Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pusat Kebudayaan Aceh Turki Rekrut Relawan Muda



Banda Aceh, Suara Darussalam |

Organisasi antarbangsa Non Pemerintah, Pusat Kebudayaan Aceh-Turki (PuKAT) membuka kesempatan untuk muda-mudi di Aceh yang memiliki minat tentang hubungan sejarah Aceh, Aceh dan Turki untuk bergabung.

Sukarelawan PuKAT, Thayeb Loh Angen mengatakan, para calon sukarelawan akan mendapatkan fasilitas bimbingan secara periodik selama beberapa bulan.

"Para calon pengurus nantinya yang akan menjadi sukarelawan di PuKAT akan dibimbing oleh para ahli, akademisi, arkeolog, peneliti dan ahli lainnya," kata Thayeb di Banda Aceh, Sabtu (28/11/2020).



Thayeb merincikan, beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai volunteer di PuKAT, di antaranya berdomisili di Banda Aceh, usia 15-22 tahun dan bersedia ikut bimbingan.

Beberapa tema bimbingan yang akan disampaikan, kata Thayeb Loh Angen adalah Sejarah Aceh Darussalam dan Hubungan dengan Turki pada bulan pertama, dibimbing oleh Dr. Mehmet Ozay, Associate Professor, Ibn Haldun University, Turki dan Nia Deliana, Kandidat Doktor, Bidang Sejarah dan Peradaban, Universitas Internasional Islam Antrabangsa, Malaysia.


Thayeb melanjutkan, pada bulan kedua, bimbingan tentang Sejarah Aceh dari segi Epigrafi serta arkeologi Islam, dibimbing oleh Taqiyuddin Muhammad, seorang filsuf, epigraf, dan peneliti kebudayaan Islam.

Sementara pada bulan ketiga, tambahnya lagi, peserta juga akan dibimbing tentang cara menulis berita dan fotografi oleh Ariful Azmi Usman, jurnalis yang juga alumni Next Generation Academy Turki 2019.

Pada bulan keempat, April 2021, bimbingan langsung tentang menulis esai atau artikel umum seperti opini serta penulisan buku.


Pembimbing: Dr Teuku Zulkhairi, akademisi UIN Ar-Raniry, juga peserta pameran TURDEB (Turkiye Dergiler Berligi) 2015.


Bulan kelima Mei 2021, bimbingan langsung tentang menulis dalam bentuk susastra: puisi, nazam Aceh, cerpen, novel, Pembimbing: Thayeb Loh Angen (Penulis Novel Teuntra Atom dan Novel Aceh 2025).

Pada bulan keenam Juni 2021, bimbingan langsung bidang menulis jurnal ilmiah dan pola penelitian akademik. Pembimbing: Zahraini, S.Pd., M.Pd., kandidat doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Medan.


Bulan ketujuh Juli 2021, bimbingan langsung, bidang public speaking. Pembimbing: Teuku Anshar, presenter TV yang juga alumni Next Generation Academy Turki 2019

Penutup bimbingan pada bulan 8 Agustus 2021, berisi debat kebudayaan antar sukarelawan muda akan dipandu oleh semua anggota tim panitia.

Thayeb Loh Angen menyebutkan, bimbingan intensif PuKAT merupakan agenda adaptasi bagi calon pengurus untuk dapat memahami diskursus sejarah Aceh-Turki, Program ini akan berlangsung delapan bulan, pertemuan dilakukan dua kali perpekan.

Sebagaimana diketahui, PuKAT didirikan oleh Dr Mehmet Ozay, Nia Deliana, dan Thayeb Loh Angen pada tahun 2012. PuKAT telah mengadakan  berbagai seminar tentang kebudayaan, mengirim anak muda Aceh ke Turki, dan penelitian.

 Peserta yang ingin mendaftar bisa dilakukan melalui link bit.ly/DaftarPukat hingga 31 Desember 2020.[]

Atau klik link berikut ini : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfc8cif3beYBISMLBD36HmoM63mg8lzWZit1AGr8lW3DDO3ZQ/viewform

-------

Note: slayer yang ditampilkan disini adalah slayer yang belum direvisi. 

Posting Komentar untuk "Pusat Kebudayaan Aceh Turki Rekrut Relawan Muda"