Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AS menggunakan S-400 sebagai pengungkit melawan Turki untuk rencana Suriah utara

Sebuah Kendaraan Tempur Bradley (BFV) AS berpatroli di dekat fasilitas produksi minyak di pedesaan dekat al-Malikiyah (Derik) di provinsi Hassakeh, Suriah timur laut, 2 Februari 2021. (Foto AFP)

Dalam beberapa hari terakhir, masalah S-400, yang telah menjadi narasi yang tidak pernah berhenti dalam hubungan Turki-Amerika, memasuki era baru dengan pernyataan dari kedua belah pihak. Pada konferensi pers pekan lalu, juru bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan tidak ada perubahan dalam sikap AS terhadap pembelian sistem pertahanan rudal S-400 oleh Turki dari Rusia.

"Sikap kami tidak berubah," kata Kirby, menegaskan kembali bahwa sistem S-400 tidak kompatibel dengan F-35 dan mengingat bahwa Turki telah dikeluarkan dari program ini. "Kami meminta Turki untuk tidak mempertahankan sistem S-400; Turki adalah sekutu NATO jangka panjang dan berharga, tetapi keputusan untuk membeli S-400 bertentangan dengan kewajiban Turki sebagai sekutu AS dan NATO," kata Kirby. Dia juga mengklaim bahwa Turki memiliki banyak peluang untuk membeli sistem Patriot dalam dekade terakhir.

Sementara itu, masalah tersebut dibahas selama panggilan telepon antara penasihat keamanan nasional Joe Biden Jake Sullivan dan Juru Bicara Kepresidenan Ibrahim Kalin. Selain itu, Duta Besar AS untuk Ankara David Satterfield, yang lebih suka menjawab hanya sejumlah pertanyaan dari jurnalis hampir satu setengah tahun setelah menjabat di Ankara, membantah  pernyataan Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu bahwa kelompok kerja bersama antara Turki dan AS akan ditetapkan pada sanksi S-400 pada Desember tahun lalu. “Tidak ada kelompok kerja seperti itu; tidak akan ada, ”katanya.

Pemerintah AS sejauh ini mendasarkan argumennya pada masalah ini pada klaim bahwa ia memberikan "pendapatan, akses dan populasi ke Rusia" dan bahwa sistem S-400 tidak kompatibel dengan NATO dan menimbulkan ancaman.

Namun, sebuah cerita yang diterbitkan di The New York Times pada 24 Desember 1994, berbunyi bahwa pertahanan dan sekretaris negara era Ronald Reagan dan unit intelijen Pentagon diam-diam membeli S-300 dari Rusia dan memproduksi Patriot di bawah mediasi perusahaan konsultan pertahanan BDM.

Tidak hanya AS sendiri tetapi banyak negara anggota NATO telah membeli S-300 di masa lalu dan beberapa masih digunakan. Pembelian sistem pertahanan udara S-400 oleh Turki dari Rusia telah dikritik, sementara anggota NATO seperti Yunani, Bulgaria dan Slovakia memiliki S-300 buatan Rusia. S-400 adalah versi upgrade dari sistem pertahanan udara S-300, yang tersedia di banyak negara, beberapa di antaranya adalah anggota NATO.

Itulah mengapa sekarang Ankara menyiapkan meja perundingan baru dengan Washington dengan semua argumen tandingan ini. Selama sepekan, Menteri Pertahanan Hulusi Akar menunjukkan bahwa S-300 dikerahkan di pulau Kreta Yunani, yang juga merupakan anggota NATO. Akar menekankan bahwa banyak negara Eropa yang berada dalam Pakta Warsawa dan kemudian bergabung dengan NATO masih memiliki sistem persenjataan era Soviet, dan mengirimkan pesan berikut ke Washington: “Senjata-senjata ini juga disimpan dalam sistem di dalam NATO. Kami akan membukanya untuk negosiasi karena model yang digunakan di S-300 di Kreta. "

Pada November tahun lalu, media Yunani melaporkan bahwa Yunani telah menguji sistem pertahanan udara dan rudal S-300 Rusia di jarak tembak Kreta. Sistem pertahanan udara S-300 yang dikerahkan oleh Yunani ke pulau Kreta di Mediterania pada awalnya dibeli oleh pemerintah Siprus Yunani dari Rusia pada tahun 1997. Baterai rudal saat ini dikerahkan di pulau Kreta.

Sekarang mari kita bahas mengapa AS mengabaikan semua ini dan menggunakan kartu S-400 sebagai pengaruh melawan Turki. Awal bulan ini, delegasi Departemen Luar Negeri AS mengunjungi Qamishli untuk mencari cara untuk membangun integrasi politik antara apa yang disebut SDF dan Dewan Nasional Kurdi Suriah (ENKS), yang didominasi oleh YPG, lengan politik dari organisasi teroris PKK di Suriah utara.

Analis keamanan Abdullah Ağar membagikan rincian kunjungan tersebut, yang juga dikonfirmasi oleh sumber lokal, di akun Twitter-nya. Sumber di lapangan mengkonfirmasi bahwa kunjungan David Brownstein, asisten perwakilan khusus AS untuk Suriah, dan Emily Brandt ke timur laut Suriah ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Washington akan melanjutkan dukungannya untuk kelompok-kelompok ini.

Menurut sumber-sumber lokal, dalam pembicaraan ini, mereka membahas penyatuan Kurdi yang tersebar di Suriah, apa yang disebut integrasi politik, militer, ekonomi dan administrasi, pembagian minyak Suriah dan produk pertanian di wilayah tersebut, mengoordinasikan dan mengendalikan angkatan bersenjata dan membawa 6.000 tentara Roj Peshmerga dari Irak ke Suriah. Roj Peshmerga dilatih oleh pasukan khusus Peshmerga yang berafiliasi dengan Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG).

Selama pembicaraan, YPG diwakili oleh tersangka komandannya, Mazlum Kobani, dengan nama sandi Ferhat Abdi Şahin, salah satu pemimpin PKK yang bertanggung jawab atas pembantaian ratusan warga sipil di Turki.

Setelah semua perkembangan ini, jelas bagaimana pemerintahan Biden dan penasihat Timur Tengah di Gedung Putih sedang bersiap untuk bergerak di Suriah dan Irak. Sama seperti Turki ingin mengakhiri kehadiran PKK berbasis Sinjar di Irak utara berkoordinasi dengan Irbil dan Baghdad, upaya Washington untuk menyatukan ENKS dan PKK semakin intensif.

Terbukti, Turki adalah aktor terpenting dalam persamaan baru yang coba dibangun oleh pemerintahan Biden di Suriah dan Irak, karena Turki mengikuti kebijakan yang tanpa syarat mendukung dan tidak berkompromi pada integritas teritorial, keamanan, demokrasi dan proses politik masing-masing. negara sambil menargetkan organisasi teroris.

Satu-satunya tujuan Turki adalah mengakhiri keberadaan PKK dan perluasannya, yang mengancam keamanan nasional dan integritas teritorialnya dan menimbulkan ancaman bagi semua negara di kawasan. Ini adalah tujuan akhir Turki untuk menghilangkan PKK dan memastikan PKK tidak digunakan sebagai raja untuk melawan mereka. Irak, Iran dan Suriah juga akan mendapat keuntungan dari penghapusan organisasi teroris dari negara mereka. Mencapai tujuan ini akan membutuhkan waktu, tetapi tujuan sebenarnya dari Washington di balik menciptakan masalah atas pembelian S-400 sudah jelas.

Sekarang semua mata tertuju pada di mana Turki akan menyebarkan S-400 dan sejauh mana akan menggunakannya. Seperti yang dinyatakan Akar, peluncur rudal dapat diaktifkan jika perlu atau model Kreta dapat diterapkan. Secara khusus, kunjungan Wakil Presiden Fuat Oktay, Direktur Komunikasi Kepresidenan Fahrettin Altun dan delegasi pendamping ke Republik Turki Siprus Utara (TRNC) sehari sebelumnya juga sangat penting. Mengingat semua perkembangan ini, masalah S-400 dan renegosiasi AS dengan YPG akan terus menjadi agenda yang menentukan dalam beberapa hari mendatang. [DailySabah]

Posting Komentar untuk "AS menggunakan S-400 sebagai pengungkit melawan Turki untuk rencana Suriah utara"