Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry di Aceh Timur Berikan Kontribusi Peradaban Keilmuan

SuaraDarussalam.id - Dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry beberapa hari lalu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Aceh Timur yang tersebar dari 3 kecamatan yakni Madat, Simpang Ulim dan Pante Bidari.

Tema pengabdian ini yaitu "Kontribusi Keilmuan Peradaban dalam Membina Ketahanan Masyarakat Gampong” pada 15 s/d 16 Maret 2021.

Dalam acara pembukaan yang dipusatkan di Gampong Madat, Kecamatan Madat, Aceh Timur, Senin (15/3/2021), Direktur Pascasarjana UIN Arraniry Prof. Dr. H. Mukhsin Nyak Umar, MA, mengatakan kuliah pengabdian masyarakat merupakan pelatihan menumbuhkan soft skill masyarakat.

"Kehadiran dosen dan mahasiswa dari Pascasarjana UIN Arraniry ini semoga dapat menambah pengetahuan keagamaan yang bisa dikolaborasikan. Mudah-mudahan kehadiran kita di sini memberi manfaat bagi perkembangan masyarakat khususnya di Aceh Timur," tutur Prof.  Muksin.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menyambut baik kegiatan tersebut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur Aiyyub mengatakan pengabdian ini sangat membantu masyarakat Aceh Timur dalam meningkatkan pengetahuan dalam pembangunan Gampong.

"Semoga kegiatan ini mampu mendongkrak pembangunan di Gampong serta mencetak kader-kader potensial dalam pembangunan gampong," tuturnya sekaligus meresmikan acara pembukaan tersebut.

Dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN Arraniry yang terlibat dalam pengabdian ini mengisi berbagai pelatihan di antaranya pengelolaan Informasi dan komunikasi, penyuluhan penguatan kelembagaan Baitul Mal Gampong, Literasi Wakaf dan Gadai.

Selanjutnya pelatihan menyasar pada penguatan penerapan syariat Islam kepada Aparatur Gampong, metodologi tafsir dan takhrij hadist, penyuluhan dan penguatan akidah, penyuluhan Keluarga Samara.

Dari segi pendidikan Pascasarjana juga memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah pada guru pendidikan agama, hingga pelatihan metode pembelajaran penguatan akidah kepada guru, pelatihan metode pembelajaran Bahasa Arab kepada guru Bahasa Arab tingkat menengah dan atas (SMP/MTsn dan SMA/Aliyah, dan Perpustakaan.

Sementara itu peserta pelatihan yakni operator gampong, teungku imum, tuha peut, pimpinan dayah dan santri, tokoh agama, guru serta masyarakat umum calon pengantin/keluarga baru.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry ikut menghadiri kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan oleh Pascasarjana UIN Ar-Raniry, sekaligus menandatangani Nota Kesepakatan perjanjian Kerjasama atau MoU antara UIN Ar-Raniry dengan Kabupaten Aceh Timur di Kantor bupati Aceh Timur, pada hari Selasa (16/3/2021).

Dalam sambutannya Rektor UIN Ar-Raniry, Warul walidin menyebutkan bahwa MoU ini bertujuan untuk melahirkan suatu koordinasi yang penuh sinergi antara UIN Ar-Raniry dengan Aceh Timur demi memaksimalkan dan menguatkan lagi SDA dan SDM yang ada.

"Kita harapkan juga dengan MoU ini bisa memperkuat SDA yang koorperatif dengan SDM yang kompetitif" ujarnya.
Ia juga menambahkan bahwa Aceh Timur akan maju dengan pendidikan yang bermutu, Aceh Timur akan jebat dengan dipimpin para tokoh hebat, dan Aceh Timur bermartabat dengan syariah.

MoU ini juga disambut dengan sangat baik oleh Sekda Aceh Timur Ir. Mahyuddin,M.Si Dalam sambutannya ia mengatakan sangat berterimakasih atas kunjungan pengabdian dan penandatanganan MoU dengan UIN Ar-Raniry.

Ia juga yakin kerjasama ini bisa menjadi langkah untuk memajukan dan mengembangkan Sumber daya manusia yang ada di Aceh Timur.

Selanjutnya, sembilan prodi Pascasarjana UIN Ar-Raniry juga menandatangani MoA dengan Kemenag Aceh Timur dan Kecamatan Madat Aceh Timur, masing-masing yaitu Prodi S2 Pendidikan Agama Islam, S3 Pendidikan Agama Islam, dan S2 Pendidikan Bahasa Arab dengan Kementerian Agama Aceh Timur. Prodi S3 Fiqh Modern, S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam, S2 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, S2 Ilmu Agama Islam, S2 Ekonomi Syariah, dan S2 Hukum Keluarga dengan Kecamatan Madat Aceh Timur. Hal tersebut untuk menindaklanjuti kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan di kabupaten Aceh Timur.

Posting Komentar untuk "Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry di Aceh Timur Berikan Kontribusi Peradaban Keilmuan "