Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menlu Ukraina : Hubungan dengan Turki berada dalam Kondisi terbaik



Suara Darussalam |

Hubungan antara Ukraina dan Turki "dalam kondisi terbaiknya", kata menteri luar negeri Ukraina hari Jumat.

“Kami puas dengan tingkat pemahaman antara negara kami, antara pemimpin kami, dan dengan volume proyek, kedua negara kami terlibat,” kata Dmytro Kuleba dalam wawancara eksklusif dengan Anadolu Agency.

“Dalam pandangan saya, Anda tahu, hubungan baik antara Ukraina dan Turki itu baik, tidak hanya untuk kerja sama bilateral kita tetapi juga untuk kawasan secara keseluruhan,” menurut Kuleba.

Dia berkata, Ukraina akan terus berinvestasi dalam hubungan ini dan senang melihat Turki memiliki niat yang sama.

Diplomat Ukraina itu mengatakan negaranya menikmati kerja sama yang sangat baik dengan Turki dalam proyek Akinci, Unmanned Combat Aerial Vehicle (UCAV).

“Ini adalah proyek di mana kepercayaan dan mekanisme produksi dibangun antara Ukraina dan Turki. Jika kami berhasil dalam proyek Akinci, dan kami tampaknya berhasil, itu berarti kami dapat terlibat dalam proyek yang lebih ambisius ke dalam proyek atau untuk skala yang lebih besar yang akan berdampak lebih besar pada pasar dunia, ”katanya sambil menambahkan bahwa pesawat kargo Antonov proyek juga ada dalam agenda.

“Ada permintaan tinggi untuk pesawat kargo di dunia. Dan ada beberapa negara yang tertarik untuk bekerja sama dengan Antonov dalam mengembangkan proyek bersama. Kami menyimpan ini di atas meja dan kami akan mendiskusikan proyek ini atau program ini, ini lebih besar dari sebuah proyek, dengan rekan Turki kami. "

Format -Quadriga

Kuleba mengatakan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu akan mengunjungi Ukraina pada akhir Desember.

“Ini akan menjadi pertemuan pertama dalam format Quadriga. Quadriga adalah saat menteri luar negeri dan menteri pertahanan dari satu negara secara bersamaan bertemu dengan menteri pertahanan dan menteri luar negeri dari negara lain. Kami telah menetapkan format ini selama kunjungan terakhir Presiden [Ukraina] [Vladimir] Zelensky. Dia setuju dengan Presiden [Turki] [Recep Tayyip] Erdogan, ”katanya.

Format ini menunjukkan "keunikan kemitraan kami dan kedalaman keterlibatan kami dengan Turki".

Ukraina mendukung kedaulatan Azerbaijan

Ukraina telah mendukung integritas teritorial dan kedaulatan Azerbaijan dalam konflik Nagorno-Karabakh, kata Kuleba.

“Ukraina secara konsisten mendukung integritas teritorial dan kedaulatan Azerbaijan dan mendekati konflik di sekitar Nagorno Karabakh dari perspektif hukum internasional,” katanya.

“Saya percaya bahwa pelajaran utama dari eskalasi baru-baru ini, yang mengarah pada kesepakatan yang ditengahi, adalah bahwa tidak ada konflik yang membeku atau berlarut-larut di dunia ini. Setiap konflik, betapapun tenang atau terlupakannya pandangan pertama, pada saat tertentu dapat menjadi konflik yang memanas dan menjadi berita utama media dunia, ”menurut Kuleba.

“Ini sangat penting bagi kami di Ukraina karena kami memiliki agresi Rusia terhadap negara kami. Dan Krimea secara ilegal diduduki oleh Rusia. Tentara kita masih mati di timur. Ini konflik dengan intensitas rendah tetapi konflik itu ada. Jadi, tidak ada yang harus dilupakan. ”

Libya

Diplomat top itu mengatakan Ukraina memiliki posisi yang sama dengan Turki dalam hal konflik di Libya.

“Sebelum perang, kami menikmati hubungan yang sangat baik dengan Libya. Kami berdagang dengan mereka secara ekstensif. Kami akan terus mendukung semua kekuatan yang sah di Libya, yang akan menikmati olahraga dari komunitas internasional, yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa, ”kata Kuleba.

“Saya menghargai keterbukaan kolega Turki saya Mevlut Cavusoglu untuk terlibat dengan Ukraina dalam beberapa masalah khusus Libya. Jadi, kita berdialog dan kita punya kerja sama di bidang ini juga, ”tambahnya.


Sumber : Anadolu Agency

Posting Komentar untuk "Menlu Ukraina : Hubungan dengan Turki berada dalam Kondisi terbaik"