Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qatar menegaskan kembali sikap 'dalam mendukung rakyat Palestina'



Suara Darussalam |

Qatar telah menegaskan kembali pendiriannya "dalam mendukung rakyat Palestina dan tujuan mereka" hanya beberapa hari setelah Maroko menjadi negara terbaru yang mengumumkan normalisasi hubungan dengan Israel.

Dalam pertemuan dengan Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas di Doha pada hari Senin, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengkonfirmasi sikap Qatar dalam mendukung perdamaian berdasarkan Inisiatif Perdamaian Arab, solusi dua negara dan resolusi internasional yang sah.

Dalam tweetnya, Sheikh Tamim juga "menekankan pentingnya persatuan di antara barisan Palestina".

Kunjungan Abbas terjadi di saat sejumlah negara Arab telah menormalisasi hubungan dengan Israel, termasuk negara-negara Teluk, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Pekan lalu, Israel dan Maroko  sepakat untuk menormalisasi hubungan dalam kesepakatan yang ditengahi dengan bantuan Amerika Serikat, menjadikan Maroko negara Arab keempat yang mengesampingkan permusuhan dengan Israel dalam empat bulan terakhir.

Raja Maroko Mohammed mengatakan kepada pemimpin PA Abbas bahwa Rabat mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Sebagai bagian dari perjanjian, Presiden AS Donald Trump setuju untuk mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, di mana telah terjadi perselisihan teritorial puluhan tahun dengan Maroko yang diadu melawan Front Polisario yang didukung Aljazair, sebuah gerakan memisahkan diri yang berusaha untuk mendirikan sebuah kemerdekaan. negara bagian di wilayah tersebut.

Warga Palestina telah mengkritik kesepakatan normalisasi, dengan mengatakan negara-negara Arab telah membatalkan tujuan perdamaian dengan meninggalkan permintaan lama bahwa Israel menyerahkan tanah untuk sebuah negara Palestina sebelum dapat menerima pengakuan.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani sebelumnya mengatakan negara-negara Arab yang telah menormalkan hubungan dengan Israel telah merusak upaya untuk mendirikan negara Palestina.

Dia menekankan perlunya membentuk front persatuan Arab untuk mengutamakan kepentingan Palestina dan mengakhiri pendudukan Israel. [Al Jazeera]


Posting Komentar untuk "Qatar menegaskan kembali sikap 'dalam mendukung rakyat Palestina'"