Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Hikam Di Masjid Agung Al-Falah Sigli, Insyaallah Rutin Setiap Jumat Akhir Bulan



Oleh Tgk.H. Muhammad Iqbal Jalil

Ada momen haru di pengajian Hikam perdana di Masjid Agung Al-Falah Sigli. Abi Zahrul Mubarrak (Abi MUDI) sebelum mengakhiri pengajiannya mengutarakan keberatannya dan merasa tidak pantas dalam mengasuh pengajian ini...

 

"Seubetoijih hana layak. Malee hate lon duek seumeubeut sinoe. Na Abu di sampeng (maksudnya, Abu Ismi Ketua MPU Pidie). Tapi Kiban ta peuget, han tu tuoh tulak syit ka geu yue le Abu." Ucap Abi dalam bahasa Aceh sebelum meminta kesediaan Abu Ismi untuk memimpin doa penutup.

 

Abu Ismi pun secara spontan menanggapi apa yang diutarakan oleh Abi MUDI.

 

"Memang secara usia Lon leubeh tuha. Watee Lon beut di MUDI awai Abi gohlom lahe. Watee nyan Abu MUDI baro glah 5, gohlom meukawen ngen Mi. Cuma nyoe Lon keuneuk peugah. Di gampong Lon na sidroe mantri (tidak terlalu jelas terdengar namanya) treb that ka geu peu ubat Ureung. Tapi jinoe aneuk gobnyan ka jeut keu dokter spesialis. Meunan keuh bandengan jih. Makanya Lon lakee Abi seumeubeut di Mesjid nyoe." Ucap Abu Ismi penuh tawadhu'.

 

Dalam sambutannya di awal Pengajian, Abu Ismi menjelaskan bahwa pemilihan kitab Al-Hikam adalah atas dasar inisiatif beliau. Beliau terinspirasi dengan pengajian Hikam yang diasuh oleh Kiay Muhammad Bakhiet di Kalimantan yang sering Beliau tonton melalui youtube. Kalau bukan karena jauh, beliau sangat ingin mengundangnya mengajar Hikam di sini.

 

Saat pengajian berlangsung, Abu Ismi sering bertanya kepada Abi MUDI beberapa hal yang berkenaan dengan materi awal dalam Muqaddimah Al-Hikam.

 

Rencananya untuk bulan depan,  Aby MUDI akan membaca syarah Syarqawi, sementara syarah Ibnu Ibad Ar-Randi dijelaskan isinya saja pada poin yang diperlukan, sehingga jamaah yang tidak bisa membaca kitab Arab pun dapat lebih merasakan manfaat dari Pengajian ini dan dalam satu kali pengajian bisa tuntas sekitar dua atau lebih dari kalam hikmah Ibnu Athaillah As-Sakandari.

 

Posting Komentar untuk "Kajian Hikam Di Masjid Agung Al-Falah Sigli, Insyaallah Rutin Setiap Jumat Akhir Bulan"