Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aceh Harus Berubah Cara Berfikir!


 Aceh Harus Berubah Cara Berfikir!

Ayah sop atau sering di panggil Tu Sop adalah salah satu tokoh Ulama aceh saat ini. Bagi saya beliau guru dan sekaligus orangtua bagi kaum muda.

Alhamdulillah ini perjumpaan kami yang ke-3 setelah berjumpa beberapa tahun lalu. Beliau tau saya kader muhammadiyah, dan saya tau beliau sangat bijak dalam berbedaan. 

Alur narasi dan nasehat yang beliau sampaikan selalu membuat saya berkesan. Berisi dan menyejukkan. 

Layaknya nasehat ayah kepada anak. Saya berusaha memahami konsep Pendidikan, Syariat dan budaya ke-Acehan yang beliau sampaikan.

Kami berdiskusi soal Pendidikan Islam, ukhwah, politik, pendidikan dan sosial saat ini. Ada yang salah pada masyarakat saat ini adalah cara berfikir yang perlu di ubah. 

Kalau tidak akan lahir pemimpin punya cara berfikir salah. "Ya kiban masyarakat nyang keuh lagee nyan pemimpin". 

Masyarakat harus berubah dan harus maju, kita harus bersikap lebih syariat, berilmu dan berakhlak bukan hanya tataran teori tapi ada perubahan prilaku atau sikap.

Ayah sop menyampaikan potensi kita ada pada  pendidikan yang kita bangun saat ini yang akan berpengaruh pada 10 dan 20 tahun kedepan. Didik generasi yang khusus calon pemimpin Islam depan. Bersyariat dan berakhlak secara universal. 

Bukan hanya di masjid dan balai pengajian. Tapi bersyariat dalam berpolitik, bersyariat dalam pendidikan, bersyariat ekonomi dan sosial. Dan semua hal itu dibangun dari bawah ke atas. Kalau Bek jak peugah haba-haba bangai sabe. 

Beliau juga menyampaikan juga didik generasi sejak dini, saat kita tidak ada akan lahir pemimpin baru yang lebih idealis, konsep Islam dipakai dalam sistem politik bukan hanya hanya sebatas undang-undang. 

Tapi real dilapangan. Sehingga lahir pemimpin Islam yang kuat. Lagee ureng pula boh u, entek watee i meuboh aneuk cuco yang rasa, yang cok mamfaat. Tanyoe ka lam kubu. Semoga na pahala jariyah.

Hanya ini yang saya ingat. Mungkin di kesempatan lain teringat kembali. Yang jangan gadoh ingat!

Terima kasih Tu Sop Jeunib atas nasehatnya. Semoga menjadi semangat buat saya yang masih muda.  


Rizki Dasilva

Posting Komentar untuk "Aceh Harus Berubah Cara Berfikir!"