Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernyataan Iran memicu kontroversi di Afghanistan



Suara Darusalam
| Wawancara dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif yang menunjukkan keterlibatan dan campur tangan Teheran di Afghanistan telah memicu kontroversi.

Berbicara dengan penyiar berita swasta Tolo Afghanistan, Zarif mengakui sekitar 2.000 warga Afghanistan bertempur bersama pasukan pro-rezim di Suriah di bawah brigade Fatemiyoun, milisi Syiah yang didukung oleh Teheran.

"Di Suriah, kami mendukung mereka di bawah kepemimpinan Hafiz Bashar Assad. Dia membuat keputusan dan kami menerapkannya. Di Afghanistan, kami siap untuk mendukung mereka [Fatemiyoun] di bawah kepemimpinan pemerintah Afghanistan [dalam perang melawan Daesh], ”kata diplomat Iran itu.

Menanggapi sebuah pertanyaan, Zarif mengatakan kepada Tolo News "Taliban telah melakukan banyak tindakan teroris," dan "kami belum menghapus Taliban [dari daftar] kelompok teroris".

Menteri luar negeri Iran mengklaim Teheran tidak memasok senjata ke Taliban dan juga tidak merawat militan yang terluka.

Taliban melalui pernyataannya bereaksi tajam terhadap pernyataan tersebut.

“Imarah Islam [Taliban] tidak ada dalam daftar teror PBB dan komentar Menteri Luar Negeri Iran dalam hal ini didasarkan pada informasi yang salah. Kami mendesak pejabat Iran untuk tidak memperburuk kepekaan Afghanistan dengan pernyataan tidak bertanggung jawab seperti itu, ”kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed.

Penulis dan komentator politik yang berbasis di Kabul, Syed Iqbal, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pandangan Zarif cukup sejalan dengan sikap pemerintah Afghanistan dalam perundingan perdamaian yang bermasalah.

“Ini tidak diragukan lagi seperti banyak negara kawasan. Iran juga terlibat dalam perang proxy yang sedang berlangsung di sini, tetapi sejauh menyangkut pemerintah Afghanistan, satu-satunya bagian yang kontroversial [dalam wawancara] adalah komentar Zarif tentang Fatemiyoun, ”katanya kepada Anadolu Agency.

Kabul menjauhkan diri

Komentar Zarif datang ketika Penasihat Keamanan Nasional pemerintah Afghanistan Hamdullah Muhib mengunjungi Teheran sebagai bagian dari rencana penjangkauan regional pemerintah Kabul untuk perdamaian di negara yang dilanda perang itu.

Graan Hewad, juru bicara Kementerian Luar Negeri di Kabul, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pemerintah Afghanistan memiliki 'pandangan yang berbeda'. "Konstitusi, kepentingan nasional dan kebijakan luar negeri Afghanistan tidak mengizinkan warga Afghanistan, yang diharapkan berada di bawah bendera nasional, untuk memasuki perang regional dan konflik di berbagai negara."

Human Rights Watch dua tahun yang lalu menuduh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran merekrut anak-anak imigran Afghanistan yang tinggal di Iran untuk berperang di Suriah untuk pasukan rezim.

Pengawas mencatat dalam sebuah laporan bahwa anak-anak Afghanistan di Iran semuda 14 tahun telah bertempur di divisi Fatemiyoun, sebuah kelompok bersenjata eksklusif Afghanistan yang didukung oleh Iran yang berperang bersama pasukan pemerintah dalam konflik Suriah.

Badan pengawas tersebut sebelumnya mendokumentasikan kasus pengungsi Afghanistan di Iran yang "mengajukan diri" untuk berperang di Suriah dengan harapan mendapatkan status hukum bagi keluarga mereka. [Yeni Safak / AA]

Posting Komentar untuk "Pernyataan Iran memicu kontroversi di Afghanistan"