Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Tu Bulqaini, Guru dan Orang Tua Santri



TU BULQAINI, GURU YANG JUGA ORANG TUA BAGI PARA SANTRI

Alhamdulillah kembali bersilaturrahmi ke Guru kami, Tgk. H. Tu Bulqaini setelah beberapa hari sebelumnya kami juga baru saja mengunjungi beliau sekaligus mengikuti pengajian kitab Ihya Ulumiddin Jawi. 

Tak hanya menyampaikan ilmu, kami melihat sosok Tu begitu akrab dengan semua jamaah dan mampu mengayomi semuanya.

Di saat konflik dulu, Tu menjadi inisiator lahirnya Rabithah Thaliban Aceh (RTA). Beberapa hari lalu Waled Muhibban yang juga salah seorang pendiri RTA bercerita kepada kami bagaimana Tu mendapat ancaman dan intimidasi dari berbagai pihak. Tapi beliau tidak bergeming. 

Beliau tetap bersikukuh dalam berbagai gebrakannya lewat RTA yang merupakan wadah advokasi untuk santri korban konflik dan gerakan pembelaan terhadap para Ulama yang sering mendapat cacian.

Tak hanya itu, saat adanya Geusyik dari alumni dayah ditangkap karena adanya persoalan hukum yang kontroversial, Tu pergi ke ruang tahanan menjenguk, memeluknya dan merangkulnya untuk memberi semangat dan motivasi. 

Dalam banyak hal, kami menyaksikan bahwa beliau tidak hanya guru, tetapi juga orang tua bagi para santri.

Saya pribadi merasakan sendiri hangatnya rangkulan beliau. Dalam beberapa kegiatan, saat kami kesulitan, Tu tampil memberikan pendampingan penuh bagi kami. 

Saya merasakan perhatian beliau yang luar biasa, merasakan kasih sayang yang sempurna bagaikan kasih sayang seorang Ayah kepada anaknya. Semoga sehat selalu Guru kami...!!!


Tgk. H. Muhammad Iqbal Jalil 

Posting Komentar untuk "Profil Tu Bulqaini, Guru dan Orang Tua Santri"