Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki mengutuk agresivitas Iran atas puisi yang dibacakan Erdoğan

Direktur Komunikasi Fahrettin Altun (AA)

Suara Darussalam |

Ankara mengutuk sikap agresif Iran terhadap Presiden Recep Tayyip  Erdoğan dan Turki atas pembacaan puisi selama upacara di Azerbaijan, sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu oleh Direktur Komunikasi Fahrettin Altun dibacakan, menekankan bahwa makna puisi itu telah disingkirkan dari konteks.

"Ada upaya terus-menerus untuk memicu ketegangan artifisial atas puisi yang dibacakan Presiden pada parade kemenangan di Baku, yang diadakan untuk menandai pembebasan tanah Azerbaijan dari pendudukan Armenia," kata pernyataan itu. Puisi yang dibacakan presiden mencerminkan "pengalaman emosional dari orang-orang yang dirugikan" akibat pendudukan Armenia, lanjutnya, mengatakan bahwa tidak ada referensi ke Iran atau negara lain dalam hal ini.

Pembagian peta Iran selama kekaisaran Safawi (1501-1722) oleh Menteri Informasi Iran Mohammad-Javad Azari Jahromi semakin meningkatkan kampanye anti-Turki, kata Altun, menekankan bahwa langkah seperti itu merugikan dalam upaya berkelanjutan untuk mempromosikan perdamaian di wilayah tersebut.

"Kami tidak mungkin mentolerir klaim semacam itu atas wilayah kedaulatan Turki atau negara lain," bunyi pernyataan itu.

Altun mengingatkan dalam pernyataannya bahwa Turki berdiri dalam solidaritas dengan negara dan rakyat Iran, terlepas dari risiko harus menanggung tekanan internasional, menyerukan Iran untuk menggunakan sejarah bersama rakyat mereka untuk mempromosikan agenda positif - daripada permusuhan.

Kementerian Luar Negeri Turki memanggil duta besar Iran pada Jumat setelah Iran sebelumnya memanggil duta besar Turki untuk negara itu karena puisi itu.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengklaim bahwa puisi yang dibacakan Erdoğan menargetkan integritas teritorial Iran.

Pada hari Kamis, Erdogan menghadiri parade kemenangan di ibu kota Azerbaijan, Baku, untuk menandai keberhasilan militer negara itu baru-baru ini dalam membebaskan Nagorno-Karabakh dan wilayah sekitarnya dari hampir 30 tahun pendudukan Armenia. [Dailysabah]

Posting Komentar untuk "Turki mengutuk agresivitas Iran atas puisi yang dibacakan Erdoğan "