Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernikahan itu mencari ketenangan, cinta dan kasih sayang

Ilustrasi suami istri. Foto: internet


PERNIKAHAN ITU MENCARI KETENANGAN, CINTA DAN KASIH SAYANG

Oleh Haqqul Yakin - pakar Fiqh keluarga muslim.

Jadi pernikahan itu adalah sarana bukan tujuan. Sehingga setiap muslim dan muslimah harus memahami ini. Sehingga tidak salah kaprah di dalam ibadah terpanjang dan terintens ini.

Diharapkan dari persepsi yg benar ini, akan terlahir pernikahan yg muntijah (produktif) baik buat kesalehan pribadi antara dua anak adam maupun keluarga dan anak keturunannya kelak serta masyarakat yg harmonis.

Tapi realitasnya banyak yg melupakan tujuan pernikahan sehingga banyak yang oleng dalam mengelola miniatur terkecil dari peradaban suatu bangsa.

Maka jangan heran tingginya tingkat perceraian di dalam masyarakat karena tidak paham bahwa ketenangan, cinta dan kasih sayang bukan paket bundling pernikahan. Tetapi ia adalah usaha yg terus menerus dari sepasang kekasih untuk bisa fokus pada tujuan pernikahan yang jauh visinya sampai ke surga. Asyik... Asyik... Aaamiin Yaa Robb.

Kita perlu mengkaji lagi QS Arrum ayat 21, Allah menciptakan perempuan itu sebagai sakan. Sakan itu ketenangan diibaratkan seperti rumah atau tempat tinggal. Maka rumah yg baik itu yg bikin tenang penghuninya. Maka di sini peran istri adalah menenangkan suami membuat betah bersamanya, untuk beralama2 dengannya. 

Kalo seorang istri bertanya gimana menjadi istri terbaik. Tanya balik saja menurut kamu rumah terbaik yg bagaimana??

Rumah yg ada gula2nya (cemilan)hehe. Rumah yg luas. Rumah yg ada fungsi menghangatkan ketika cuaca dingin menusuk. Rumah yg ada fungsi mendinginkan ketika cuaca sedang panas menyengat. Rumah yang banyak sarana menghilangkan stres (kebun, kolam ikan dll). 

Rumah yg terintegrasi dengan teknologi cangih via control remote, jari atau suara (canggih amat hehe). Yang tidak kalah penting rumah yg ada satpam atau cctvnya sehingga membuat pemiliknya merasa aman ketika meninggalkan rumahnya.

Banyak ya kriteria rumah terbaik hehe berat nih bapak-bapak... Istri kita pinginnya rumah yang mantap deh.

Maka seperti itulah harusnya seorang istri dia bisa menghadirkan hal-hal yg manis yg membuat sang suami rindu pingin cepat pulang. 

Dia menjadi pribadi yang lues yang bisa memberi perasaan lega bagi suaminya yg mungkin banyak menghadapi masalah di luar sana. Dia bisa menjadi teman yg menghangatkan ketika pasangannya dalam kondisi ketakutan atau kekhawatiran. 

Dia selalu bisa mencairkan suasana ketika sang suami sedang dalam kondisi stres depresi dan marah. Dia menjadi seorang istri yg fast respon thd setiap permintaan apalagi perintah suaminya (selama tidak maksiat tentunya). 

Dia tidak selalu kehilangan akal untuk menghadirkan hal-hal yang membuat suaminya enjoy with her dan merefresh kondisi suami yg sudah penat dengan problematikanya. Dan yang terpenting adalah istri bisa menjaga diri dan harta suami ketika berjauhan setelah Allah menjaganya.

Tentang istri yg bisa menjadi Sakan (tempat tinggal terbaik) bagi suami ini terangkum dalam sabda baginda Rasulillaah Saw: 

وقد روى ابن المبارك عن سعيد بن ابي سعيد عن ابيه عن ابي هريرة , قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :خير النساء امرأة إذا نظرت إليها سرتك, وإذا أمرت أطاعتك , وإذا غبت عنها حفظتك في مالها ونفسها

“Diriwayatkan dari Ibnu mubarak, dari Sa’id bin Abi Sa’id, dari Bapaknya, dari Abu Hurairah, berkata : Rasulullah SAW bersabda : Sebaik-baiknya perempuan adalah perempuan yang ketika kamu melihatnya ia membahagaiakanmu, saat kamu memerintahnya ia mentaatimu, dan saat kamu tidak ada maka ia akan menjaga harta dan dirinya.”

Wah kok jadi istri doang nih yg dibahas, suami bagaimana?? Enak aja. Pernikahan itu adalah usaha dua anak adam untuk mencapai sakinah mawaddah warohmah. Tapi kita fokus kali ini pada tujuan pertama sakinah.

Ketika istri diibaratkan tempat tinggal maka kewajiban sang suami adalah merawat rumah tersebut karena kebahagiaannya terletak pada rumah tsb. Menjaga rumah dengan merawat dan menghiasi rumah tsb. Hah inilah pentingnya infaq nafkah lahir batin bagi istri. 

Sebagaimana rumah harus ditinggali biar terasa adem dan awet itulah fungsi nafkah batin (perempuan2 kalian adalah ladang kalian). Sedangkan menyapu, mengepel mencat ulang mendekor (makanan bergizi,make up, baju,perhiasan) itu butuh biaya inilah fungsi nafkah lahir. 

Jadi penuhilah dua hal ini maka kamu akan dapati istrimu adalah rumah impianmu. Just Do it!

#ngajisantai
#uhy
#istrisholehah
#pernikahanitusakan
#bersambung

Haqqul Yakin dan istri


Posting Komentar untuk "Pernikahan itu mencari ketenangan, cinta dan kasih sayang"