Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mad atau Hukum Bacaan Panjang Mad, Pembagian Mad dan Contoh-Contoh Bacaan Mad

Assalamu'alaikum wr wb.

Sobat sekalian, tentu sudah tahu ya bahwa bacaan Alquran kita akan bermasalah jika kita tidak tahu hukum bacaan panjangnya. Jika kita tidak tahu bacaan panjang atau disebut dengan mad tentu bacaan Alqura kita akan salah. 

Jika bacaan Alquran yang kita baca salah, maka kita tidak aka memperoleh pahala dari bacaan Alquran yang kita baca. Malah kita bisa jatuh kepada dosa. Oleh sebab itu kita mesti bisa baca Alquran dengan benar agar kita memperoleh pahala besar dari membaca Alquran.

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ# لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Mahapengampun, Mahapensyukur." (QS Fathir: 29-30).

 Selain itu, yaitu Hadis Rasulullah Saw berikut ini:

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Dari ayat dan hadis di atas, jelas menunjukkan keutamaan yang sangat besar orang-orang membaca Alquran.

Dan salah satu caranya agar bacaan Alquran kita memperoleh pahala dan keutamaan yang besar yaitu dengan memahami hukum-hukum bacaan Alquran yang diajarkan dalam ilmu tajwid. Salah satu yang diajarkan dalam ilmu tajwid yaitu dengan memahami hukum bacaan mad atau huruf-huruf yang dibaca panjang. 

Nah, disini silahkan bapak ibu sekalian menyimak penjelasan tentang mad ya... Berikut juga contoh-contohnya. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya dunia dan akhirat. Semoga sukses ya Bapak Ibu...

wassalam

Pengasuh blog SuaraDarussalam.id























Posting Komentar untuk "Pengertian Mad atau Hukum Bacaan Panjang Mad, Pembagian Mad dan Contoh-Contoh Bacaan Mad"