanita, anak-anak dan bayi. YPG adalah cabang PKK di Suriah. [TRT World]

Posting Komentar untuk "Erdogan: Turki tidak akan menyerah pada tekanan dari raksasa media sosial"