Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendongkrak Semangat Siswa dengan Satu Soal Nilainya 100

Oleh Tgk Mahfudh Muhammad, MA

Bila ada sepuluh soal, biasanya siswa yang saya ponten ini dan kawan2 yang selevel dengannya hanya siap 4-5 soal. 

Bahkan ada segelintir kawan yang dibawah level mereka hanya siap satu soal saja. Hanya 40-50 % siswa yang siap 100 %.

Selama kami sekolah dulu, metode pemberian nilai yang digunakan, bila soalnya sepuluh, maka setiap satu soal nilainya 10. Bila yang selesai mereka kerjakan hanya 4 maka nilainya 40. Bila benar semua nilainya 100. 

Apa yang dipraktekkan ketika saat kami menjadi siswa di sekolah dulu, juga kami praktekkan saat kami menjadi guru sekarang. 

Namun banyaknya siswa yang tidak selesai setiap latihan yang  diberikan mendorong saya untuk berfikir ulang terhadap metode penilaian.

Dalam beberapa bulan terakhir saya mencoba mengubah strategi pemberian nilai. 

Saya mengumumkan kepada semua siswa bahwa setiap soal pelajaran Bahasa Arab nilainya 100 dan setiap selesai satu soal langsung kalian bawa ke depan untuk langsung diberikan nilai.

Alhamdulillah, terjadi perubahan signifikan hampir terhadap semua siswa. Siswa yang dulunya hanya siap 4-5 soal. Kini ada ada yang siap 20 soal dalam satu kali pertemuan. 

Mereka berlomba2 menyerahkan hasil kerjanya kedepan meja guru dan mereka dengan senangnya memperperlihatkan nilai2 mereka kepada kawannya.

Dari sini, saya berkesimpulan bahwa salah satu penyebab kemalasan manusia adalah BERATNYA BEBAN, SEDIKITNYA PENGHARGAAN. 

Siswa yang agak lambat menangkap dan menulis pelajaran menjadi malas ketika membayangkan 10 soal yang bila mereka kerjakan kemungkinan selesainya hanya 4 soal saja dan nilainya hanya 40. 

Akhirnya mereka ogah2an dalam menyelesaikan soal.

Ketika saya menanyakan kepada sahabat saya guru pelajaran eksak apakah siswa banyak yang selesai setiap latihan yang diberikan atau banyak yang tidak selesai?. 

Dia menjawab banyak yang tidak selesai, bahkan ada yang tidak selesai satu soal pun.

Lalu, saya menawarkan metode saya ini untuk diterapkan di pelajaran eksak. 

Metode penilaiannya ini mirip penilaian cerdas cermat setiap satu soal 100 nilainya. Nanti kalau dapat 1000 atau dibawahnya tentu kita akan bagi untuk memperoleh nilai rata2nya. 

Sambil tersenyum dia menjawab, "Iya juga ya".

Selamat Mencoba

Posting Komentar untuk "Mendongkrak Semangat Siswa dengan Satu Soal Nilainya 100"