Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partai Keadilan dan Pembangunan: 'Turki tetap menjadi satu-satunya tempat perlindungan bagi yang tertindas'

Juru Bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), Omer Celik membuat pernyataan kepada anggota pers setelah pertemuan Dewan Eksekutif Partai AK (MYK) di Markas Besar Partai AK di Ankara, Turki pada 4 Januari 2021. [Emin Sansar - Anadolu Agency]

SuaraDarussalam.id - Partai Keadilan dan Pembangunan Turki telah mengumumkan bahwa: "Sejarah adalah saksi dari pembelaan Turki untuk martabat manusia, dan bantuannya kepada orang-orang Yahudi ketika mereka melarikan diri dari kematian dan menghadapi genosida."

Ini datang dalam tweet oleh Juru Bicara partai yang berkuasa Omer Celik pada hari Rabu, pada kesempatan Hari Peringatan Holocaust Internasional.

Dalam tweetnya, Celik menjelaskan bahwa Holocaust adalah contoh kebencian dan permusuhan yang ditanggung sebagian orang terhadap orang lain.

Dia menambahkan: "Genosida terhadap orang Yahudi tidak kalah brutal dari apa yang terjadi hari ini ketika para pengungsi, termasuk wanita dan anak-anak, dibiarkan tenggelam di laut dalam perjalanan mereka ke Eropa sementara semua orang menonton."

Pejabat Turki itu menjelaskan: "Turki adalah tempat perlindungan bagi orang-orang Yahudi yang tidak berdaya yang melarikan diri dari kematian di masa lalu, dan hari ini masih menjadi satu-satunya tempat perlindungan bagi mereka yang teraniaya dan melarikan diri dari kematian."

Menurut Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Turki telah memberikan perlindungan internasional kepada hampir empat juta pengungsi, dan masih menjadi tuan rumah bagi pencari suaka dalam jumlah terbesar di seluruh dunia, selama enam tahun terakhir.

Pada 27 Januari setiap tahun, komunitas Internasional memperingati Hari Peringatan Holocaust Internasional sesuai dengan resolusi yang dikeluarkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Turki termasuk di antara negara-negara yang mengajukan rancangan resolusi tersebut pada tahun 2005.

Erdogan Turki: Islamofobia, xenofobia harus dihentikan

Dunia harus melangkah untuk menghentikan Islamofobia dan xenofobia, wabah yang telah menyebar berbahaya dalam beberapa tahun terakhir dengan bantuan platform digital, kata presiden Turki, Rabu.

"Komunitas internasional harus mengambil tindakan agar tragedi seperti Holocaust, Bosnia, Rwanda, dan Kamboja tidak pernah terulang," kata Recep Tayyip Erdogan dalam pesan video yang menandai Hari Peringatan Holocaust Internasional.

Erdogan mengatakan bahwa meskipun umat manusia sedang berjuang melawan pandemi, ia juga memerangi "virus rasisme" yang semakin meluas.

Dia mencela peningkatan "serius" dalam tindakan kekerasan terhadap tempat ibadah seperti masjid, sinagog, dan gereja. 

"Kejahatan kebencian terhadap beberapa sektor masyarakat dengan identitas etnis, agama, bahasa, dan penampilan yang berbeda telah meningkat setiap hari."

Terorisme rasis telah berubah menjadi ancaman keamanan yang merusak perdamaian masyarakat dan keinginan orang untuk hidup berdampingan, kata Erdogan.

"Tanda-tanda Holocaust, genosida Bosnia, Rwanda, dan Kamboja, di mana jutaan orang kehilangan nyawa, terbukti dengan diskriminasi sistematis, marginalisasi, dan meningkatnya ujaran kebencian jauh sebelum pembantaian ini," dia memperingatkan.

Ia menekankan bahwa genosida ini berfungsi sebagai pengingat bagi komunitas internasional untuk memerangi segala jenis diskriminasi dan mencegah kejahatan terhadap kemanusiaan.

Ini bukan sekedar "sikap moral yang harus diadopsi oleh setiap negara, tetapi juga kewajiban kontrak berdasarkan Konvensi PBB 1948 tentang pencegahan dan penghukuman kejahatan genosida," kata Presiden.

Erdogan mengatakan bahwa dalam konteks ini, setiap organisasi internasional, pemerintah, organ media, politisi, kelompok masyarakat sipil, kelompok agama, dan pemimpin opini memiliki "peran penting" untuk dimainkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Turki telah melakukan upaya dalam hal ini di platform internasional, khususnya Alliance of Civilizations Initiative.

Erdogan juga mengutip kebijakan pintu terbuka Turki tentang pengungsi, dengan mengatakan: "Kami melindungi semua orang yang berlindung di negara kami terlepas dari keyakinan, bahasa, dan asal mereka."

"Pada kesempatan ini, saya dengan hormat memperingati para korban genosida dan berharap masa depan di mana semua jenis diskriminasi akan berakhir, dan kejahatan terhadap kemanusiaan tidak lagi dialami," pungkas Erdogan. [Middleeastmonitor/Anadolu Agency]

Posting Komentar untuk "Partai Keadilan dan Pembangunan: 'Turki tetap menjadi satu-satunya tempat perlindungan bagi yang tertindas'"