Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aceh Harus Mengikuti Jejak Qatar dalam Syiar Islam pada Pelaksanaan PON 2024

 

Teuku Zulkhairi

Oleh Teuku Zulkhairi

SUARADARUSSALAM.ID | Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh pada tahun 2024 nanti ada kesempatan untuk menunjukkan kepada orang-orang yang datang ke Aceh tentang indahnya Syari’at Islam di Aceh.

Dalam hal ini kita dapat melihat Qatar yang telah berhasil menunjukkan wajah indah Islam kepada dunia melalui pelaksananaan Piala Dunia yang baru saja usai dilangsung di Qatar.

Jika Qatar berhasil membuka mata dunia tentang islam di level global,  maka kita bangsa Aceh perlu berjuang membuka mata penduduk nusantara tentang Syar'iat Islam.  Dan salah satunya dapat dilakukan melalui "Pekan Olahraga Nasional" atau PON 2024 nantinya.

Untuk itu, orang-orang kaya di Aceh harus bersatu mewujudkan tujuan mulia ini.  Jika orang kaya muslim mau memberi utk Islam sebagaimana orang kaya non muslim memberi utk agama mereka,  maka insyaAllah Islam akan berjaya. Syari’at Islam di Aceh pasti akan sukses.

Hadis Rasulullah Saw sebagaimana tertulis dalam Kitab Nashaihul 'Ibad yang menyatakan  bahwa pilar tegaknya dunia (peradaban Islam) itu 4 perkara, yaitu 1. Ilmunya para ulama. 2. Keadilan pemimpin . 3. Kedermawanan orang kaya dan terakhir, 4. Do'a orang-orang faqir

Jadi kita menyarankan pegelaran PON di Aceh nanti dapat membawa visi ini sehingga bukan saja olahraga dalam even PON yang harus disukseskan,  tapi nilai-nilai kebaikan dari Syar'iat Islam di Aceh juga harus ditunjukkan kepada penduduk nusantara yang datang ke Aceh sehingga Syari'at Islam di Aceh akan dianggap sebagai solusi bagi masalah manusia di dunia.

Jika Qatar yang melarang minuman keras dan LGBT berhasil menghadirkan kedamaian, keamanan dan kenyamanan bagi para fans Piala Dunia yang hadir ke Qatar,  maka konon lagi dengan Qanun Jinayat di Aceh yang mengatur lebih dari apa yang diatur oleh Qatar.

Berikutnya, persoalan selanjutnya adalah bagaimana menunjukkan keindahan Islam melalui serangkaian akhlak kita sebagai muslim dalam penyambutan kita kepada para tamu yang akan datang sehingga Islam akan terlihat pada diri kita masing-masing, pada masyarakat kita, begitu juga  kebersihan toilet, ramah tamah dan sebagainya.

Jadi saya rasa  ini hal yang perlu dipikirkan lah secara baik bersama-sama untuk  bagaimana mempromosikan Syar'iat Islam di Aceh melalui pelaksanaan PON nantinya.  Kita Jangan malu dengan identitas kita yang sedang berjuang melaksanakan Syar'iat Islam.  Panitia PON Aceh harus memikirkan hal ini.

Posting Komentar untuk "Aceh Harus Mengikuti Jejak Qatar dalam Syiar Islam pada Pelaksanaan PON 2024"