Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Duka, Ulama Kharismatik Aceh Abu Kruet Lintang Meninggal Dunia

SUARADARUSSALAM.ID - Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un. Salah seorang ulama kharismatik Aceh dari Aceh Timur Tgk H Abdullah Rasyid meninggal dunia untuk selama-lamanya.

Ulama yang lebih dikenal dengan panggilan Abu Kruet Lintang meninggal dunia pada Selasa (4/5/2021) malam sekitar pukul 23.05 WIB, di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah, Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Kabar meninggalnya Abu Krueng Lintang menyebar dengan cepat di media sosial. Di group-group santri, majelis pengajian hingga group-group para tokoh Aceh.

Seorang santri Aceh, Tgk Max Al Fathany menulis di Facebooknya tentang sosok Abu Krueng Lintang. Ia menulis: “Kita mengenal beliau adalah sosok ulama yang memiliki kepakaran menyederhanakan bahasa yang tinggi. Tak heran, jika dalam setiap muzakarah dan Bahtsul Matsail beliau sering menjadi pemateri yang membahas problem-problem yang dianggap tinggi dalam kasus tauhid dan tasawuf. Melalui lisan mulianya, segala ta'bir klasik yang tinggi itupun menjadi gurih, renyah dan menjadi konsumsi bagi awam”. 

Simak selengkapnya ungkapan santri Aceh Tgk Max Al Fathany tentang sosok Abu Krueng Lintang.

Abu Kruet Lintang Dalam Pelukan Kasih SayangNya |

Oleh: Max Al Fathany

Berita yang paling tidak ingin kita dengar kembali terdengar dan tersebar di setiap unggahan di pelbagai media sosial. Ya, berita kehilangan sosok penerang hidup kembali menusuk hati. Di tengah malam nan mulia, sedang-sedangnya kita menanti dan mengejar lailatul qadar, kita dikejutkan dengan berita wafatnya Sang Lampu Ummat.

Kita mengenal beliau adalah sosok ulama yang memiliki kepakaran menyederhanakan bahasa yang tinggi. Tak heran, jika dalam setiap muzakarah dan Bahtsul Matsail beliau sering menjadi pemateri yang membahas problem-problem yang dianggap tinggi dalam kasus tauhid dan tasawuf. Melalui lisan mulianya, segala ta'bir klasik yang tinggi itupun menjadi gurih, renyah dan menjadi konsumsi bagi awam.

Abu Kruet Lintang, begitu kita menyebutnya. Beliau adalah ulama yang punya sisi dekat dengan kalangan akar rumput. Saya sering menyaksikan, ketika datang ke Lhoksukon, banyak yang menemui Abu secara khusus untuk curhat dan meminta solusi bagi masalah yang dihadapinya. 

Terkhusus bagi warga di Keude Lhoksukon, mereka punya kenangan indah bersama Abu ketika beliau masih nyantri di sini. Lama Abu menetap di Lhoksukon. Saya lupa persis tahunnya. Dalam cerita Abu, saya ingat, itu sekitar tahun 70-an.

Bagi maayarakat Lhoksukon, Abu Kruet Lintang adalah cerminan Abu Sulaiman. Jika ingin melihat tegasnya sosok Abu Ulee Tutu (sapaan akrab bagi Abu Sulaiman), maka lihatlah Abu Kruet Lintang.

Malam ini, salah satu murid terbaiknya Abu Syeikh Sulaiman Lhoksukon ini dijemput menuju pelukan kasih sayang Rabbi... Selamat jalan Sang Guru Mulia, selamat berlebaran dengan Sang Kekasih duhai penerang hidup kami... Rahimakallah Sayyidii Syeikh Abdullah Ibn Rasyid... []

Posting Komentar untuk "Kabar Duka, Ulama Kharismatik Aceh Abu Kruet Lintang Meninggal Dunia"