Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel berencana menghilangkan pengaruh Turki di Yerussalem untuk kepentingan negara-negara Teluk

Seberkas cahaya menerpa Masjid Kubah Batu saat badai debu menutupi cakrawala Yerusalem pada 17 Desember 2009 [GALI TIBBON / AFP via Getty Images]


Suara Darussalam
- Mengingat gelombang perjanjian normalisasi yang sedang berlangsung antara negara-negara Arab dan pendudukan , Israel mencoba memikat negara-negara Teluk, terutama Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi, dengan peran potensial dalam mengawasi situs-situs suci di Yerusalem yang diduduki. Maka, bersaing dengan Yordania dan Palestina untuk mengambil alih tugas penting ini.

Langkah Israel ke arah ini memicu ketegangan politik antara pihak-pihak yang terlibat, sementara menyamarkan rencana sebenarnya yang terdiri dari memberi negara-negara ini peran baru dan kesempatan untuk melawan pengaruh Turki yang meningkat di antara orang-orang Yerusalem - sebuah batasan yang menimbulkan pertanyaan tentang keberhasilan atau kegagalan usaha Israel.

Tampaknya rencana normalisasi antara UEA dan pendudukan berpacu dengan waktu untuk menyiapkan realitas baru di lapangan, ketika Menteri Urusan Yerusalem Israel Rabbi Rafi Peretz mengumumkan rencana untuk menarik ribuan wisatawan Emirat untuk mengunjungi Yerusalem. Rencana tersebut bertujuan untuk meningkatkan status kota sebagai "ibu kota Israel", seperti yang dia klaim.

Baca juga : Terima kunjungan Imam Masjid Al-Aqsha di Istanbul, Erdogan dinilai sampaikan pesan penting

Jelas bahwa rencana Israel untuk membawa turis dari UEA, dan berusaha menarik dua juta turis Muslim ke Yerusalem setiap tahun, sejalan dengan apa yang telah diupayakan untuk dicapai oleh pendudukan selama sepuluh tahun terakhir. 

Ini adalah bagian dari upaya untuk menjadikan Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa pada dugaan kedaulatannya dan mengevakuasi untuk mencegah orang-orang Yerusalem mengembangkan sektor pariwisata religius nasional, dan mengendalikan masjid suci dan alun-alunnya.

Rencana Israel berasal dari teks perjanjian Emirat-Israel, karena memberikan hak kepada umat Islam hanya untuk Masjid Al-Aqsa, dan menyangkal sisa-sisa Temple Mount secara keseluruhan. Ini mengingat kecaman politik dan agama Palestina yang menolak menerima pengunjung Emirat, Arab, atau bahkan Muslim, untuk berdoa di Masjid Al-Aqsa sebagai bagian dari perjanjian yang disebutkan di atas.

Orang-orang Yerusalem adalah yang pertama mengumumkan penolakan mereka terhadap perjanjian normalisasi Israel-UEA, karena itu menetapkan hak semua agama monoteistik, mengambil eksklusivitas dari Muslim. 

Hal ini memicu kemarahan yang dipicu di antara orang-orang Palestina, yang mengungkapkan penolakan ini dengan menggantungkan spanduk besar di seluruh Yerusalem.

Rencana Israel mengungkap kedalaman perjanjian normalisasi dengan UEA. Ide untuk mensponsori perjalanan Emirat untuk sholat di Masjid Al-Aqsa hanyalah menutupi rencana normalisasi, meskipun sholat di Yerusalem tidak membutuhkan kesepakatan. 

Ini adalah hak agama dan hukum yang sakral, seperti halnya Masjid Al-Aqsa adalah hak yang dilindungi oleh umat Islam menurut semua agama dan dokumen internasional. 

Terutama, pengakuan UNESCO atas Masjid Al-Aqsa sebagai properti absolut umat Islam, tanpa afiliasi dengan orang Yahudi. UEA, bagaimanapun, memilih untuk memberikan perjanjian ini kepada Israel - hak yang tidak mereka miliki.

Orang-orang Yerusalem sedang bersiap untuk menerima orang-orang yang akan datang ke Yerusalem di bawah jubah normalisasi dengan cara yang pantas mereka terima. Tidak ada warga Palestina yang akan mengizinkan orang Emirat dan lainnya untuk melanggar kesucian Masjid Al-Aqsa dengan menggunakan salat di sana untuk melegitimasi kesepakatan batal mereka dengan Israel. 

Oleh karena itu, orang-orang Yerusalem tidak akan menyambut kunjungan ini di tengah kekhawatiran di Yerusalem dan Palestina, secara umum, kemungkinan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim, terutama dari Bahrain dan Arab Saudi, yang mungkin datang untuk berdoa di Yerusalem di bawah tekanan dan godaan Emirat.

Rencana baru ini sejalan dengan kesepakatan Israel-UEA untuk menampung dua juta turis Muslim di negara pendudukan setiap tahun, kebanyakan dari mereka akan mengunjungi Masjid Al-Aqsa dalam kerangka yang disebut "perdamaian agama". Terlepas dari kenyataan bahwa 98.000 turis Muslim mengunjungi Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa pada 2018, Israel telah mulai mengatur kedatangan turis dari Emirates dan negara-negara Teluk lainnya untuk salat di Masjid Al-Aqsa.

Palestina percaya bahwa rencana Israel akan gagal, karena Emirat mungkin tidak datang dalam jumlah besar, mungkin karena bentrokan antara pejabat dan posisi populer tentang normalisasi di UEA. Turis UEA tidak akan mencapai ratusan atau ribuan. Dengan demikian, demarke Emirat di Yerusalem didahului oleh rencana Saudi untuk berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Yerusalem untuk mengamankan pijakan di kota, tetapi orang-orang Yerusalem menolak untuk pergi ke kerajaan.

Sehubungan dengan pengumuman rencana Israel untuk membawa turis Emirat ke Yerusalem, LSM Israel Terrestrial Jerusalem mengungkapkan bahwa UEA untuk pertama kalinya telah setuju untuk mengubah status quo di Masjid Al-Aqsa, mengizinkan orang Yahudi untuk beribadah di sana, sambil membatasi Akses Muslim ke masjid saja, dan bukan ke seluruh Temple Mount. 

Oleh karena itu, rencana Israel menegaskan perjanjian UEA baru-baru ini tentang Masjid Al-Aqsa, yang menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan di Yordania dan Palestina. Ini karena perjanjian tersebut bertujuan untuk memberi UEA peran baru di dalam Masjid Al-Aqsa yang secara terang-terangan menentang kehadiran Yordania dan Palestina sebagai pengawas utama situs-situs suci kota tersebut.

Mungkin perhatian utama orang-orang Yerusalem berpusat pada catatan negatif UEA, terutama setelah Emirat berusaha menjual rumah dan real estat yang mereka beli dari Palestina ke asosiasi pemukiman Yahudi. Hal ini menimbulkan ketakutan warga Palestina bahwa tahap selanjutnya mungkin menandakan dimulainya pembangunan sinagog dengan kontribusi otoritas UEA, yang telah membangun sebuah kuil Hindu di Dubai dan membuka sinagoga di Abu Dhabi.

Pada saat yang sama, Israel tidak ragu-ragu untuk berbicara tentang mengambil semua tindakan untuk memberantas aktivitas Turki di Yerusalem, mengklaim bahwa hari-hari Kekaisaran Ottoman telah berakhir dan bahwa Turki tidak memiliki apa-apa untuk dicari di Yerusalem, sambil menyarankan deklarasi Presiden Turki Erdogan. bahwa Yerusalem milik semua Muslim terlalu dibesar-besarkan dan tidak berdasar. 

Namun, yang membuat marah Palestina adalah berita tentang dukungan Saudi-Yordania terhadap rencana yang diatur oleh pendudukan.

Meskipun proyek-proyek Turki di Yerusalem bersifat amal dan ekonomi karena Israel melarang aktivitas politik apa pun di kota itu, kehadiran Turki di panggung membuat kesal Israel dan negara-negara Arab yang berusaha meningkatkan pengaruhnya di Yerusalem. 

Ini termasuk Yordania dan Arab Saudi, mengingat bahwa peningkatan pengaruh Turki di kota itu dapat mempersempit kekuasaan dan perwalian agama mereka atas situs-situs suci di sana, meskipun Yerusalem adalah tujuan umum bagi semua Muslim, bukan hanya orang Arab atau Palestina.

Rencana pendudukan tersebut dimotivasi oleh fakta bahwa pengaruh Turki di antara orang-orang Yerusalem telah mengkhawatirkan keamanan dan pejabat politik di Israel selama bertahun-tahun, karena bendera dan restoran Turki dapat dilihat di banyak lokasi di kota tersebut. 

Di sisi lain, Turki telah menjadi tujuan favorit puluhan ribu warga Yerusalem dalam beberapa tahun terakhir.

Informasi tentang rencana Israel terhadap aktivitas Turki di Yerusalem menunjukkan bahwa terdapat konsensus antara berbagai kalangan pembuat keputusan Israel tentang keyakinan bahwa kehadiran Turki mengancam keamanan nasional Israel. Dengan demikian, negara pendudukan mungkin berisiko menuangkan lebih banyak bahan bakar ke dalam api ketegangan yang sudah ada antara Ankara dan Tel Aviv karena beberapa file berduri. [middleeastmonitor]

Posting Komentar untuk "Israel berencana menghilangkan pengaruh Turki di Yerussalem untuk kepentingan negara-negara Teluk"