Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa yang Layak Memimpin Dunia Islam, Indonesia atau Turki?

Erdogan dan Jokowi dalam suatu momen. Foto : internet

 

Oleh Teuku Zulkhairi

Siapa yang layak memimpin dunia Islam, Indonesia atau Turki? Saya tentu akan menjawab: "Indonesia". Banyak alasan tentu saja.

Pertama, Indonesia adalah negeri muslim dengan populasi muslim terbesar di dunia. Mencapai 240 juta lebih.  Sementara Turki populasinya hanya 80 juta sekian. Kira-kira seukuran populasi Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Populasi adalah kekuatan tentu saja jika bisa dimanfaatkan. Lihat China sbg contoh. Dia bisa "bombardir" negara lain dengan kekuatan populasi.

Kedua, kepemimpinan dunia dalam sejarahnya itu bergilir. Firman Allah, "Dan hari-hari itu kami pergilir di antara manusia". Siapa yang paling kuat imannya, paling tinggi ketaqwaannya maka kepada mereka Allah titipan beban memimpin umat Islam.

Turki era Ottoman pernah memimpin dunia Islam. Kurdi di masa Sultan Shalahuddin Al Ayyubi pernah memimpin dunia Islam membebaskan Al Quds. Dunia Arab pernah juga pernah pemimpin dunia Islam.

Yang belum adalah dunia Melayu. Di kawasan Melayu, Indonesia adalah negeri yang besar. Jadi, Indonesia sejatinya memiliki potensi jadi pemimpin bagi dunia Islam.

Ketiga, Islam Indonesia itu lebih lembut. Orang-orangnya juga lembut. Kita bisa melihat akhlak orang Indonesia saat di tanah suci, jika ketabrak dengan orang lain di jalan, maka org Indonesia akan meminta maaf meskipun bukan dia yang salah. Itu cerita yang sering kita dengar.

Pada intinya, kelemahlembutan muslim Indonesia bisa jadi kekuatan utk menyatukan dunia Islam, bukankah demikian?

Saat ini mungkin ia Turki masih lebih terdepan dalam mengadvokasi nasib dunia Islam, tapi saya yakin Indonesia juga memiliki kekuatan yang lebih kuat utk lakukan hal serupa.

Kita berharap hubungan Pak Erdogan dan Pak Jokowi sebagai pemimpin dunia negeri Islam terbesar di dunia ini dapat terus dipererat.

Setiap membaca berita jalinan hubungan Indonesia Turki yang semakin erat, rasanya kita wajar bahagia. Semestinya memang dunia Islam itu dapat lebih solid di antara mereka.

Bukankah Rasulullah telah bersabda, bahwa muslim itu bersaudara?

Kabarnya Pak Erdogan akan ke Indonesia mempererat hubungan kedua negara dan kerjasama dalam berbagai bidang. Saya melihat itu adalah hal yang positif ketimbang melulu kerjasama dengan China.

Saya percaya, duet Indonesia dan Turki sbg pemimpin di pentas peradaban dunia itu adalah hal yang ditunggu muslim dunia. Kalau anda muslim, anda juga pasti rindu melihat dunia Islam kompak di antara mereka, bukankah demikian?

Turki butuh Indonesia dan Indonesia tentu juga butuh Turki. Turki ada kelebihan dan Indonesia juga punya banyak kelebihan. Termasuk kekuatan masayaarakatnya yang meskipun sekuler tapi tidak sesekuler orang-orang sekuler di Turki hehehe.

Kita tunggu kehadiran Pak Erdogan ke Indonesia. Semoga Indonesia dan Turki ke depan terus menjadi lebih mesra. Turki saat ini sukses dalam memperkuat kemampuan militernya dan telah menang di berbagai front.

Jadi sangat bagus jalinan hubungan baik Indonesia Turki ini. Kita berharap Indonesia juga dapat kuat menghadapi berbagai tantangan global dlm berbagai aspek. Amiin ya Rabb

Posting Komentar untuk " Siapa yang Layak Memimpin Dunia Islam, Indonesia atau Turki?"