Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ma'had Aly Babussalam Jalin Kerjasama dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Alhamdulillah pada Senin pagi 25 Oktober 2021 telah berlangsung penandatanganan naskah MoU kerjasama antara Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Aceh Utara dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Pada saat yang sama, tiga Ma'had Aly lainnya di Aceh juga melakukan penandatanganan naskah kerjasama serupa dengan UIN Ar-Raniry, yaitu Ma’had Aly Raudhatul Ma'arif, Ma'had Aly Malikussaleh dan Ma’had Aly Tgk Chik Abuya Mudawaly Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini mencakup program-program kerjasama yang dilakukan antara lain dalam bentuk peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penerapan hasil-hasilnya. 

Selanjutnya yaitu dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan tenaga ahli serta kegiatan lain yang dipandang perlu untuk pengembangan perekonomian masyarakat pada  umumnya dan bermanfaat bagi para pihak khususnya pada khususnya.

Mudir Ma’had Aly Babussalam, Dr. Teuku Zulkhairi, MA, perwakilan Ma’had Aly yang diminta untuk memberi sambutan mengatakan bahwa Ma’had Aly di Aceh saat ini sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Apalagi, katanya, ke depan pihaknya juga akan menghadapi proses akreditasi.

“Dengan dukungan berbagai pihak ini, kita berharap Ma’had Aly di Aceh bisa terus bergerak maju. Ma’had Aly ini adalah salah satu jalan untuk memajukan pendidikan dayah di Aceh, “ ujarnya sebagaimana dilansir Serambinews.com Senin 25 Oktober 2021.

Sebagaimana diketahui, Ma’had Aly merupakan perguruan tinggi khas dayah yang hanya bisa diselenggarakan di dayah. 

Ma’had Aly juga  memfokus kajiannya pada pengembangan khazanah kitab turast dalam pembelajarannya memadukan antara sistem pembelajaran SKS dan sistem khataman (menamatkan pembacaan kitab kuning).

Selain Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Warul Walidin, penandatanganan MoU ini juga dihadiri oleh para Wakil Rektor yaitu Dr. Saifullah Idris, M.Ag, Dr. Syabuddin Gade, M.Ag, serta semua dekan di semua Fakultas yang ada di UIN. 

Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Biro Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan dari Pascasarjana UIN.

Sementara dari Ma’had Aly Babussalam juga dihadiri Tgk Ahmad Burhanuddin Murad, M.Pd sebagai wakil Mudir dan Tgk Shafwan, S.Pd.I sebagai ketua jurusan. 

Selain itu, acara ini juga dihadiri Kabid Pengembangan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Irwan, SHI, M.Si dan dari unsur Dinas Syari’at Islam Provinsi Aceh.

Ma'had Aly Babussalam Matangkuli mendapatkan izin operasional dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada akhir tahun 2019. Mengambil jurusan (takhasssus) "Tafsir dan Ilmu Tafsir", Ma'had Aly Babussalam saat ini memiliki sebanyak 200 Mahasantri.

Sementara itu, Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Aceh Utara yang dipimpin Waled H. Sirajuddin Hanafi sebagai induk dari Ma’had Aly Babussalam saat ini memiliki lebih dari 2000 santriwan dan santriwati yang mondok.

Selain menyelenggarakan pendidikan Ma'had Aly (Dayah Manyang) sebagai jenjang pendidikan tinggi, Dayah Babussalam juga menyelenggarakan Pendidikan Dinyah Formal (PDF) Tingkat Wustha dan Tingkat 'Ulya. 


Posting Komentar untuk "Ma'had Aly Babussalam Jalin Kerjasama dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh "