Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki menawarkan peluang beasiswa besar bagi pelajar asing

Foto: Sevda DÜKKANCI. Yeni Safak

Suara Darussalam | Turki telah menjadi salah satu tujuan utama bagi siswa internasional karena negara ini menawarkan kesempatan luar biasa untuk belajar.
Pentingnya negara ini - yang terletak di persimpangan tiga benua - juga menjadi lebih jelas dalam beberapa tahun terakhir baik secara ekonomi maupun politik.
Pemerintah telah mengumumkan visi untuk menarik sekitar 500.000 siswa asing dengan menawarkan beasiswa yang menarik.
Menurut Dewan Pendidikan Tinggi Turki, sekitar 115.000 siswa asing saat ini belajar di universitas-universitas Turki, menempatkan negara itu di antara 10 negara tuan rumah terbaik bagi siswa internasional.
Di bawah program Turkiye Burslari (Beasiswa Turki), sekitar 5.000 siswa dari seluruh dunia diterima setiap tahun untuk melanjutkan studi sarjana, Master dan PhD di universitas-universitas Turki dengan beasiswa yang didanai penuh.
Selain beasiswa dan pendidikan kelas dunia, siswa juga memilih Turki karena kehidupan sosialnya yang dinamis, masyarakat multikultural dan latar belakang sejarah yang kaya.
Faiz Bin Ali, seorang lulusan Malaysia dari Istanbul Commerce University, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa alasan dia memilih untuk belajar di Turki adalah karena negara itu adalah pusat perdagangan dan memiliki "budaya yang menakjubkan".
- Tujuan impian
Ali, yang adalah direktur sebuah perusahaan perdagangan dan konsultasi, menyelesaikan gelar Masternya dalam perdagangan internasional pada tahun 2016.
Dia aktif dengan organisasi non-pemerintah dan menghadiri seminar, pertemuan, dan pelatihan perusahaan.
"Turki adalah tujuan impian saya karena signifikansi sosiokultural, historis dan politiknya," kata Noushad MK, asisten profesor untuk departemen Turki di Jamia Millia Islamia University di New Delhi.
Noushad menyelesaikan studinya di Universitas Istanbul pada 2012 dan kembali ke India setelah "pemenuhan impian pendidikan dan pribadi saya".
"Kekayaan budaya dan sejarah negara itu membuat saya kagum [cukup] untuk menjadikan Turki rumah kedua saya," katanya.
“Turki unik dalam kekayaan budaya dan sejarahnya. Persepsi orang awam terhadap orang luar, terutama orang India, juga merupakan alasan penting bagi saya untuk memilih Turki. Orang-orang Turki pada umumnya tidak rasis. Mereka tidak memperlakukan orang India sebagai orang dari negara dunia ketiga. ”
Sebagai warga negara India, rumah bagi lebih dari 1,3 miliar orang, kehidupan di Istanbul lebih mudah bagi Noushad dibandingkan dengan negaranya sendiri.
“Hidup itu cepat dan mahal dibandingkan dengan India. Istanbul terlalu ramai menurut penduduk setempat, tetapi saya merasa tidak apa-apa dibandingkan dengan Delhi, tempat saya tinggal. Orang-orang dan perlakuan mereka membuat saya merasa mudah di Turki sehingga saya tidak merasa di tempat lain. ”
Selama kehidupan muridnya, Noushad, seorang Muslim dari bagian utara India, mengalami kebebasan beragama dan keamanan penuh di Turki.
“Belajar di Turki memperluas visi saya dan memperluas cakupan saya di negara asal saya. Saya menyadari ini begitu saya kembali dari Turki. Nilai besar dan rasa hormat yang saya terima di negara asal saya setelah kedatangan saya dari Turki telah membuktikannya. ”
- Ibukota peradaban
Muhsin Kurtis, seorang Makedonia yang belajar ekonometrik di Universitas Marmara di Istanbul antara 2004 dan 2009, mengatakan kepada Badan Anadolu bahwa Turki memiliki semua karakteristik peradaban Timur, yang membuatnya memilih negara untuk studi lebih tinggi.
"Saya merasakan diri saya di Turki karena saya tinggal di tanah air saya sendiri," katanya.
Dia ingat mengalami beberapa kesulitan dengan proses izin tinggal saat tinggal di Turki, tetapi masalah ini sebagian besar diselesaikan dengan pembentukan Direktorat Jenderal Manajemen Migrasi pada 2013.
Dia mencatat bahwa Turki penuh dengan kegiatan sosial dan acara ramah-remaja.
“Selain olahraga dan bepergian dengan teman sebangsa saya, kami mengatur wisata studi dan beberapa kegiatan lainnya.
"Merupakan hak istimewa untuk belajar di negara yang menjadi tempat lahir peradaban."
- Peluang di luar pendidikan formal
Fennan Mohammad Bashir, lulusan internasional dari Istanbul Technical University, mengatakan dia menyelesaikan studinya di lebih dari satu 'universitas' di Turki.
“Hubungan siswa dengan penduduk setempat dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler memungkinkan siswa internasional untuk lulus dari lebih dari satu universitas. Mereka memiliki pengetahuan di luar pendidikan formal mereka dalam empat dinding.
“Negara mana pun yang bukan tanah air Anda tidak akan lebih mudah. Tetapi karena kami menganggap Turki sebagai negara kami sendiri, saya tidak menghadapi masalah apa pun selama kehidupan belajar saya di Istanbul, ”katanya.
"Saya tidak mengatakan bahwa pendidikan atau universitas di Turki adalah yang terbaik di dunia, tetapi jika kita mengevaluasinya secara komprehensif - pendidikan, atmosfer sosiokultural - saya dapat mengatakan ya, ada baiknya belajar di Turki," tambah Bashir, yang sekarang menjadi insinyur listrik dan menjalankan proyeknya sendiri di Ethiopia.
“Selama studi di Turki, saya memperoleh banyak pengalaman di luar pendidikan formal karena karakteristik masyarakat Turki yang dinamis.
"Saya tidak berpikir pendidikan saya akan sangat bermanfaat jika saya belajar di Eropa atau Amerika daripada di Turki."
- Nasihat bijaksana
Semua lulusan menasihati calon siswa internasional untuk membangun dialog mendalam dengan orang-orang Turki dan untuk berinteraksi dengan mereka agar dapat memanfaatkan waktu mereka dengan baik di Turki.
"Jika seorang siswa memahami masyarakat Turki dengan sangat baik, ia dapat dengan mudah beradaptasi dengan kehidupan di Turki," kata Bashir.
“Jangan membatasi hidupmu di sekolah, buku, dan perpustakaan. Anda harus keluar, membenamkan diri dalam masyarakat Turki. "
Dia juga menyarankan siswa internasional untuk belajar bahasa Turki selama mereka tinggal.
“Jadilah aktif, sosial. Pelajari bahasa, sejarah, dan budaya masyarakat, "kata Noushad, menggaungkan nasihat dari lulusan lain.
"Ketika seseorang mengetahui sejarah Turki, dia dapat menikmati kehidupan sosial yang jauh lebih baik. Orang-orang Turki menghargai budaya lain. Mereka menikmati keragaman daripada menolak atau menantangnya. Ini memberi saya getaran positif untuk tinggal di Turki." sumber: yeni safak

Posting Komentar untuk "Turki menawarkan peluang beasiswa besar bagi pelajar asing"