Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tgk Marbawi Yusuf Terpilih sebagai Ketua Umum Rabithah Thaliban Aceh

Tgk Marbawi Yusuf

Suara Darussalam, Banda Aceh – Tgk Marbawi Yusuf terpilih sebagai Rais ‘Am (Ketua Umum) Rabithah Thaliban Aceh (RTA) atau Ikatan Pelajar Dayah Aceh periode 2019-2022. Dalam proses pemilihan, Tgk Marbawi berhasil meraih 19 dukungan suara. Sementara sainganya Tgk Ismail Husen meraih empat suara.
Pemilihan yang berlangsung jelang tengah malam Selasa 9 April di Hotel Mekkah Banda Aceh berlangsung dengan penuh ukhuwah Islamiyah.  Dalam pemilihan ini, setiap pengurus Cabang RTA di kabupaten/kota  memiliki hak satu suara. Sementara Pengurus Besar (PB) memiliki tiga hak suara yang terdiri dari hak suara ketua demisioner, sekjend dan bendahara sehingga jumlah seluruhnya adalah 23 suara.
Sebelumnya, para peserta muktamar menetapkan bahwa calon Rais ‘Am harus memiliki sejumlah kriteria, antara lain minimal yaitu bisa membaca kitab I’anatutthalibin, berdomisili di Banda Aceh dan Aceh Besar dan didukung oleh minimal tiga pengurus cabang RTA.
Para peserta muktamar kemudian mengusulkan nama-nama yang diusung dan panitia kemudian memutuskan hanya dua nama yang memenuhi kriteria, yaitu Tgk Marbawi Yusuf dan Tgk Ismail Husen. Sebelumnya Tgk Marbawi adalah Katib ‘Am (sekjend) Pengurus Besar RTA periode 2015-2019. Sedangkan Tgk Ismail Husen merupakan ketua PC RTA Kota Banda Aceh.
Sebelum proses pemilihan, kedua calon memaparkan visi dan misinya dalam memperkuat gerakan santri Aceh, khususnya gerakan keilmuan dan sosial kemasyarakatan. Panitia juga memberikan peluang kepada peserta muktamar untuk mendepat kedua calon.
Seusai terpilih sebagai Rais ‘Am, Tgk Marbawi  menjelaskan tekadnya untuk melaksanakan program-program RTA dan mengembalikan eksistensi RTA sebagai organisasi penting di Aceh dan pemersatu gerakan santri Aceh.
“RTA komit menjadi garda terdepan sebagai mitra pemerintah dalam mengawal berjalannya Syaria'at Islam di Aceh. RTA Insya Allah juga akan terus membngun komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam membantu mewujudkan misi pemerintah ke depan, “ ujar Tgk Marbawi, Selasa malam, (9/4).
Ia juga menyampaikan tekadnya untuk menjadikan RTA sebagai pemersatu gerakan santri di Aceh dengan melebarkan kepengurusan dari berbagai dayah di Aceh. Selain itu iya juga bertekad untuk memperkuat soliditas dan konsolidasi gerakan santri Aceh dalam mengawal isu-isu sosial keagamaan dan kebangsaan. [Zulkhairi]

-----------
**** Profil  Tgk Marbawi Yusuf ****
Tgl lahir : Mns.Rayeuk 22 November 1982
Pendidikan : SD Nisam, SMP NISAM, SMA 1 Gandapura, Ma'had Mahyal Ulum al Aziziyah, dan sedang menyusun skripsi di STIS NU Aceh.

Pengalaman Organisasi:  
Sekretaris Umum Dayah Mahyal Ulum Sibree,
Sekjen RTA Aceh
Anggota Sekretariat PB HUDA
Pengurus Tastafi Aceh Besar.
Guru Dayah Mahyal Ulum al Aziziyah dan Dayah Ruhul Falah Aceh Besar.

Posting Komentar untuk "Tgk Marbawi Yusuf Terpilih sebagai Ketua Umum Rabithah Thaliban Aceh"