Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah pandemi, Turki akan semakin mengejutkan dunia pada tahun 2021!


Oleh İbrahim Karagül  - Kolumnis Yeni Safak

Terlepas dari apa yang dikatakan orang, terlepas dari kebohongan yang mereka putar di dalam negeri, terlepas dari banyaknya kejahatan yang mereka sebarkan, Turki akan terus meningkat pada tahun 2021. Faktanya, kebangkitannya akan semakin dipercepat.

Anda tidak dapat melihat ini hanya dengan melihat melalui lensa peristiwa di Turki. Anda bisa melihatnya dengan mempertimbangkan perkembangan global, dengan mengikuti diskusi yang berpusat di Turki di seluruh dunia. Setiap orang yang mampu melindungi diri mereka sendiri dari gelombang pikiran jahat yang meracuni akan memahami hal ini.

Turki mengejutkan dunia. Mereka tidak pernah memprediksikan semua ini!

Turki menyatakan dirinya sebagai salah satu kekuatan paling kuat dan paling dinamis di wilayah luas yang mencakup Kaukasus dan Afrika Utara, Afrika Tengah dan Teluk Persia, Asia Tengah, Balkan, dan pantai Samudra Hindia dan Laut Hitam.

Itu telah membuktikan dirinya sebagai penguasa yang melemahkan dan mengurangi kehadiran mereka yang telah memerintah di daerah-daerah ini selama berabad-abad. Itu tekuk untuk bersaing dan menyelesaikan skor dengan kekuatan terbesar di poros utama bumi.

Ini adalah tindakan yang tidak pernah bisa diramalkan dalam rencana mana pun yang menargetkan tatanan, kekuatan, atau tren global abad ke-21. Turki akan terus bekerja sama dengan Barat, tetapi juga akan mengikuti kebijakan yang seimbang secara ekonomi dan politik dengan Timur. Itu akan menjadi kekuatan afiliasi yang secara bersamaan mendukung pakta Barat dan negara yang diduduki dengan rencana kekuatannya.

Mengapa ini membuat Barat menjadi hiruk pikuk?

Dunia akan terbagi menjadi dua kubu berbeda: Timur dan Barat. Pada kuartal ketiga abad ke-21, akan ada konflik kekuatan yang luar biasa antara kedua front ini, dan konflik ini akan menentukan masa depan dunia.

Turki adalah satu-satunya yang tidak pernah mereka lihat akan datang. Itu membuat lompatan yang bijaksana. Ini mengembangkan wacana politik yang akan menyebabkan transformasi sistematis di dalam, menjadikannya kekuatan paling efektif di kawasan, dan memicu dampak yang kuat dalam sistem internasional baru. Inilah alasan yang mendasari kepanikan AS dan UE, dan kepanikan di ibu kota Barat, seperti contoh Prancis.

Turki sedang mencoba mengirim pesan kepada massa yang terjebak di antara Timur dan Barat, ke negara-negara dan negara-negara yang terkutuk oleh dua opsi ini saja. Dikatakan bahwa wilayah yang membentang di pantai Atlantik dan Pasifik tidak perlu menjadi panggung konflik untuk kedua front ini, bahwa mereka dapat membangun kekuatan mereka sendiri, sambil menunjukkan dengan contoh bahwa hal ini dimungkinkan.

Turki terlibat dalam diplomasi atau berada di garis depan dengan negara adidaya dunia. Kejutan sesungguhnya dimulai pada 2021

Turki mempertaruhkan semua ancaman dan upaya semacam itu, melakukan perjuangan luar biasa untuk mengatasi ancaman ini. Itu bisa duduk di meja negosiasi dengan negara adidaya dunia atau menghadapi mereka di garis depan.

Secara bersamaan, ini membuka area bersama bagi negara-negara kawasan dan aktor global, dan membuat proposal yang kuat untuk membangun dunia yang adil. Turki mencapai ini menjelang akhir tahun 2020, dan memperoleh pengakuan dunia sebagai negara yang sedang berkembang.

Namun, kami akan mengamati perkembangan yang benar-benar mengejutkan mulai sekarang. Kita akan melihat bagaimana kekuatan besar mengklaim sejarahnya, mengklaim masa kini, perannya yang mengubah permainan, warisan pembangunan wilayahnya. Dunia akan menyaksikan versi Turki yang jauh lebih dominan yang telah dipantau hingga 2020.

Bukan tindakan acak tapi diperhitungkan dengan cermat

Ini karena setiap tindakan yang diambil Turki, setiap upaya, setiap sentuhan, setiap posisi dan sikap tidak sewenang-wenang, konjungtural, atau ditujukan untuk menghasilkan respons kepada negara mana pun. Mereka dipikirkan dengan baik, dihitung dengan cermat, direncanakan untuk jangka panjang, dan dibangun di atas interpretasi yang sangat baik dari tren regional dan global.

Mempertimbangkan hal tersebut, segala sesuatu yang telah dilakukan dan diraih Turki sejauh ini dapat dilihat sebagai sebuah permulaan, sebagai persiapan terakhir. Mulai saat ini, hubungan dengan AS, dengan Eropa, dengan negara-negara pembangun pusat seperti Rusia dan China, pembagian rasional dengan mereka akan dilakukan melalui negosiasi atau pertarungan berbasis kekuasaan.

Kerajaan dibawa hingga saat ini melalui perhitungan geopolitik yang bijaksana

Perhitungan geopolitik Turki yang bijak tidak boleh dirusak. Kita tahu bahwa ini adalah hasil dari warisan Seljuk, Ottoman, sejarah hubungan berabad-abad dengan Barat, krisis regional selama berabad-abad dengan kekaisaran Rusia, Perang Salib, dan pertambahan pengetahuan yang berasal dari masa Abbasiyah.

Kita akan mulai melihat bentuk-bentuk inisiatif geopolitik yang lebih luas, lebih dalam, dan lebih konkret pada tahun 2021. "Intelek Turki" akan muncul sebagai kecerdasan kerajaan yang melawan kemunduran Barat dan kebangkitan Timur.

Ini adalah rencana yang kami sebut sebagai "poros Turki". Realitas di luar partai politik dan identitas, dan posisi negara akan mendeklarasikan kehadirannya sendiri baik di dalam maupun luar negeri.

Badai muncul setelah pandemi. Siapa yang siap, siapa yang akan tetap diam

Badai luar biasa akan melanda setelah pandemi COVID-19, yang akan mengungkapkan bahwa kehadiran dan persiapan Turki yang kuat akan jauh lebih ahli dalam menghadapi badai ini daripada banyak negara lain.

Negara-negara di Eropa akan bungkam. Sejarah kolonial dan kekaisaran banyak negara akan berakhir. Turki akan tampil sebagai negara yang siap menghadapi titik puncak lima abad, transformasi dalam sejarah, sebagai negara yang mapan.

Pemahaman apa yang mendasari pidato Erdoğan?

Saya telah memberikan perhatian khusus pada pidato Presiden Recep Tayyip Erdoğan dalam empat tahun terakhir dalam konteks ini. Pernyataannya mengaktifkan pemikiran politik yang dalam yang berasal dari kedalaman sejarah berabad-abad dan melampaui usia; sayangnya kami gagal memberikan dukungan yang diperlukan untuk panggilan ini.

Pernyataan Erdogan bukanlah masalah kebijakan internal. Ini bukan wacana terbatas pada persaingan antar partai. Ia menggunakan bahasa yang digunakan oleh kekuatan-kekuatan besar, bahasa politik yang berisi seluruh pengalaman dan latar belakang yang diperoleh setelah Turki memeluk Islam dan menyebar di wilayah tersebut.

Dia berbicara dengan pemahaman tentang wilayah yang sangat luas, dari Tembok Besar Tiongkok hingga Eropa Tengah, dari Asia Selatan hingga Afrika Tengah. Dia berbicara sebagai perwakilan Seljuk, Ottoman, dan sebagai Republik Turki. Dia berbicara sebagai Mediterania, Laut Hitam, Laut Merah, dan Laut Kaspia. Dia berbicara sebagai Khilafah, sebagai Roma dan sebagai Eropa dan Asia.

Kita harus mendukung dan memperkuat pernyataan ini, menghasilkan gerakan ideologis

Sebelumnya kami akan mengikuti diskusi di AS dan Eropa; menyesuaikannya dengan Turki, dan berusaha untuk menyajikan perkembangan dunia. Sekarang, tabelnya telah berubah. Dunia sedang membahas Turki. Topik seperti, "Apa yang ada di benak Erdogan" dan "Apa yang akan dilakukan Turki selanjutnya" adalah topik terpanas dunia, dari media Barat dan lingkaran intelektual hingga kelompok-kelompok di Asia.

Bisakah kita tidak memperluas dan menambah diskusi ini? Bisakah kita tidak mengembangkan pernyataan dan klaim kita sendiri dan menyampaikannya kepada dunia? Bisakah kita tidak memenuhi pernyataan Erdoğan? Bisakah kita tidak mengkonseptualisasikan teori Turki dan mengubahnya menjadi gerakan ideologis?

Sementara diskusi tentang Turki saat ini difokuskan pada politik, terutama politik militer dan luar negeri, tidak dapatkah kita memperkuat diskusi mengenai hal-hal di bidang ideologi budaya dan geopolitik regional?

Kita harus kembali ke klaim besar, pernyataan besar, cita-cita.

Jika para penulis dan pemikir kita mengikuti Turki dan memberikan kekuatan pada tujuannya saat ini, jika mereka mengubahnya menjadi wacana, diskusi, dan gerakan regional dan global yang kuat, itu akan membuat gelombang yang luar biasa.

Kita harus melakukan ini. Kami wajib melakukannya. Terlepas dari upaya korupsi mental di depan, tanpa mengindahkannya, kita harus kembali ke klaim besar, pernyataan agung, dan cita-cita besar.

Jangan lupa bahwa tidak ada lagi pertentangan di dalam. Sebaliknya, "front asing telah dibentuk di dalam". Tetapi janganlah kita membiarkan ini menguasai, mengalihkan atau menghentikan kita.

Bahkan jika kita diisolasi, Turki akan terus mengejutkan dunia pada tahun 2021

Bahkan jika kita terdampar, kita akan menyaksikan klaim besar Turki dan kebangkitan besar di tahun 2021. Biarkan orang lain terus membuat rencana untuk "menghentikan Turki." Mereka yang mengatur penyimpanannya akan dibuang dari sejarah, karena ambang batas itu telah lama dilewati.

Turki akan terus mengejutkan dunia. Jadi, tidak ada yang mengejutkan kita. Itu hanya akan merugikan diri sendiri. Saya mencoba untuk menyampaikan kepada semua institusi di negara kita, outlet medianya, anggota media, universitas, dan pemikir, tentang tanggung jawab di pundak kita untuk memobilisasi klaim besar.

Percaya pada Turki. [Yeni Safak]

 

Posting Komentar untuk "Setelah pandemi, Turki akan semakin mengejutkan dunia pada tahun 2021!"