Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu itu rezeki



Oleh Fauzan Inzaghi

Sebagaimana Tuhan telah menetapkan rezeki yang akan didapatkan setiap manusia, begitu juga dengan ilmu. Tuhan sudah menetapkan ilmu yang akan kita dapatkan.

Jika Tuhan memerintahkan kita untuk berikhtiar mengetuk pintu rezeki dengan bekerja dan sesuai adab-adab yang diajarkan, begitu juga dengan ilmu Tuhan memerintahkan kita untuk mengetuk pintu ilmu sesuai dengan adab-adab yang diajarkan.

Jika Tuhan mengajarkan apa tujuan manusia mencari rezeki dan hakekatnya agar manusia tau kenapa dia harus mencari rezeki dan apa tujuan yang ingin dia capai dengan rezeki, begitu juga dengan ilmu dimana ajaran Tuhan juga sama jadi jangan salah niat dan tujuan dalam mencari ilmu.

Sebagaimana Tuhan mengarahkan kita agar tetap bersabar jika rezeki yang didapat sedikit walaupun sudah berikhtiyar secara maksimal dalam mengetuk pintu rezeki. 

Begitu juga dengan ilmu, arahan Tuhan juga sama, dimana jika kita belum mendapatkan apa yang dibicarakan orang lain tentang keluasan ilmu tapi kita gak mendapatkannya ya jangan kecewa berlebihan. 

Walau setelah ikhtiar ilmu yang kita dapatkan sedikit, kita mesti tetap ikuti arahan Tuhan

Karena jatah ilmu kita sudah ditetapkan, jika gak didapat di jalan ini, maka allah buka pintu lain, yang pasti akan kita dapatkan sesuai ketetapan, karena intinya bukan banyak sedikit, tapi keberkahan dan keiklasan dan tentu saja didapatkan dengan cara bersyukur dengan apa yang ada walau sedikit. 

Karena Tuhan mengatakan jika kita bersyukur pada suatu nikmat maka Allah akan tambahkan nikmatnya, kita ga tau futuh ilmu itu bagaimana. Bisa jadi dengan ilmu pas-pasan malah itu malah wasilah untuk mencapai futuh

Ya karena ilmu itu rezeki, maka seharusnya kita meminta diberi ilmu pada yang maha memberi ilmu, bukan pada makhluk, sebagaimana kita memohon diberi rezeki pada arrazaq yang maha memberi rezeki bukan pada makhluq. 

Makanya doa dalam mencari ilmu "rabby zidny ilma, warzuqny fahma" lalu di lanjutkan dengan penyerahan toatal pada ilmu yang didapat "radhitu billahi rabba, wa bil islami dina, wa bi muhammadin nabiyan wa rasula". Doa yang sangat detai dalam pencarian ilmu, ridha Tuhan dan ridha Tuhan.


Posting Komentar untuk "Ilmu itu rezeki"