Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Respon Islam Menghadapi Krisis - Membaca Buku Anis Matta



By Teuku Zulkhairi - Akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Seusai ngopi shubuh kmren dapat hadiah buku dari Anis Matta via  Ust Raihan Iskandar. Judulnya sangat bagus dan penting “Pesan Islam Menghadapi Krisis”. Tentu tidak lupa saya mengucapkan terimakasih tak terhingga atas hadiah buku ini.

Sudah lama tak membaca buku2 yang ditulis oleh orang-orang pergerakan. Tiga tahun ini hanya berkutat pada bacaan2 jurnal pendidikan dan akademik. 

Dari beberapa bahasan yg telah saya baca, buku ini memberikan gambaran bahwa stabilitas suatu negara sangat ditentukan oleh kondisi geopolitik dunia. 

Anis Matta membangun argumentasinya dari Alquran Surah Ar-Rum ketika Allah Swt memberikan kabar kpd umat Islam keadaan geopolitik dunia yg menyebabkan terjadinya perang lama antara Rum dan Persia. Jadi intinya umat Islam mesti paham geopolitik dunia.

Karena Alquran bukan kitab sejarah, maka ia tidak menceritakan peristiwa secara mendetail, yakni hanya menceritakan kisah Rum dan Persia ini sbg dua kekuatan dunia saat itu yang mesti dipahami umat Islam saat itu.

Bahwa keadaan geopolitik dunia itu akan sangat mempengaruhi stabilitas semua kawasan, termasuk mempengaruhi konstalasi pergerakan umat Islam secara umum.

Dan dari Surah Ar-Rum ini, menurut Anis Matta, Allah hendak ajarkan umat Islam yang saat itu masih merupakan kelompok kecil agar mereka betul-betul peduli dan paham geopolitik dunia. 

Dari sana kita akan dapat memahami berbagai kaitan yang mempengaruhi kehidupan kita. Peperangan dan penjajahan, krisis ekonomi hingga merebaknya wabah (pandemi) adalah bagian dari ekses2 kondisi geopolitik dunia yang memanas.

Anis Matta melalui buku ini hendak mengajak pembaca untuk memahami bahwa Alquran itu selalu kontekstual dengan perkembangan zaman.

Bahwa Alquran Surah Ar-Rum sudah lama diturunkan, tapi pisau analisisnya dapat selalu dipakai sepanjang zaman. 

Jadi membaca buku ini, membuat setiap ayat2 Alquran khususnya yang dikutip dalam buku ini seolah sedang memandu kita untuk memahami rentetan-rentetan peristiwa mutakhir dunia saat ini dengan berbagai gejolak besarnya akibat dari kondisi geopolitik dunia yang memanas yang disertai dengan peperangan, krisis ekonomi hingga wabah.

Dulu ada Persia dan Rum sebagai dua super power dunia. Sekarang ada Eropa-Amerika versus China-Rusia. Gejolak antara dua kekuatan ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Itu yang mau dijelaskan oleh Anis Matta.

Dan oleh sebab itu, karena Alquran telah lama menuntun kita untuk memahami gejolak geopolitik dunia melalui Surah Ar-Rum, maka semestinya kita dapat terus memahami kondisi geopolitik dunia hingga kapanpun sehingga kita dapat bersiap diri menghadapi gejolak tersebut agar tidak menjadi seperti makanan di atas meja hidangan bangsa-bangsa lain krn terjebak dalam krisis geopolitik dunia tanpa mampu menjadi pemimpin dari sisi lainnya. 

Menghadapi ancaman krisis ini, umat Islam perlu berbenah. Dan Islam memberikan pesan-pesan yang jelas dalam bagaimana kita sebagai muslim menghadapi krisis. 

Untuk menghadapi ancaman krisis yang timbul akibat peristiwa-peristiwa besar akibat gejolak geopolitik dunia saat ini, berpandu pada ajaran Islam, Anis Matta di buku ini secara cermat mengurai persiapan apa yang harus dimiliki umat Islam. 

Dari respon jiwa dalam menghadapi krisis, bagaimana kepemimpinan ideal di tengah krisis, elemen perubahan dalam Alquran, inovasi menghadapi krisis, revolusi mental berbasis Alquran hingga fitur  seorang pemimpin muslim yang berkualitas. 

Gitu kira-kira hasil bacaan saya sementara atas buku ini. 


Posting Komentar untuk "Respon Islam Menghadapi Krisis - Membaca Buku Anis Matta"