Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barat ingin menggulingkan Erdogan tetapi telah kehilangan kekuatan untuk melakukannya

Suara Darussalam - Dalam dekade terakhir, AS, atau Barat pada umumnya, telah secara mencolok meningkatkan jumlah artikel tentang Turki yang menjebak Presiden Erdogan. 

Terlepas dari semua intervensi terselubung dan terbuka di berbagai bidang, kami menyaksikan mereka secara tak terkendali melontarkan hinaan kepada Erdogan dengan kemarahan yang berasal dari upaya yang gagal untuk menggulingkannya. 

Meskipun mereka telah menuduh kami melakukan segala sesuatu di bawah matahari sejak zaman Ottoman, mereka belum dapat mencapai tujuan mereka. Di sisi lain, artikel yang mencoba memahami kebangkitan Turki juga sedang naik daun.


Barat telah kehilangan keunggulan ideologisnya

Di masa lalu, ketika Barat masih mempertahankan keunggulan ideologisnya, adalah mungkin bagi mereka untuk menerapkan tekanan dari banyak bidang yang berbeda, karena ada struktur kelembagaan yang hanya ingin dituntun ke jalan setapak. 

Berlawanan dengan kepercayaan populer, struktur ini telah mencapai bobot tertentu di arena sipil. Dengan kemudahan yang diberikan kepada mereka oleh infiltrasi mereka ke lembaga-lembaga negara, mereka dapat dengan cepat mengambil tindakan dan membuat lembaga politik terbuka untuk intervensi. 

Kita juga perlu mempertimbangkan keunggulan ideologis Barat dalam hal mentalitas. Istilah dan konsep yang disusun dari era Utsmaniyah mempersiapkan fondasi serangan ideologis imperialisme. Dunia mental kita dibiarkan tak berdaya. 

Saat mereka mempertanyakan Turki dalam bayangan konsep-konsep tertentu, struktur sipil internal mengkonsolidasikan dominasi mereka. Menjadi sistem yang terus-menerus dihidupkan kembali tercermin dalam bentuk "kebuntuan."

Namun, Erdogan memutuskan lingkaran setan itu. Dalam dekade terakhir, sistem yang dibuat untuk kita oleh Barat tidak dapat menghidupkan kembali dirinya sendiri. 

Tidak ada gunanya melemparkan semua tuduhan yang telah mereka kumpulkan dari era Ottoman kepada kita hari ini. Istilah negatif seperti "despotisme" juga digunakan dalam sekop hari ini. Misalnya, kata-kata "sultan" atau "istana" telah digunakan secara khusus untuk konotasinya, namun kenyataan bahwa konsep-konsep ini belum seefektif yang mereka harapkan berarti kali ini, mereka dibiarkan bermain di kotak pasir saja. 

Mereka tidak lagi memiliki kekuasaan untuk membawa ke kekuasaan dan menggulingkan siapa pun yang mereka inginkan. Alasan paling penting untuk ini adalah kerugian mereka di arena sipil. Ini adalah taruhan yang aman untuk mengatakan bahwa mereka tidak lagi memiliki keunggulan intelektual.


Para elit mengucilkan Erdogan

Apa yang mencolok di sini adalah bahwa dalam pertempuran ini, elit konservatif, sekuler, dan kanan dan kiri tidak dapat ditemukan di mana pun. Semua orang berbicara tentang isolasi Erdogan. Sangat jelas bahwa baik gagasan supremasi Barat telah dihancurkan dan para elit di dalam negeri belum mampu menetralisir politik melalui institusi sipil. 

Namun, dapat dipastikan bahwa Erdogan tidak sendirian. Dia telah melawan dengan dukungan bangsa, menolak untuk tunduk. Jika semuanya tetap sama, kemungkinan mematahkan resistensi di suatu tempat di sepanjang garis sangat tinggi. Serangan balik Turki dan mematahkan cengkeraman terorisme memainkan peran utama dalam mengubah keseimbangan. 

Ini adalah bagaimana kita dapat mempertimbangkan perkembangan setelah kudeta 2016. Turki tidak lagi terbuka terhadap segala macam pengaruh dan telah membangun keseimbangan baru dalam waktu singkat. Organisasi Negara-negara Turki juga harus dipertimbangkan dalam kerangka ini.


Pola pikir kolonialis terhadap kemerdekaan finansial

Pembicaraan Erdogan tentang kemandirian finansial dan penyebutannya tentang penjajah di dalamnya sangat penting. Turki sedang mendobrak sistem kolonial yang di dalam dan di luar negeri berusaha untuk tetap hidup. Sistem ini dibangun di atas strategi pengaruh dan manipulasi, dan telah menancapkan giginya jauh ke dalam negeri. 

Perlu diketahui bahwa sistem telah menembus jauh dalam lebih dari ratusan tahun. Sangat penting bagi Erdogan untuk menentukan periode dengan menarik perhatian oposisi terhadap kemandirian ekonomi dan mentalitas mandat.


Mereka kehilangan keunggulan budaya mereka

Kita tahu bahwa konsep “superioritas budaya” cukup sering muncul dalam agenda. Ini tidak memiliki kriteria objektif. Namun, jika dibandingkan dengan masa lalu, kita dapat melihat bahwa upaya untuk menggunakan klise lama terhadap kita sejak zaman Ottoman semuanya terbukti sia-sia. Terlepas dari semua tekanan yang menumpuk pada institusi sipil, mereka gagal mencapai hasil yang diinginkan. 

Di masa lalu, mereka biasa mendapatkan keunggulan dengan memanfaatkan kekurangan dunia mental kita, menggunakannya untuk melawan kita. Kita dapat mengatakan bahwa Barat telah kehilangan karakter revolusionernya, serta kekuatan transformatifnya. Mereka juga ingin menggulingkan Erdogan, tetapi mereka tidak memiliki ide-ide revolusioner.  [Selçuk Türkyılmaz/Yenisafak.com]

Posting Komentar untuk "Barat ingin menggulingkan Erdogan tetapi telah kehilangan kekuatan untuk melakukannya"