Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

'Mesir semakin dekat untuk menandatangani kesepakatan demarkasi Mediterania Timur dengan Turki'

 


SuaraDarussalam.id - Mesir semakin dekat menuju penandatanganan kesepakatan dengan Turki untuk membatasi zona ekonomi eksklusif (ZEE) di Mediterania Timur, menurut seorang anggota parlemen senior Turki.

Berbicara kepada harian Yeni Şafak, Ismail Emrah Karayel, ketua bersama Komite Parlemen Bersama Turki-UE, berbagi kabar terbaru tentang pembicaraan yang sedang berlangsung antara Ankara dan Kairo.

“Jika perjanjian demarkasi Turki-Mesir ditandatangani, UE akan berada di luar persamaan. Mesir hampir mendekati penandatanganan. Insya Allah, ia melihat terang hari. "

"Maka UE hampir tidak akan memiliki sarana untuk mencapai Mediterania Timur," lanjut Karayel.

Dia juga mencatat bahwa UE dan Yunani sedang mencoba untuk menegakkan hegemoni mereka atas Mediterania Timur melalui Mesir.

“Apalagi zona maritim yang diklaim Yunani, yang sebenarnya milik Mesir, akan kembali ke Kairo. Kontak diplomatik dengan Mesir sedang berlangsung. Jika Kairo memiliki akal sehat untuk melakukan pendekatan secara wajar, ia akan menyadari bahwa kesepakatan seperti itu sangat penting untuk kepentingannya sendiri. Zona maritim tersebut juga memiliki potensi serius dalam hal eksplorasi hidrokarbon. Mesir beringsut sedikit lebih dekat [ke Turki] karena itu. Saya berharap ada kesepakatan, ”pungkas Karayel.

Pada bulan Maret, muncul laporan yang mengatakan bahwa Mesir telah "menghormati landas kontinen yang dideklarasikan oleh Turki" dalam aktivitas Mediterania Timur mereka.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar mengatakan bahwa pendekatan Kairo baru-baru ini di Mediterania Timur menguntungkan Mesir dan Turki serta negara-negara lain di kawasan itu.

"Ini adalah langkah yang sangat berharga dan penting untuk perdamaian dan stabilitas regional karena Mesir menghormati batas-batas yurisdiksi maritim Turki."

Agustus lalu, Turki melanjutkan eksplorasi energi di East Med setelah Yunani dan Mesir menandatangani kesepakatan pembatasan maritim yang kontroversial, menolak isyarat niat baik Turki dalam menghentikan penjelajahannya. [Yeni Safak]

Posting Komentar untuk " 'Mesir semakin dekat untuk menandatangani kesepakatan demarkasi Mediterania Timur dengan Turki'"