Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Afghanistan menandai akhir dari Kekaisaran Amerika?

Pejuang pasukan khusus Taliban tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai setelah penarikan militer AS. [Khwaja Tawfiq Sediqi/AP Photo]

Ketika Afghanistan terus menjadi sorotan media internasional setelah Taliban mengambil alih Kabul, kiasan akrab dimuntahkan oleh tersangka biasa. “Kuburan kerajaan” – apakah ada kiasan orientalis yang lebih sering digunakan dan disalahgunakan? – adalah referensi favorit dalam analisis dan komentar, seolah-olah Afghanistan, seperti tempat lain, belum ditaklukkan dan diperintah oleh pasukan asing berkali-kali dalam sejarah.

Banyak pertanyaan dan keraguan tentang apakah orang Afghanistan "cocok" untuk perangkap masyarakat beradab, seolah-olah perangkap ini hanya diperuntukkan bagi negara-negara barat atau apakah sebagai "orang biadab yang mulia" mereka bermaksud baik tetapi terlalu lemah atau naif untuk diperjuangkan dan mempertahankan apa yang diberikan kepada mereka.

Tetapi karena narasi barat berfokus pada orang Afghanistan dan “kegagalan” mereka, hanya sedikit yang merefleksikan apa yang dikatakan peristiwa di Afghanistan tentang Amerika, negara adidaya yang mundur, dan ketidakmampuannya yang meningkat untuk memutuskan masalah global.

Saat saya menyaksikan Kabul jatuh ke tangan Taliban, saya teringat akan komentar mantan Menteri Luar Negeri Henry Kissinger – “menjadi musuh Amerika mungkin berbahaya, tetapi menjadi teman Amerika itu fatal”.

Negara terkaya dengan militer paling kuat di dunia menghabiskan dua triliun dolar, mengerahkan sebanyak 775.000 personel militer sejak invasi tahun 2001, dan dilatih, diperlengkapi, dan dibangun secara nasional selama dua dekade. Dan ketika memutuskan untuk mundur, sekutu Afghanistannya menyerah dalam waktu seminggu.

Apakah Afganistan menandai akhir abad Amerika atau hanya kedipan sementara dalam dominasi dunianya?

Memang, ada momen serupa lainnya dalam sejarah di mana Amerika telah menunjukkan kelemahan. Ada serangan Jepang ke Pearl Harbor yang meluluhlantahkan armada Pasifik AS pada tahun 1941, yang disusul dengan kalahnya Filipina akibat invasi pasukan Jepang. Tapi kemudian AS membangun kembali angkatan lautnya dan dalam waktu tiga tahun membuat Jepang bertekuk lutut.

Ada juga perang tahun 1973 di mana pasukan Mesir dan Suriah yang didukung oleh Uni Soviet melancarkan serangan mendadak ke wilayah yang diduduki Israel. Ketika AS mulai menerbangkan senjata ke sekutunya, produsen minyak Arab bereaksi dengan memberlakukan embargo minyak yang sangat memukul ekonomi AS. Namun sepuluh tahun kemudian, pengaruh Uni Soviet di kawasan itu diminimalkan dan Mesir terlepas dari blok nasionalis Arab.

Mungkin terlalu dini untuk menyatakan kemunduran AS, tetapi dua dekade terakhir telah membawa perubahan signifikan dalam dinamika geopolitik global. Seperti yang dikatakan oleh komentator politik India-Amerika Fareed Zakaria dalam bukunya tahun 2008 The Post-American World, “Fakta bahwa kekuatan baru lebih kuat menegaskan kepentingan mereka adalah realitas dunia pasca-Amerika.”

Hanya saja, dia secara tidak meyakinkan berpendapat bahwa “kebangkitan yang lain” adalah konsekuensi dari kekuatan lain yang mengadopsi prinsip dan ide kebijakan AS.

Melihat ke belakang, debut Amerika di panggung dunia sangat dramatis dan membuat zaman. Pada tahun 1913, ia telah menjadi kekuatan ekonomi utama, meskipun dengan sedikit minat dalam masalah global. Ini akan berubah dengan intervensinya dalam Perang Dunia I di pihak Sekutu, memastikan kemenangan mereka. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, menjadi jelas bahwa AS menggantikan Kerajaan Inggris sebagai kekuatan dominan di sebagian besar dunia. Dan kurang dari 50 tahun kemudian, Washington berdiri sebagai pemenang, ketika Blok Timur dan Uni Soviet runtuh.

Ketika AS mendominasi dunia, tatanan itu secara moral didukung oleh keyakinannya pada "takdir yang nyata" dan secara ekonomi didukung oleh dolar AS sebagai mata uang cadangan yang mempertahankan kesenjangan besar antara kekuatan ekonominya dan saingan terdekatnya dan kendalinya atas saluran udara dan jalur suplai minyak.

Tatanan global ini sebagian besar telah terurai di tangan AS sendiri. Dimensi moralnya mulai runtuh, ketika AS menginvasi Irak pada 2003, tidak hanya mengabaikan PBB tetapi juga menyebarkan kebohongan tentang rezim Saddam Hussein yang memiliki Senjata Pemusnah Massal. Kredibilitas tatanan ekonomi pada gilirannya dirusak oleh resesi besar tahun 2008, ketika lembaga-lembaga keuangan utama AS runtuh satu demi satu.

Semua ini bertepatan dengan kebangkitan Rusia dan munculnya Cina sebagai kekuatan ekonomi global. Pada tahun 2010-an, tanda-tanda krisis sosial politik internal yang sedang dialami Amerika juga mulai terlihat, tercermin dari maraknya Trumpisme, meningkatnya ketidakadilan rasial yang memicu gerakan Black Lives Matter dan hampir runtuhnya sistem kesehatan di tengah Pandemi covid19.

Melihat penarikan yang memalukan dari Afghanistan dalam konteks yang lebih luas ini, dapat dikatakan bahwa abad dominasi Amerika mungkin akan segera berakhir.

Itu, tentu saja, tidak berarti bahwa AS menjadi tidak relevan. Secara historis, kerajaan-kerajaan yang sedang mengalami kemunduran – seperti Utsmaniyah pada abad ke-19 dan Rusia pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 – terus memegang kekuasaan kekaisaran dan mendominasi peristiwa-peristiwa dunia.

AS tetap menjadi kekuatan militer terbesar di dunia. Ukuran dan goyangan ekonominya tetap tangguh. Apa yang telah berubah, bagaimanapun, adalah keinginannya untuk konflik langsung dan tidak langsung untuk mempertahankan kekuasaannya. Sekutunya – di Afghanistan dan di tempat lain – adalah yang pertama merasakan keengganan Amerika yang semakin besar terhadap dominasi global. [sumber: aljazeera]

Posting Komentar untuk "Apakah Afghanistan menandai akhir dari Kekaisaran Amerika?"