Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosok Ketua PW HUDA Banda Aceh, Belajar dari Thailand, Pakistan hingga Malaysia

 

Tu Sop Jeunieb diapit oleh Ketua dan sekretaris HUDA Banda Aceh. 

SuaraDarussalam.id  - Tgk. Aulia Al Fathani beberapa bulan lalu dilantik sebagai ketua Pengurus Wilayah Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Kota Banda Aceh.

Sosok ulama yang memiliki nama asli Tgk Onliansyah Nurdin bin Abdul Kadir ini lahir di Banda Aceh pada 13 April 1982. Artinya sosok ulama muda ini saat ini baru berusia 39 tahun.

Siapa sangka, dalam usia muda ini, Pimpinan Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut Banda Aceh ini sudah melanglang buana menuntut ilmu Allah ke berbagai negeri.

Setelah menamatkan pendidikan menengah atas di SMA N 6 Banda Aceh pada Tahun 1998-2001, Tgk Aulia mengembara menuntut ilmu ke Ma’had Tahfizul Qur’an  Wa tafaqquh  di Yala - Fathani Darussalam South Thailand dari tahun Tahun 2001 hingga tahun 2007.

Tgk Aulia bersama Tu Sop

Setelah belajar selama enam tahun di Yala, Tgk Aulia melanjutkan studi Master Hadis ke International University Of Binoria Karachi Pakistan dari tahun Tahun 2007 hingga tahun 2009.

Selesai di Pakistan, Tgk Aulia langsung berangkat melanjutkan pendidikan lanjutannya selama dua tahun ke Madrasah Al Yamani Kuala Lumpur Malaysia, dari tahun 2009 sampai tahun 2011.

Beberapa waktu lalu, pimpinan Dayah Al Fathani Darussalam Gampong Punge Blang Cut ini diamanahkan menjadi Ketua Pengurus Wilayah Himpunan Ulama Dayah Aceh (PW HUDA) Kota Banda Aceh dan dilantik di Aula Kantor Walikota Banda Aceh. 

Dalam menjalankan amanah sebagai ketua PW HUDA Banda Aceh, Tgk Aulia didampingi oleh Tgk Muhammad Yasir, MA sebagai Sekretaris Umum.

Sementara itu, Tgk Muhammad Yasir sendiri saat ini merupakan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Nahdhatul Ulama yang beralamatkan di Komplek Dayah Mahyal Ulum Sibreh Aceh Besar.

Untuk menjalankan roda organisasi, dalam struktur kepengurusan HUDA Banda Aceh Tgk Aulia banyak merekrut kader-kader muda sebagai pengurus. Jadi, HUDA Banda Aceh kali ini nampak begitu mempesona.

Dilansir The Aceh Post, hari ini, Kamis 4 Februari 2021 HUDA Banda Aceh alhamdulillah Sekretariat HUDA Banda Aceh yang merupakan bangunan kantor yang beralamat di Desa Blang Cut, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh diresmikan oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. 

Lihat video peresmian : 


Gedung yang menjadi sekretariat ini merupakan hibah pakai selama dua tahun dari PT Abad Jaya.

Pada peresmian ini, juga dilangsungkan Maulid Nabi Muhammad Saw yang dihadiri oleh Ketua Penguru Besar HUDA, Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb yang juga bertindak sebagai penceramah.

Selain itu, peresmian ini juga dihadiri Ketua DPRK Kota Banda Aceh, Farid nyak Umar, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, para ulama dan pimpinan dayah se-Kota Banda Aceh  serta undangan lainnya. [Teuku Zulkhairi]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk " Sosok Ketua PW HUDA Banda Aceh, Belajar dari Thailand, Pakistan hingga Malaysia"