Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keberhasilan militer Turki menimbulkan tantangan kebijakan luar negeri yang mendesak bagi pemerintahan Biden

Keberhasilan militer Turki menimbulkan tantangan kebijakan luar negeri yang mendesak bagi pemerintahan Biden

Suara Darussalan |

Keberhasilan Turki selanjutnya di medan perang, dari Azerbaijan hingga Libya, telah membuat seluruh dunia berdengung karena mendapat pujian untuk industri pertahanan Ankara yang canggih.

Seri artikel terbaru yang membahas peran krusial Turki dalam kemenangan Azerbaijan di wilayah Karabakh yang sebelumnya disengketakan berasal dari surat kabar AS terkemuka The Washington Post, berjudul "Kampanye militer Turki di luar perbatasannya didukung oleh drone bersenjata rakitan," yang mengklaim bahwa Keberhasilan militer sekarang menjadi "tantangan kebijakan luar negeri yang mendesak" bagi pemerintahan Biden yang akan datang.

Baca juga: 10 Tahun Berkuasa, Apa yang Dilakukan Erdogan?

Artikel tersebut, ditulis oleh Kareem Fahim, menguraikan peran penting perang drone Turki di negara-negara seperti Suriah dan Libya.

“Azerbaijan, dengan dukungan Turki, merebut kembali sebagian besar wilayah yang telah hilang dalam perang 1988-1994 di wilayah tersebut. Mereka menggunakan drone Bayraktar TB2 dan drone kamikaze Israel untuk membanjiri pertahanan Armenia, ”menurut penulis.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet atas Karabakh Hulu tetap tegang sejak 1991, ketika bentrokan baru meletus pada 27 September.

Baca juga : Bandingkan Penderitaan Yaman dengan Keberhasilan Turki di Azerbaijan, Libya dan Somalia

Armenia berulang kali menyerang warga sipil dan pasukan Azerbaijan selama lebih dari 40 hari, bahkan melanggar tiga perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Menurut penulis, konflik enam minggu musim gugur ini antara Azerbaijan dan Armenia atas wilayah sengketa Nagorno-Karabakh "membawa keunggulan baru ke program drone Turki."

"Keuntungan militer Azerbaijan, yang mencakup sekitar 40 persen dari Nagorno-Karabakh, tampaknya memberi Turki kemenangan strategis lainnya," lanjut Fahim.

Tujuh perusahaan Turki telah membuat daftar 100 perusahaan pertahanan teratas dunia tahun ini, menurut majalah Defense News yang berbasis di AS.

Perusahaan pertahanan Turki melaporkan omset yang memecahkan rekor dalam periode tersebut, melambungkan mereka ke peringkat teratas.

Baca juga : Para ahli memuji dukungan Turki ke Libya di Tengah Krisis

Sementara itu, industri pertahanan Turki yang maju mendapat pujian dari penulis yang menunjukkan bahwa Ankara sekarang bersaing dengan eksportir drone besar lainnya di wilayah tersebut.

"Pertumbuhan pesat industri drone Turki telah menjadikannya pesaing bagi produsen kendaraan udara tak berawak yang sudah lama ada seperti China dan Israel."

Beberapa perusahaan Turki aktif di bidang pertahanan melalui produk militer mutakhir mereka seperti UAV bersenjata, senjata kendali jarak jauh, rudal, dan sistem pertahanan udara.

Secara khusus, Baykar dan TAI yang dikelola negara memproduksi kendaraan udara kelas dunia yang diproduksi di dalam negeri.

Sumber: Yeni Safak

Posting Komentar untuk "Keberhasilan militer Turki menimbulkan tantangan kebijakan luar negeri yang mendesak bagi pemerintahan Biden"