Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azerbaijan dan Iran kecam sanksi Amerika terhadap Turki

Suara Darussalam |

Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengutuk keputusan AS yang menjatuhkan sanksi kepada Turki karena memasoknya dengan sistem pertahanan udara "S-400".

"Kami mengutuk keputusan sanksi, dan menganggap langkah ini sebagai latihan standar ganda terhadap Turki," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan Selasa.

Dia menyatakan bahwa kegagalan Amerika Serikat untuk menanggapi usulan Turki untuk menyelesaikan masalah ini melalui dialog dan diplomasi adalah "disayangkan."

Pernyataan tersebut menegaskan bahwa Azerbaijan selalu berpihak pada Turki, dan mendukung posisinya berdasarkan hukum dan keadilan internasional.

Kementerian Luar Negeri Azerbaijan menyerukan agar segera diambil langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut keamanan nasional Turki ini melalui dialog.

Washington menjatuhkan sanksi kepada Turki sesuai dengan CAATSA Punishment Act, yang disahkan pada Juli 2017 dan ditandatangani oleh Presiden Donald Trump, untuk mulai berlaku pada 2018.

Selain Azerbaijan, Iran juga ikut juga ikut mengecam sanksi Amerika kepada Turki.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengutuk "dengan keras" sanksi sepihak AS terhadap Turki, yang diberlakukan dengan latar belakang pembelian Ankara atas sistem pertahanan "S-400" dari Rusia.

Zarif mengatakan dalam tweetnya di Twitter, Selasa, bahwa Amerika Serikat, melalui sanksi sepihak terhadap Turki, sekali lagi menunjukkan pelanggaran hukum internasional dan kecanduan sanksi.

Dia menambahkan, "Kami mengutuk keras sanksi AS baru-baru ini terhadap Turki, dan kami mendukung rakyat Turki dan pemerintah mereka." [Anadolu Agency Arabic]

 

 

Posting Komentar untuk "Azerbaijan dan Iran kecam sanksi Amerika terhadap Turki"