Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Unggul di Aceh, SMA Modal Bangsa Peringkat 1 di Aceh dan Peringkat 98 Nasional



Suaradarussalam.id - Sekolah Menengah Atas (SMA) Modal Bangsa di Banda Aceh menjadi sekolah paling unggul di Aceh.

Selain menempati peringkat 1 di Aceh SMA Modal Bangsa juga masuk dalam 100 besar sekolah unggul di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan ketua Komite sekolah ini, Bukhari M. Ali di akun Facebookya.

"Alhamdulillah, SMA Negeri Modal Bangsa Pemerintah Aceh tembus masuk peringkat 100 besar secara nasional, yakni berada di urutan 98 dari tahun sebelumnya ranking 116, dan untuk Provinsi Aceh masih tetap memegang peringkat 1," tulisnya pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Keberhasilan ini, kata Pak Bukhari M. Ali adalah berkat kerja keras semua pihak, pimpinan sekolah, dewan guru, dan juga komite sekolah.

"Tentu saja mempertahankan ini akan jauh lebih sulit ke depannya, tetapi kita berharap ini akan bisa tercapai sepanjang semua pihak punya semangat yang sama. Aamiin ya Rabb..." sambungnya lagi.

Dikutip dari situs www.sman-modalbangsa.sch.id, SMA Negeri Modal Bangsa sejak didirikan tahun 1994 merupakan sekolah unggul berasrama yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Aceh dengan visi mendidik calon pemimpin bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berkompetitif terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah mengukir banyak prestasi yang ikut mengharumkan nama daerah.

Sekolah ini kreatif dalam mendidik dan menumbuhkembangkan kemampuan para peserta didiknya dengan berbagai program yang dikembangkan tanpa keluar dari koridor kurikulum Nasional.

Hal ini dimungkinkan karena SMA Negeri Modal Bangsa merupakan sekolah unggul berasrama sehingga dapat mengoptimalkan alokasi waktu belajar untuk siswa-siswinya dalam program plus pembelajaran matematika dan sains, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab serta TIK pada pagi dan sore hari.

Sedangkan malam hari digunakan untuk pengajian Agama Islam dan Al-Quran sehingga para peserta didik di Kampus SMAN Modal Bangsa dikenal memiliki akhlak dan pemahaman yang bagus dalam bidang agama Islam.

Kampus hijau dengan area seluas 7,2 ha dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan pendidikan dan kreativitas siswa-siswanya seperti Laboratorium Kimia, Fisika, dan Biologi, Ruang Multimedia dan Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Perpustakaan, Ruang Galeri, Pustaka Maya, Aula, Ruang Pengajian, Mushalla, Asrama Putra dan Putri, Rumah Dinas Guru dan Lapangan Sepak Bola, voli dan Basket.

Koneksi internet dengan bandwidth up to 100 Mbps juga dapat diakses di seluruh area kampus.

Mulai tahun pelajaran 2007/2008, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas menetapkan SMA Negeri Modal Bangsa sebagai salah satu sekolah Rintisan Sekolah bertaraf Internasional (RSBI), beberapa indikator keberhasilan program ini mengacu kepada penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris oleh pendidik dan tenaga kependidikan serta pemanfaatan perangkat multimedia dalam teknik pembelajaran.

SMAN Modal Bangsa juga telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Aceh sebagai pilot project untuk program Kelas Akselerasi, yaitu program percepatan belajar untuk siswa-siswa terpilih yang memiliki kompetensi belajar yang tinggi untuk dapat selesai dalam waktu 2 tahun, namun pada tahun 2015/2016 ini program Akselerasi tersebut telah resmi ditutup oleh pemerintah pusat.

Alumni SMA Negeri Modal Bangsa sudah tersebar di berbagai Universitas-universitas favorit baik di pulau Sumatera maupun di pulau Jawa bahkan dibeberapa universitas di luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Jepang.

Dengan banyaknya prestasi, kreasi dan output bermutu dari SMAN Modal Bangsa, tak heran kiranya kalau sekolah ini menjadi salah satu SMA unggul dan favorit di Aceh yang dibuktikan dengan jumlah calon siswa yang mendaftar pada tiap tahun penerimaan siswa baru.

Laporan ini disusun pada akhir tahun ajaran berdasarkan kondisi riil yang terjadi di sekolah mulai dari perancangan program pada awal tahun ajaran, pelaksanaan program selama tahun pelajaran dan pencapaian program pada tiap akhir kegiatan.

Pelaporan ini menjadi modal utama sekolah sebagai bahan refleksi dalam merancang program pada tahun pelajaran berikutnya.

Selain itu pelaporan ini juga disusun untuk memenuhi tertib administrasi SMAN Modal Bangsa dan sebagai dasar pengambilan kebijakan dari Dinas Pendidikan Aceh dan pihak terkait lainnya. [Sumber: https://www.sman-modalbangsa.sch.id/sejarah-sekolah/

Posting Komentar untuk "Sekolah Unggul di Aceh, SMA Modal Bangsa Peringkat 1 di Aceh dan Peringkat 98 Nasional"