Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemajuan Turki, pengaruh yang merugikan Prancis

Jurnalis Prancis Jean-Dominique Merchet mengkritik sikap Prancis terhadap Turki


Suaradarussalam.id-  Sebuah dokumenter oleh jurnalis Caroline Roux, Erdogan: The Sultan who Defies Europe, ditayangkan pada Selasa malam di saluran publik Prancis France 5 sebagai bagian dari edisi khusus program tersebut, C dans l'air.

Itu dibawakan oleh Axel de Tarle dan Caroline Roux.

Dalam film dokumenter yang membangkitkan ketegangan baru-baru ini antara Prancis dan Turki, jurnalis Prancis itu mewawancarai para ahli di Turki. Dia juga mewawancarai Presiden Prancis Emmanuel Macron serta mantan Presiden Nicolas Sarkozy dan mantan Perdana Menteri Manuel Valls.

Dihadapkan dengan berbagai tuduhan tak berdasar yang dilontarkan terhadap Turki [2] dalam program dua jam tersebut, Ali Onaner, duta besar Turki di Paris hanya berhak atas 78 detik waktu tanggapan.

Anadolu Agency dan jurnalisnya, yang berulang kali difitnah dalam film dokumenter tersebut, tidak pernah dimintai keterangan atau dihubungi oleh wartawan tersebut.

Dalam debat menyusul dokumenter tersebut, jurnalis Jean-Dominique Merchet juga angkat bicara.

Anadolu Agency mewawancarai jurnalis harian Prancis L'Opinion tentang ketegangan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir antara Prancis dan Turki, yang merupakan sekutu dalam NATO. Merchet juga menjawab pertanyaan Anadolu Agency tentang fokus debat publik di Prancis tentang Islam dan Muslim.

- Ketegangan geopolitik Perancis-Turki mengandung dimensi psikologis Perancis

Ditanya tentang penyebab ketegangan antara Prancis dan Turki, Merchet mengatakan: "Ada dua dimensi" yang berinteraksi langsung atau tidak langsung dalam hubungan antara Turki dan Prancis.

"Masalah geopolitik dan masalah kebijakan dalam negeri: keduanya kumulatif, saling melengkapi," tambahnya.

"Ada masalah geopolitik antara Prancis dan Turki di Suriah dan Libya, juga dalam konflik antara Armenia dan Azerbaijan mengenai Karabakh, serta masalah dukungan Prancis untuk Yunani, Siprus, dan Mesir di Mediterania Timur, tempat Turki dan Prancis datang. bertatap muka "tentang masalah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), kata jurnalis Prancis itu, mengutip berbagai konflik geopolitik di mana Prancis dan Turki mendukung kubu yang berlawanan.

"Masalah-masalah ini harus diselesaikan melalui diskusi, dialog, kecuali bahwa sikap Prancis dalam masalah ini sedang merosot [...] tidak diragukan lagi karena kesalahan politiknya," kata Merchet, mengutip contoh konflik di Suriah dan Libya.

"Bertentangan dengan ini, Turki maju dan mendapatkan pengaruh di kawasan ini, dengan cara yang merugikan Prancis: mengecewakan Prancis yang mundur, disingkirkan," tambahnya.

"Pertama-tama, ada dimensi psikologis dari para pemimpin Prancis [Macron dan para pendahulunya] yang dapat dijelaskan dengan penurunan geopolitik Prancis dalam kerangka penurunan geopolitik Barat; dan dalam kasus Prancis, hal-hal semakin ketat. up, mengintensifkan, memusatkan di Turki, "katanya.

"Prancis mundur, Turki berada pada postur yang lebih 'menaklukkan', bahkan jika saya tidak suka istilah itu. Di Suriah, di Kaukasus, kami [Prancis] disingkirkan, di Libya di Afrika kami mundur, kita kalah. Di Eropa, Jerman yang semakin menentukan, jadi Prancis rumit, "kata jurnalis Prancis itu.

- Alasan sebenarnya ketegangan Prancis atau Eropa dengan Turki adalah karena Turki adalah negara Muslim

"Masalah kedua terkait dengan pertanyaan tentang Islam: ada kesulitan dalam mendekati pertanyaan ini dengan cara yang tenang dan sehat di Prancis, khususnya melalui RUU tentang separatisme, atau debat palsu tentang Islamo-kiri (atau l'islamo). -gauchisme dalam bahasa Prancis), "kata Merchet.

Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis (CNRS) mengutuk penyalahgunaan istilah Islamo-kiri oleh politisi Prancis.

"Islamogauchisme, slogan politik yang digunakan dalam debat publik tidak sesuai dengan realitas ilmiah apa pun. Istilah ini, dengan garis besarnya yang tidak jelas, menjadi subjek dari banyak posisi publik, forum, atau petisi, yang sering kali menimbulkan hasrat. CNRS sangat mengutuk mereka yang mencoba memanfaatkannya untuk mempertanyakan kebebasan akademis, yang penting bagi proses ilmiah dan kemajuan pengetahuan, atau untuk menstigmatisasi komunitas ilmiah tertentu, "kata CNRS pada Februari.

"Pidato Les Mureaux [3], kartun tentang Nabi Muhammad; seluruh konteks di mana mantan Manuel Valls, tamu di acara itu, adalah perwakilan paling ekstrim, sekularisme yang sangat radikal dan sangat memusuhi Islam dan Muslim: itu menciptakan suasana lain , "kata jurnalis itu, menjelaskan dengan kata-katanya sendiri apa yang bisa dikualifikasikan sebagai Islamofobia. "Kami mencela Muslim, bukan apa yang mereka lakukan, tapi apa mereka, yaitu Muslim," katanya.

"Deklarasi yang dibuat pada tahun 2005 oleh Nicolas Sarkozy, yang menjadi presiden Prancis dua tahun kemudian: 'Jika Turki ada di Eropa, itu akan diketahui.' Artinya negara besar seperti Turki tidak punya tempat di Eropa, sedangkan misalnya Siprus yang berada di Timur Tengah dan dekat dengan Suriah, adalah bagian dari Uni Eropa, ”kata wartawan tersebut.

"Pertanyaannya adalah Islam: satu-satunya alasan sebenarnya untuk ketegangan dengan Turki bukanlah masalah hak asasi manusia di mana, misalnya, Mesir, yang didukung oleh Prancis jauh lebih parah, tetapi Islam. Salah satu masalah terletak pada kenyataan bahwa Turki adalah Muslim, tertulis di alam bawah sadar beberapa orang Eropa, hal itu menimbulkan masalah. Selain itu, ini bukan bekas jajahan Eropa, jadi tidak ada keakraban seperti yang kita miliki dengan orang Maroko atau Aljazair misalnya. Orang Barat punya masalah dengan kekuatan imperial Muslim ini seperti Turki dan Iran, "kata Merchet, menambahkan bahwa ada konteks sejarah internasional yang memelihara ketakutan di Eropa vis-a-vis Muslim.

“Antara 2011 dan 2021, kami melihat peningkatan kecemasan di Eropa tentang Islam, khususnya, karena serangan teroris, revolusi Arab yang tidak berjalan sesuai rencana, terutama di Suriah, Libya, dan di Yaman. menambahkan gelombang migrasi 2015. Semua ini mengubah iklim, persepsi tentang fakta, dan sebagai hasilnya, berkontribusi untuk memprovokasi ketegangan yang kuat dan pengerasan di eksekutif kami, tetapi juga pengerasan eksekutif Turki, setelah 2016 gagal kudeta khususnya, sejak saat itu postur Turki menjadi sedikit agresif. Kami harus mengakui bahwa ada kesalahan dan meningkatnya ketegangan di kedua sisi. Ada sayap kanan dari eksekutif Prancis, tetapi juga Turki: nasionalisme yang meningkat di kedua sisi ," dia berkata.

- Islam di Prancis: hal baru yang diterima dengan buruk oleh Prancis

Ditanya tentang kebijakan domestik Presiden Prancis Emmanuel Macron dan pemerintahannya, Merchet pertama kali mengungkapkan posisinya tentang "Hukum untuk mengkonsolidasikan prinsip-prinsip republik". RUU tersebut, yang aspek utamanya dipresentasikan dalam pidato Presiden Macron di Les Mureaux, diperdebatkan di Majelis Nasional pada bulan Januari, kemudian diadopsi pada pembacaan pertama di Majelis Nasional pada 16 Februari.

RUU yang banyak dikritik [4] akan diperiksa oleh Senat mulai 30 Maret.

"Undang-undang tentang separatisme, tetapi yang tidak lagi disebut seperti itu dan yang membuat marah Gereja Katolik dan banyak orang masih sangat bodoh. Saat ini, ada sesuatu yang baru: 10% penduduk Prancis adalah Muslim. Ada ketegangan yang sangat keras di masalah ini. Presiden Turki telah menjadi simbol penakluk Islam yang membuat Prancis takut. Saya sangat sadar bahwa posisi saya berdasarkan alasan, yaitu tidak hidup dengan rasa takut, tetapi dengan cara yang bijaksana, itu sangat banyak di minoritas di Prancis, "menyesalkan jurnalis, menimbulkan ambiguitas atau bahkan ambivalensi keputusan presiden Prancis.

Wartawan Prancis mengatakan dia memikirkan dua hal pada saat bersamaan. "Misalnya dalam pidatonya di Les Mureaux, tetapi terkadang Anda harus memilih: dalam hal ini, tidak mungkin memilih dua hal pada waktu yang sama. Macron mengatakan" putih "dan" hitam "pada saat yang sama, itu tidak bisa tahan, "kata Merchet, yang percaya, bagaimanapun, bahwa geopolitik bukan merupakan kepentingan istimewa warga Prancis.

"Saya pikir geopolitik tidak begitu menarik bagi Prancis, saya pikir Prancis mengajukan lebih banyak pertanyaan tentang kesehatan dan krisis ekonomi, tentang pekerjaan, tentang studi anak-anak mereka, dll. Dan bahwa geopolitik masih jauh dari salah satu prioritas mereka. ," dia menambahkan.

- Persepsi Prancis tentang identitas nasional

Ditanya tentang alasan banyaknya perdebatan di Prancis tentang Islam selama beberapa tahun, jurnalis melihat di dalamnya ekspresi persepsi Prancis tentang identitas nasional.

“Dalam perdebatan yang berkaitan dengan Islam khususnya, ada sesuatu yang merujuk pada identitas Prancis: penegasan identitas Prancis berbeda dengan Inggris di mana seseorang bisa Skotlandia, Welsh, Irlandia, Inggris, dan agama yang berbeda juga. Prancis, kita dapat melihat ideologisasi identitas Prancis: hari ini, Anda tidak boleh menjadi seorang Muslim, ide ini menyusun imajinasi, alih-alih di sebelah kanan, identitas nasional Prancis, "menurut Merchet.

"Sejak Revolusi telah ada gagasan ini, yang lebih bersifat kiri, bahwa Republik tidak hidup berdampingan dengan agama. Revolusi 1789 dibangun melawan Gereja dan Republik dibangun melawan Katolik. Hari ini, kita melihat perpindahan dari Stigmatisasi Katolik terhadap Islam ini: jika kita Katolik kita tidak bisa menjadi republik yang baik. Ini berasal dari obsesi Prancis terhadap agama, ”katanya.

“Kita harus lebih terinspirasi dan lebih dekat dengan Anglo-Saxon yang memiliki pendekatan yang lebih liberal khususnya dalam kebebasan ideologis dan beragama,” pungkas Merchet. [Sumber: Yeni Safak]

Posting Komentar untuk "Kemajuan Turki, pengaruh yang merugikan Prancis"