Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Film Ertughrul membangkitkan imajinasi Muslim dunia [bersambung]

Penekanan Ertugrul pada keadilan terhadap non-Muslim dalam serial tersebut tampaknya menunjukkan seperti apa aturan Islam itu. (TRT / ilustrasi Mohamad Elaasar)

SuaraDarussalam.id - Film yang didanai oleh pemimpin Libya Muammar Gaddafi dan disutradarai oleh Moustapha Akkad ini menceritakan kisah Omar Mukhtar, revolusioner legendaris Libya dan Senussi yang berjuang melawan kolonialisme Italia pada awal abad ke-20.

Ketika film tersebut masuk ke bioskop di seluruh dunia pada tahun 1981, gerakan perlawanan dari Palestina ke Kashmir meminjam kata-kata orang tua Mukhtar (diperankan oleh Anthony Quinn), seorang guru yang berubah menjadi komandan pemberontak yang menghadapi Italia fasis pada puncaknya. .

“Kami telah melawan Anda selama 20 tahun. Dan dengan pertolongan Tuhan, kami akan tinggal bersamamu, sampai akhirmu, ”kata Mukhtar kepada orang-orang Italia dalam film tersebut.

Mukhtar dan kelompoknya yang terdiri dari beberapa ratus pejuang Badui dengan menunggang kuda, bersenjatakan senapan dan mengenakan jalabiya menghadapi tentara Italia modern yang dipersenjatai dengan tank dan senapan mesin yang melakukan kekejaman luar biasa terhadap orang Afrika Utara, termasuk memisahkan keluarga, membakar tanaman dan ladang, dan membangun kamp konsentrasi yang menewaskan puluhan ribu.

Mukhtar menolak untuk menanggapi dengan cara yang sama, berpegang pada etika perang Islam yang percaya pada martabat, bahkan terhadap musuh. Di Italia sendiri film tersebut dilarang dirilis dan tidak diputar di TV hingga 2009.

Mukhtar, sebagai seorang ulama, pejuang dan sufi, berjuang dalam cetakan Imam Ali, sepupu tercinta Nabi Muhammad dan khalifah keempat Islam Sunni. Omar Mukhtar dikenal sebagai "Singa Gurun" karena keberaniannya: Nabi menyebut Ali sebagai Asadullah, yang berarti " Singa Tuhan " dalam bahasa Arab.

Dalam ulasannya di New York Times , kritikus Drew Middleton menggambarkan Lion of the Desert , yang dibintangi bersama Oliver Reed dan John Gielgud, kurang bernuansa dan menampilkan orang Italia lebih keras dari yang mungkin mereka lakukan.

“Kampanye Italia di Libya tetap sebagai contoh imperialisme yang tak terkendali [tetapi] beberapa penonton bioskop mungkin bertanya-tanya apakah film tersebut adalah kendaraan propaganda untuk tujuan Arab. [Akkad] adalah seorang Arab dan karena itu simpatinya ada pada Mukhtar dan orang-orangnya yang ceria. "

Bagi mereka yang tidak menemukan Lion of the Desert di layar bioskop mereka, film itu akhirnya masuk ke kaset VHS di seluruh dunia, dibajak dan diputar untuk pejuang yang menentang pendudukan dan pengunjuk rasa yang menentang otoritarianisme.

Seorang Libya, bekerja sama dengan negara Italia, mendesak Mukhtar untuk mematuhi penjajah. “Mereka adalah pemerintah negara ini,” pintanya.

"Tidak," jawab Mukhtar. "Mereka merebut tanah ini pada siang hari. Tapi demi Tuhan, kami mengambilnya kembali pada malam hari. "

“Anda tidak dapat memenangkan perang ini,” lanjut kolaborator, “darah Anda melawan logam mereka.”

Hollywood dan Muslim

Lion of the Desert menginjak-injak kesopanan modernitas barat yang diterima dan merupakan anomali sinematik dalam penggambaran perlawanan terhadap kolonialisme abad ke-20. Bagi Muslim di seluruh dunia, Omar Mukhtar bukan hanya pahlawan Libya, dia adalah simbol cita-cita pan-Arab, pahlawan Muslim, anti-imperialis yang teguh melawan ketidakadilan, berjuang dengan berani dan anggun selama 20 tahun.

“Ini adalah tugas kita kepada Tuhan untuk membela diri kita sendiri terhadap mereka yang telah mengusir kita dari rumah kita,” kata Mukhtar di layar.

Epik ini dirilis saat penayangan TV meningkat secara global, dengan pengenalan dan ledakan video. Namun, jumlah film arus utama atau produksi tingkat tinggi yang berani menceritakan tingkat kejahatan imperialis terhadap masyarakat Muslim atau pemimpin Muslim yang dihormati hanya sedikit.

Pada akhir 1980-an dunia dikejutkan oleh akhir Perang Dingin. Penjahat Hollywood berubah dari pria tangguh Soviet menjadi pria Muslim berkulit coklat dengan handuk melilit kepala mereka: bahkan blockbuster jinak Back to the Future (1985) menggambarkan teroris yang dibuang sebagai Muslim dan Arab (secara kebetulan, dalam hal ini, Libya). Itu hanya menjadi lebih buruk selama akhir 1980-an dan 1990-an dengan penawaran blockbuster seperti Rambo III (1988), True Lies (1994) dan Keputusan Eksekutif (1998) yang memperdalam karikatur.

Satu-satunya film pada saat itu yang memuat tokoh-tokoh Muslim dengan kualitas penebusan adalah biografi para superstar, seperti Malcolm X (1992) dan Ali (2001): bahkan kemudian, ini adalah film-film biopik orang Amerika yang identitas agamanya insidental atau diremehkan.

Pasca 9/11 dan kritik tajam mencapai kedalaman baru dalam acara TV dan video game seperti 24,  Homeland and the Call of Duty franchise, karena Muslim dibuat untuk menjilat sepatu imajinasi Barat yang penuh dendam dan pendendam.

Sementara itu, invasi pimpinan Barat di Timur Tengah dan Afghanistan semakin dalam, meninggalkan jejak rezim klien dan menghancurkan negara-negara mayoritas Muslim di berbagai wilayah. Para remaja yang dulunya mengendalikan karakter virtual di arcade video-game lingkungan sekarang mengoperasikan drone Angkatan Udara AS, melayang di atas Yaman, Pakistan, dan Somalia untuk mengambil nyawa Muslim.

Di layar lebar, seperti dalam kehidupan nyata, Omar Mukhtar ditangkap dan diarak ke para penindasnya. “Kami tidak akan pernah menyerah. Kami menang, atau kami mati, ”Mukthar memberitahu jenderal Italia itu setelah penangkapannya. “Dan jangan berpikir itu berhenti di situ. Anda akan memiliki generasi berikutnya untuk diperangi; dan setelah berikutnya, berikutnya. Bagi saya, saya akan hidup lebih lama dari algojo saya. "

Pada 16 September 1931, Mukhtar digantung di depan 20.000 orang di kamp konsentrasi di Suluq.... 

Bersambung :

1. Ertughrul : kebangkitan sosok legenda

2. Ertughrul dalam do'a Ibnu Arabi

3. Ertughrul, harapan dan Khasmir

 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Film Ertughrul membangkitkan imajinasi Muslim dunia [bersambung]"