Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angin baru bertiup di Turki dan dunia Arab

Orang-orang meneriakkan slogan dan memegang poster sebagai protes atas tindakan Arab Saudi di Yaman selama protes di luar konsulat Arab Saudi pada 11 November 2018 di Istanbul, Turki [Chris McGrath / Getty Images]

SuaraDarussalam.id - Angin "perdamaian" baru bertiup pada hubungan Arab-Turki dan membantu meredakan ketegangan dalam mencari kesamaan. Pesan sanjungan sedang dipertukarkan antara Ankara, Kairo, dan Riyadh, dan pesan serupa pasti akan mengikuti dari ibu kota Arab lainnya jika semuanya berjalan dengan baik. Tampaknya berbagai pihak kelelahan oleh perang proxy yang merajalela dan berkepanjangan dan kita menghadapi salah satu dinamika yang diciptakan oleh kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden AS.

Sejak Kairo mengadopsi pendekatan baru di Libya, mengirim delegasi politik dan keamanan berpangkat tinggi ke Tripoli, dan memastikan bahwa menteri luar negerinya berbicara dengan mitranya dari Libya berjanji untuk melanjutkan pekerjaan kedutaan dan maskapai penerbangan, tampaknya itu lembaran baru. juga akan dibelokkan antara Kairo dan Ankara. 

Spekulasi terus berlanjut, dengan berita dialog melalui jalur keamanan dan diplomatik kembali antara Mesir dan Turki. Ada juga pernyataan positif di sini dan tawaran untuk mengembangkan hubungan di sana sampai kita mencapai titik seruan untuk demarkasi perbatasan laut kedua negara. Jika ini benar-benar dilakukan, atau kedua belah pihak mulai bekerja untuk itu, pintu akan terbuka untuk menghilangkan dampak dari "intervensi militer" Turki di Libya.

Adapun Riyadh, tampaknya menjadi tuan rumah (meskipun online) KTT G20 memberikan kesempatan untuk mencairkan hubungan dengan Ankara. Panggilan telepon antara Raja Salman dan Presiden Erdogan membuka pintu untuk panggilan berikutnya dan pertemuan antara menteri luar negeri di sela-sela konferensi OKI. 

Ini adalah langkah maju di jalan yang panjang dan berduri. Sekarang, sanjungan dan basa-basi yang dipertukarkan antara kedua negara hampir berlanjut, dan tawaran dari Turki, khususnya, untuk memulihkan hubungan antara kedua negara masih menghujani Riyadh.

Meskipun kami tidak tahu apakah itu fakta atau hanya rumor, bocoran terbaru menyebutkan peluang kerja sama Turki-Saudi di Yaman, dimulai dengan kesepakatan drone Turki, yang tampaknya tertarik untuk dibeli Riyadh setelah drone tersebut membuktikan keefektifannya di Libya dan Azerbaijan. Ankara dan Riyadh sama-sama mengakui legitimasi Abdrabbuh Mansur Hadi sebagai Presiden Yaman, dan keduanya mempertahankan berbagai tingkat hubungan dengan Partai Islah, teman Turki dan saingan Houthi, yang diperangi oleh koalisi pimpinan Saudi. .

Selain itu, kedua belah pihak prihatin dengan pendekatan pemerintahan Biden, khususnya dalam hal hak asasi manusia dan kritik yang diarahkan oleh presiden AS yang baru. 

Mungkin, katakanlah, para pengamat, bahwa kerja sama bilateral untuk menahan "semangat" baru Washington untuk hak-hak semacam itu dapat menjadi insentif tambahan untuk pemulihan hubungan.

Sama seperti Libya yang menjadi pintu gerbang bagi Mesir untuk meluncurkan dialog publik dan rahasia dengan Turki, rekonsiliasi Teluk telah menjadikan Qatar sebagai pintu gerbang bagi Arab Saudi. Dalam iklim hubungan Saudi-Qatar yang terus membaik, tampaknya tidak perlu dikatakan bahwa hubungan antara Turki dan Arab Saudi cenderung tenang, dan Qatar mungkin memainkan peran dalam hal ini.

Perbaikan dalam hubungan Turki dengan Mesir dan Arab Saudi membuat UEA menghadapi salah satu dari dua opsi: mengikuti jalan yang sama atau mempertahankan posisi lamanya terhadap Turki dan peran dan hubungan yang terakhir dengan Ikhwanul Muslimin di wilayah tersebut. Namun demikian, bahkan selama ketegangan terburuknya dengan Turki, UEA tetap menjadi mitra dagang penting, bernilai tidak kurang dari $ 8 miliar setahun. 

Abu Dhabi telah mengirimkan pesan tentang kesediaannya untuk meningkatkan hubungan, membungkusnya dengan kebutuhan untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan. Hambatan ini, dan banyak lainnya, tidak mencegah beberapa perbaikan dalam hubungan Ankara dengan Kairo dan Riyadh, dan kemungkinan besar mereka tidak akan mencegah peningkatan serupa dalam hubungan antara UEA dan Turki. [middleeastmonitor]

Posting Komentar untuk "Angin baru bertiup di Turki dan dunia Arab"