Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tu Sop : Hilang Islam karena empat perkara


Suara Darussalam |

Islam akan hilang dengan sebab hilangnya empat perkara. Ini semua berkaitan dengan ilmu dan pengamalannya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab saat mengisi ceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Gampong Tanjong, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Sabtu malam, 19 Desember 2020.

Baca selanjutnya: Tu Sop: Anak yang gagal akhlak sumber penderitaan bagi kedua orang tua

Sabab pertama, kata Tu Sop, Islam akan hilang kalau umat Islam beramal tapi tanpa ilmu. Contohnya, shalat rajin tapi ilmu tidak ada.

Sebab kedua, lanjut Tu Sop, yaitu ketika umat Islam tidak beramal dengan ilmu yang mereka miliki. Ilmu ada, tapi mereka tidak mengamalkannya.

Tu Sop : Hindari perbedaan yang menghancurkan sesama Islam

"Jadi intinya, Islam akan hilang jika umat Islam beramal tapi tidak berilmu. Atau berilmu tapi tidak beramal, " ujar Tu Sop.

Sementara yang ketiga, terang Tu Sop, Islam akan hilang jika umat Islam tidak mau mencari ilmu yang dia belum ketahui.

Maknanya, ketika tidak ada ilmu, namun dia tidak suka mencari ilmu. Tidak merasa butuh kepada ilmu. Padahal, menuntut ilmu hukumnya adalah wajib, khususnya ilmu yang berkaitan dengan Fardhu 'Ain.

Dan keempat, terang Tu Sop lagi, Islam akan hilang jika kita menghalangi manusia dari mencari ilmu. Tidak memudahkan urusan umat Islam, generasi muda kita untuk mencari ilmu.

"Kalau mau hidupkan Islam, maka hidupkan ilmu. Semua umat Islam harus peroleh ilmu. Siapapun dia. Maka kita perlu berjuang dan berupaya untuk menyampaikan ilmu kepada semuanya, " ujar Tu Sop.

Baca juga : Tu Sop : Shalat berperan penting dalam pembangunan

Tu Sop juga mengatakan, kita umat Islam harus menghidupkan aktivitas dakwah ilmu. Sebab, karena disitulah fondasi Islam.

"Harus ada penggunaan kekuatan agar ilmu sampai kepada setiap jiwa-jiwa muslim. Dan pendidikan yang dijalankan juga harus sesuai dengan Islam, " pintar Tu Sop.

Oleh sebab itu, sambungnya lagi, ketika kita memperingati maulid Nabi, hal yang paling penting adalah mewarisi ilmu kepada anak-anak kita. Menurut Tu Sop, hal itu jauh lebih penting daripada kita mewarisi harta.

Tu Sop menambah, kita harus memastikan anak-anak kita agar menerima warisan ilmu Islam yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dan kemudian pastikan bahwa anak-anak kita mengamalkannya.

Tu Sop juga mengingatkan, bahwa seorang suami wajib mengajarkan ilmu fardhu 'ain kepada istri dan anak-anaknya. Sukseskan ilmu maka hiduplah Islam.

Tu Sop juga mengutip Hadis Rasulullah Saw, "wa bil ilmu hayatil Islam..". Dengan ilmu hiduplah Islam. [Zulkhairi]

Posting Komentar untuk "Tu Sop : Hilang Islam karena empat perkara"